Jul 16, 2014

Tips Cara Atasi Bau Mulut Saat Puasa

Tips Cara Atasi Bau Mulut Saat Puasa - Assalamualaikum, yup kembali di dokter oz indonesia. Saat berpuasa tidak hanya menahan haus dan lapar ya, dan tentunya ini terutama untuk anda yang ingin awet muda. Ternyata manfaat puasa bikin awet muda, dan menurunkan kadar stesss. Bicara mengenai masalah bau mulut pada saat puasa memang menjadi sesuatu yang membuat kita kurang percaya diri. Namun hal itu bisa kita atasi dengan mengetahui lebih dahulu apa penyebab bau mulut pada saat puasa. Apakah anda pernah tidak PD (percaya diri)  dengan aroma bau mulut ? Bagaimana caranya agar kita tetap percaya diri walaupaun kita sedang melaksanakan puasa ? Yuk temukan caranya hanya di dr. oz Indonesia.

Problema masalah saat puasa yang biasa terjadi adalah bau mulut yang kurang enak. Apa yang menyebabkan mulut kita itu terasa tidak enak dan bau ? Memang ya, pada bulan puasa ini asupan makanan tidak ada yang masuk dan tidak bergerak rahang kita, produksi air liur juga berkurang sehingga mulut kita jadi kering. Sebetulnya itu adalah halitosis yang normal. Halitosis adalah bau nafas yang tidak sedap pada mulut yang diakibatkan karena tidak adanya kegiatan pada rahang seperti mengunyah makanan dan lainnya. Jadi selama kita puasa otomatis jumlah air liur kita juga berkurang dan kering yang kemudian menyebabkan bau mulut itu terjadi.


Tips Mulut Segar Saat Puasa

Lalu bagaimana caranya supaya kita tetap terjaga kesegaran mulut saat berpuasa ? ya, sebelum kita ke perawatannya kita juga harus tahu halitosis itu kenapa juga ya. Jadi sebetulnya masalah halitosis atau bau mulut merupakan masalah kesehatan rongga mulut itu sendiri. Jika memang ada gigi berlubang atau gusinya bengkak dan bermasalah itu merupakan cermin dari penyakit yang lain sebetulnya. Misalnya diabetes, atau penyakit pencernaan bisa keluar dari tanda tandanya dari bau mulut itu tadi.

"Gangguan rongga mulut merupakan indikator adanya penyakit lain"

Jadi, kembali lagi ke perawatannya.  Kita semua tahu paling tidak dalam sehari kita sikat gigi dua kali sehari, tapi waktu menyikat giginya kan diubah.Pada waktu puasa memang kita biasanya sebelum kita memulai untuk beraktifitas dihari itu  untuk jamuan puasa kita biasanya membersihkan gigi dahulu kemudian jangan lupa bahwa sikat gigi itu hanya 25% dari kegiatan untuk membersihkan rongga mulut kita. Sehingga sisanya mau tidak mau kita harus tuntaskan dengan obat kumur yang mengandung antiseptik. Karena obat kumur antiseptik ini bisa membunuh kuman dalam rongga mulut kita seperti mouth wash yang bersifat antiseptik salah satunya adalah listerin.

Pada saat buka puasa makan biasa dan pada waktu sebelum tidur kita ulangi untuk membersihkan gigi dan rongga mulut kita supaya tidak terjadi bau mulut lagi dan jangan lupa untuk menuntaskannya dengan berkumur dengan obat kumur antiseptik, karena obat kumur ini mengurangi banyak bakteri yang dapat mengurangi bau mulut. Jadi setelah anda sikat gigi sebaiknya tuntaskan dengan berkumur dengan obat kumur mouthwash yang mengandung antiseptik. 

Nah setelah anda membaca Tips Cara Atasi Bau Mulut Saat Puasa semoga bermanfaat. Tetap percaya diri tetap semangat walaupun kita sedang berpuasa. Pada dasarnya adalah kebersihan rongga mulut merupakan salah satu cermin kebersihan tubuh anda. Jadi perhatikan tuh masalah mulut, ok setelah ini masih banyak tips dari dr oz Indonesia yang lainnya.Salam sehat Indonesia.