Jun 18, 2014

Mitos Atau Fakta Tentang ASI

Mitos Atau Fakta Tentang ASI - Pada pembahasan kali ini seputar mitos dan fakta ASI (Air Susu Ibu). ASI Eksklusif minimal diberikan pada bayi sekitar 6 bulan dan maksimalnya 2 tahun. Tidak ada satupun yang bisa menandingi kualitas gizi ASI. Tetapi faktanya banyak masyarakat kita yang belum mengerti manfaat ASI. Nah untuk itu saya akan menjelaskan beberapa pernyataan mitos atau fakta ASI yang selama ini beredar di masyarakat.

Bersama dr.SYLVIA HARYENY, IBCLC (Konsultan Laktasi RS Hermina Bekasi) membahas mitos seputar ASI. Anda bisa memberikan tanggapan mengenai beberapa pernyataan mitos atau fakta mengenai ASI. Yuk kita simak bersama tentang mitos atau fakta ini. Baca juga Mitos atau Fakta Tentang Seputar Jerawat

Mitos atau Fakta dr. oz Indonesia Seputar ASI

Pernyataan 1 Mitos atau Fakta ASI : Payudara sebelah kanan berisi makanan dan payudara sebelah kiri berisi minuman ?

Jawabannya adalah MITOS. Alasannya adalah payudara menghasilkan ASI yang sama baik payudara sebelah kanan ataupun payudara sebelah kiri. Sering kali ASI itu dibedakan jadi 2, yaitu ASI Awal dan ASI Akhir. ASI Awal biasanya lebih encer, sedangkan ASI Akhir lebih kental dan itu ada di kedua payudara.

Pernyataan 2 Mitos atau Fakta ASI : Kategori ASI yang tidak layak dikonsumsi bayi yaitu usia lebih dari 40 tahun, setelah bangun tidur dan ketika hamil ?

Jawabannya adalah MITOS. Alasannya adalah karena semua ASI layak dikonsumsi oleh bayi karena mengandung nutrisi yang sama. Jadi mitos diatas adalah tidak benar.

Pernyataan 3 Mitos atau Fakta ASI : ASI pertama yang keluar saat melahirkan adalah ASI basi ?
Jawabannya adalah MITOS. Alasannya adalah sebenarnya tidak ada yang namanya ASI basi. ASI yang pertama kali keluar setelah ibu melahirkan biasanya berwarna kuning disebut Colostrum. Colostrum ini sangat dibutuhkan oleh bayi yang baru lahir karena mengandung banyak anti bodi untuk ketahanann dan kekuatan tubuh bayi dari serangan kuman penyakit. Jadi colostrum bisa menjadi senjata kekebalan tubuh bayi secara alami.

Pernyataan 4 Mitos atau Fakta ASI : ASIP atau ASI Perah jika disimpan terlalu lama bisa berubah menjadi darah ?

Jawabannya adalah MITOS. Alasannya adalah ASI perah yang disimpan tidak akan menjadi darah. Penyimpanan ASI perah itu tergantung dari suhu penyimpanannya. Pada prinsipnya semakin dingin suhu penyimpanan maka semakin lama. ASI yang disimpan dalam freezer bisa bertahan 1 sampai 3 bulan, sedangkan ASI yang disimpan di kulkas hanya boleh dipakai 2 sampai 5 hari.

Nah anda sudah membaca Mitos Atau Fakta Tentang ASI . Masih banyak informasi lain di dokter oz Indonesia jadi tetap stay tune di blog dr oz indonesia. Anda juga bisa kunjungi halaman Facebook dr oz Indonesia dan jadilah anggota fb dr oz atau lihat tayangan ulangnya di youtube dr oz https://www.youtube.com/user/DrOZINDONESIATRANSTV. Terimakasih banyak atas perhatiannya dan salam sehat Indonesia.