Jun 17, 2014

Khasiat Beras Merah Untuk Diabetes

Khasiat Beras Merah Untuk Diabetes - Faktor keturunan merupakan salah satu resiko seseorang terkena diabetes dan sayangnya tidak semua penderita diabetes dilatar belakangi oleh riwayat keturunan atau riwayat keluarga. Kali ini bersama bintang tamu Nadia Mulya dan dr. FIASTUTI WITJAKSONO MSc,MS, Sp.GK (ketua departemen Ilmu Gizi FKUI RSCM) akan mengupas tuntas tentang obat alami diabetes dengan beras merah.

Penyebab penyakit diabetes terutama diabetes tipe 2 disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat dan kurang olahraga. Nah pada pembahasan kali ini saya akan mengungkapkan khasiat beras merah untuk mengobati penyakit diabetes. Baca juga Bahaya Makan Berat (Nasi) di Malam Hari


Bicara mengenai masalah beras merah, merupakan salah satu sumber makanan yang memiliki indeks glikemik yang rendah atau low glikemik index. Ini artinya adalah beras merah dalam meningkatkan kadar gula darah lebih perlahan dan lebih terkontrol. dalam beras merah terkandung serat hampir 6 kali lebih tinggi dari kandungan serat beras putih biasa. dengan kandungan serat yang tnggi ini sangat bagus sekali buat pencernaan.

Dengan kandungan serat yang tinggi pada beras merah menyebabkan beras merah ini diserap secara perlahan sehingga tidak meningkatkan kadar gula secara cepat. Beras merah membantu mengontrol kadar gula dalam tubuh.

Selain itu beras merah juga mengandung vitamin mineral dan antioksidan yang bisa mencegah komplikasi penyakit diabetes. Banyak orang pada umumnya berpikir kalau beras merah itu keras, dan harus dibiasakan lidah kita walaupun sangat sehat. Nah kali ini saya akan memberikan tips memasak beras merah agar rasanya lebih enak dikonsumsi.

Tips Cara Memasak Beras Merah

  1. Rendam beras merah selama kurang lebih 30 menit agar beras menjadi empuk.
  2. Bagi yang belum terbiasa memakan beras merah, coba dahulu dengan mencampurnya dengan beras putih dengan berbagai perbandingan yang disesuaikan dengan kebiasaan kita, coba dahulu dengan perbandingan 2 beras putih dan 1 beras merah. Kemudian ditingkatkan 1 beras putih dan 1 beras merah. ditingkatkan lagi 1 beras putih dan 2 beras merah dan seterusnya sampai kita terbiasa mengkonsumsi beras merah.
  3. Dalam membersihkan (mencuci) beras merah sebaiknya dilakukan hanya satu kali cucian agar kandungan vitaminnya tidak keluar.
  4. Masaklah beras merah dengan cara tradisional seperti ditanak, karena hasilnya akan lebih enak dan pulen.
  5. Air yang digunakann untuk memasak harus lebih banyak dibandingkan dengan memasak beras putih.
  6. Anda bisa gunakan beras merah organik dari tropicana slim jika mau yang praktis.

Nah itu tadi artikel tentang Khasiat Beras Merah Untuk Diabetes semoga anda tetap semangat sehat dari saya dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya. Salam sehat Indonesia.