May 2, 2015

Sakit Pinggang Saat Hamil Tips Dari Dr. OZ

Sakit Pinggang Saat Hamil Tips Dari Dr. OZ - Apakah anda saat ini sedang hamil ? Jika ya, apa saja keluhan anda saat sedang hamil ? apakah sering mengalami sakit pinggang, sakit punggung bawah, sakit perut bagian atas dan lain sebagianya ? Nah kali ini saya akan membahasnya untuk anda yaitu Mencegah Sakit Pinggang Saat Hamil.



Kondisi ibu hamil yang paling banyak dirasakan keluhannya adalah sakit pinggang dan ini merupakan sesuatu yang wajar karena akibat dari perut yang makin besar. Namun jangan khawatir buat ibu hamil semua, hal ini bisa dicegah kok hanya dengan melakukan beberapa trik dari dr. Oz Indonesia ini.

Penyebab sakit pinggang ibu hamil bisa dipengaruhi oleh berbagai hal, diantaranya beban yang harus dibawa oleh ibu hamil karena perut yang makin besar dan mengakibatkan stress pada sendi, proses pertumbuhan dari rahim yang juga bisa akibatkan saraf jadi tertekan.

Perubahan hormonal pada ibu hamil juga akan mengakibatkan sendi dan ligamen yang biasa menempel tulang panggul menuju tulang belakang jadi longgar, dan akibatnya rasa sakit akan terjadi dan pergerakan kurang stabil.

Baca juga : Beluntas dan Manfaatnya Sebagai Obat Alami Sakit Sendi dan Nyeri Pinggang

Dua pola umum sakit pinggang pada ibu hamil yaitu sakit pada punggung bawah dan nyeri pada belakang tulang panggul. Pinggul dengan posisinya yang membengkok ketika duduk atau membungkuk ke depan bisa mengakibatkan sakit belakang tulang panggul akan semakin terasa. Namun ada pula keluhan ibu hamil yang merasakan sakit pada kedua tempat tersebut yaitu sakit pada punggung bawah dan nyeri pada belakang tulang panggul.

Sakit Pinggang Saat Hamil


Tips Cegah Sakit Pinggang Saat Hamil :

  1. Lakukan peregangan dan juga perkuat otot-otot punggung, kaki dan juga perut. Porsinya jangan terlalu banyak ya, nanti kecapean dan ini kalau capek bisa akibatkan sendi jadi tegang.
  2. Pada ibu hamil, biasanya akan duduk dengan bahu turun dan posisi punggung membungkuk dan ini akan berakibat pada perut yang menjadi tertekan. Ketika ini terjadi maka tekanan pada tulang belakang akan cenderung dominan. Nah posisi yang sebaiknya anda lakukan adalah duduk dengan tegak.
  3. Gunakan bantal yang kecil untuk duduk jika memang pekerjaan anda mengharuskan banyak duduk. Hal ini agar bisa menyangga tulang punggung bawah. Sebaiknya setiap interval waktu 1 jam sekali anda berdiri atau sekadar berjalan-jalan.

Tips Atasi Sakit Pinggang Ibu Hamil :

  1. Sebisa mungkin untuk tenang dan jangan banyak lelah. Tetapi juga jangan sering banyak tidur karena efeknya kurang baik. Selain itu hindari juga kegiatan yang mengharuskan tubuh untuk membungkuk.
  2. Cobalah untuk belajar relaksasi, karena ini banyak manfaatnya ketika rasa sakit pinggan pada malam hari membuat anda tidak bisa tidur.
  3. Rendam dengan air hangat atau bisa juga dengan mengisi botol kaca yang berisi air hangat dan tempelkan pada bagian yang sakit untuk sedikit meringankan rasa sakit pada saat hamil terutama pada bagian pinggang atau punggung.
  4. Pijat khusus ibu hamil, lakukan pijatan ini agar otot menjadi rileks dan tidak tegang. Sebaiknya lakukan pijat ibu hamil oleh yang sudah profesional.

Nah itu tadi informasi mengenai Sakit Pinggang Saat Hamil Tips Dari Dr. OZ  semoga informasi ini bisa berguna bagi kita semua. Buat ibu hamil yang muslim, perbanyak baca Alqur'an ya agar si bayi dalam rahim menjadi tenang dan juga agar kenal dengan Tuhan sejak dini. Karena efek bayi dalam kandungan yang dibacakan Alqur'an sangat baik bagi perkembangan jasmani dan rohaninya. Thanks ya, jangan lupa share info ini ke media sosial ya.

Baca juga : Tips Saat Hamil dr. Reisa Agar Kaki Tidak Bengkak