Apr 1, 2015

Pengobatan Tradisional Cacingan Pada Anak, Bayi dan Balita

Selamat siang rekan sehat pemirsa dr. Oz Indonesia semuanya, kali ini update mengenai pengobatan tradisional cacingan pada anak. Penyakit cacingan biasa dialami pada saat masih anak-anak. Hal ini dikarenakan sanitasi yang kurang terjaga dengan baik. Ciri ciri anak cacingan bisa kita lihat dari anak serong batuk, gampang muntah-muntah, ada juga yang rewel dan mengalami mencret sampai kepada yang perut kembung dan susah makan.

Ciri Ciri Anak Cacingan


Solusi untuk melihat gejala ataupun juga ciri anak cacingan anda terkena cacingan anda bisa mendiagnosanya sendiri dengan memperhatikan kebiasaan anak yang terkena cacingan yaitu, pada saat buang air besar biasanya akan terdapat cacing yang berwarna putih dan kadang kala ada telur cacing yang ikut terbuang bersama feses si anak. Selain itu kita bisa mengenali dari keadaan ketika anak kita muntah-muntah, cobalah amati dari kotoran muntahannya tersebut apakah ada cacingan atau tidak.

Ketika muntahan tersebut terdapat cacingnya itu berarti bahwa kondisi cacing dalam perut si anak sudah mulai dewasa. Namun jika anak anda sering batuk dan juga mencret itu merupakan ciri-ciri atau tanda anak cacingan tetapi kondisi cacingnya masih kecil.

Kemudian pertanyaannya adalah jika anak kita atau anggota keluarga lain terkena cacingan, apa yang sebaiknya solusi untuk obat cacingan yang sebaiknya kita berikan ? Untuk mengatasinya banyak berbagai cara mulai dari obat cacing di apotek, obat dokter buat cacingan hingga obat tradisional cacingan.

Obat Cacing Herbal Untuk Balita


Disclaimer, ketika akan mencoba resep obat cacing untuk anak atau bayi anda sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kepercayaan anda. Informasi dibawah ini hanyalah sebagai menambah informasi saja, karena kondisi fisiologis tiap anak berbeda-beda.

Obat cacing untuk anak dengan Wortel

Caranya adalah : Perasan air wortel sebanyak 1 gelas dan santan kental sebanyak 1 gelas. Kedua bahan ini dicampurkan dan tambahkan garam sedikit saja dan aduk hingga tercampur rata. Minumkan pada anak yang sedang mengalami sakit cacingan.

Obat cacing untuk bayi Dengan Kulit Mangga

Caranya adalah : rebus kulit mangga sekitar 15 menit, ambil air rebusannya lalu diminumkan buat anak yang kena cacingan. Fungsi kulit mangga ini untuk membunuh bakteri yang jahat pada perut  juga larva cacing.

Obat cacing herbal Dengan Kelapa

Caranya adalah : Kelapa sebanyak 1/4 butir juga wortel sebanyak 1 buah. Semua bahan kita parut lalu tambahkan air matang sebanyak 1 gelas saja lalu diperas. Cara minumnya adalah dengan meminumkannya saat anak menjelang tidur.

Obat cacing untuk balita Dengan Akar Delima

Caranya adalah : 7 gr akar delima kita potong kecil-kecil lalu rebus dgn air matang sebanyak 1 gelas sekitar 15 menit saja. Saring, kemudian diminumkan buat anak atau balita yang sedang cacingan.

Obat cacing pada anak Dengan Krokot

Caranya adalah : kita cuci krokot yang masih segar dan direbus dengan air sebanyak 600 cc sampai tersisa airnya sekitar 300 cc.
Cara minum : diminum saat masih hangat dan daun krokotnya untuk dimakan. Sehari minumnya 2 kali.

Obat cacing untuk anak anak Dengan Biji Pepaya untuk Cacing Gelang

Caranya : biji pepaya 2 sendok makan, ditambah madu. Biji pepaya dikeringkan lalu dibikin tumbukan hingga halus. Seduh dengan air 1/2 gelas lalu beri sedikit madu supaya manis. Lakukan cara ini 2 kali sehari.

Obat cacing untuk anak Daun Pepaya Untuk Cacing Kremi

Caranya : daun pepaya sebanyak 1 lembar juga akar bunga melati sebanyak 15 gram kita rebus dengan air 600 cc dan tersisa 300 cc. Minum saat masih hangat, dan lakukan cara ini 2 kali sehari.

Obat cacing herbal Dengan Bawang Putih Untuk Cacing Kremi

Caranya : bawang putih sebanyak 3 siung, akar pepaya sebanyak 30 gram, gula merah secukupnya. Rebus semua bahan tadi dengan air sebanyak 600 cc hingga tersisa 300cc. Minumkan buat anak selagi masih hangat, dan minumnya sehari 2 kali saja.

Obat cacing untuk balita Dengan Bangle

Caranya adalah bangle sebanyak 25 gr, temu hitam sebanyak 25 gr, ketumbar 10gr, dan juga daun sirih yang diris tipis sebanyak 5 lembar. Semua bahan tadi kita rebus dengan air 600 cc sampai tersisa 300 cc lalu diminumkan masih hangat dan lakukan ini 2 kali sehari.

Itu tadi ciri anak cacingan dan pengobatan cacingan secara herbal alami dan tradisional yang bisa saya sampaikan, semoga dengan informasi ini bisa menambah wawasan kesehatan untuk pengobatan keluarga kita. Tetapi tentunya semua harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda. Terimakasih, selamat beraktivitas dan salam sehat Indonesia.