Feb 3, 2015

Apakah Telat Menstruasi Datang Bulan Pertanda Hamil atau Gangguan Dalam Rahim ?

Apakah Telat Menstruasi Datang Bulan Pertanda Hamil atau Gangguan Dalam Rahim ?
drozindonesiatranstv.blogspot.com - Biasanya pada keadaan umum wanita mempunyai siklus menstruasi dalam satu tahunnya yaitu 11 periode sampai 13 periode. Namun terkadang ada juga yang mengalami siklus haid atau menstruasi yang tidak teratur, bahkan sering terlambat datang bulan. Nah terkadang kita bisa menjadi was-was dengan telat datang bulan ini apakah hamil atau tidak ? Apakah Telat Menstruasi atau Datang Bulan Pertanda Hamil atau Gangguan Dalam Rahim ? Pertanyaan ini sering masuk ke meja redaksi blog dr oz indonesia. Siklus menstruasi seringkali mengalami ketidak teraturan sekitar beberapa tahun ketika seorang wanita mengalami pertama kalinya menstruasi. Hal ini terjadi dikarenakan adanya masalah pada hormonal yang tidak seimbang didalam tubuh wanita yang baru pertama kali mengalami haid. Pada update sebelumnya dibahas juga tentang Dr Oz Cara Melancarkan Haid Yang Tidak Teratur

Hamil adalah penyebab yang biasa dan paling banyak ketika telat haid, namun jika anda belum yakin apakah anda hamil atau tidak karena haid yang telat ini sebaiknya lakukan test pack terlebih dahulu. Kalau misalnya setelah di tes kehamilan hasilnya hegatif, lalu apa yang menyebabkan mentruasi telat datang dan haid ini tidak teratur ? Nah, pada postingan kali ini saya @ryanthamrin akan mengulasnya untuk anda.
telat datang bulan apakah hamil
telat datang bulan apakah hamil ?

Penyebab Haid Tidak Teratur

Kondisi hormonal yang tidak stabil merupakan salah satu penyebab haid tidak teratur, lalu kenapa hormonal bisa terganggu ? Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya gangguan hormonal tersebut :

1. Menopause Mulai Mendekat

Bisakah menopause terjadi pada umur antara 40 tahun hingga 50 tahun ? Selain umur pada rentang tersebut, ada juga kejadian menopause lebih dini yaitu pada usia sekitar 20 tahun hingga 30 tahun. Menopause dini merupakan keadaan abnormal atau adanya kelainan yaitu autoimun atau bisa saja karena adanya proses pengangkatan rahim. Fakta mengenai menopause dini karena habisnya sel telur wanita adalah mitos belaka, kenyataannya tidaklah demikian. Menstruasi yang tidak teratur adalah indikator awal adanya perimenopause, dan ini disebabkan kondisi hormon progesteron yang tidak stabil. Hormon progesteron berfungsi untuk sebagai pengatur dalam pendarahan ketika haid, proses lamanya haid dll.

2. Anovulasi

Anovulasi merupakan siklus yang tidak terlepasnya sel telur wanita atau suatu keadaan dimana wanita tidak terjadi ovulasi yaitu telur tidak terlepas dari tempatnya. Inilah yang merupakan sering jadi penyebab terlambat haid. Dalam satu tahun anovulasi wajar terjadi hanya 1-2 kali saja terjadi. Penyebab dari proses anovulasi yang terjadi adalah karena adanya gaya hidup terutama makan dengan pola yang buruk, tingginya tingkat stress emosional dan juga kelelahan fisik karena terlalu banyak bekerja. Menstruasi tidak teratur juga bisa dikarenakan Sindrom Ovarium Polikistik atau PCOS dimana ini adalah kondisi yang gampang kita ketahui dan mudah untuk diobati dan ini akan terjadi resistensi insulin. Pada kasus PCOS jumlah folikel yang dihasilkan oleh ovarium menjadikan tingkat estrogennya tinggi namun hal ini tidak membuat sel telur terlepas. Pada hormon estrogen yang sangat banyak, ini akan merangsang lapisan rahim untuk terjadi penebalan ke poin dimana dia harus terkelupas.

3. Stress Berlebihan

Pada saat stress ini akan mengakibatkan adanya proses penekanan pada kelenjar adrenal yang kemudian akan memicu keluarnya hormon kortisol. Hormon ini akan berakibat pada hormon estrogen, progesteron, juga DHEA. Stress juga bisa dikarenakan oleh gangguan makan, program diet, mengkonsumsi narkoba, juga ketagihan akan kafein juga alkohol. Makanan bergizi yang tidak tercukupi oleh tubuh akan mengakibatkan protein didalam otak akan berubah dan ini akan mengakibatkan otak tidak bisa mengirim sinyal yang baik untuk proses ovulasi yang normal.

4. Program Turun Berat Badan / Diet juga Olahraga Berlebihan

Pada wanita yang suka olahraga setiap harinya sekitar 2 sampai 3 jam biasanya akan terganggu siklus menstruasinya bahkan ada yang berhenti menstruasi . Hal ini dikarenakan lemak dalam tubuh turun drastis. Selain itu, hormon estrogen pada wanita yang suka olahraga berlebihan ini sangat rendah dan akibatnya tentu saja tidak terjadi ovulasi. Pada wanita dengan kondisi seperti ini akan mudah untuk terkena osteoporosis akibat kurangnya hormon estrogen. Baca juga 8 Tips Mencegah Datangnya Osteoporosis Pada Tulang

Nah selain hal yang saya terangkan diatas, penyebab telat datang bulan adalah adanya ovarium syndrome, adanya kelainan pada rahim, bisa juga wanita yang sedang melakukan kemoterapi dan juga ibu setelah melahirkan dan saat menyusui. Beberapa hal tadi akan mengakibatkan terjadinya gangguan menstruasi seperti telat haid. Oke sahabat dr oz semua terimakasih sudah membaca Apakah Telat Menstruasi Datang Bbulan Pertanda Hamil atau Gangguan Dalam Rahim ? dengan url blog http://drozindonesiatranstv.blogspot.com/2015/02/apakah-telat-menstruasi-datang-bulan.html semoga bermanfaat dan kalau anda suka dengan artikel ini silahkan dishare ya agar teman-teman kita yang lain bisa tahu dan terbantu dengan adanya informasi ini. Terimakasih dan jangan lupa baca juga  

Dr Oz Bahaya Mengkonsumsi Lemak Jahat