Feb 10, 2015

Amankah Minum Vegeta Saat Hamil Untuk Atasi Sembelit

Amankah Minum Vegeta Saat Hamil Untuk Atasi Sembelit
Semangat pagi semuanya, pagi ini saya akan menjawab pertanyaan dari salah seorang Ibu yang sedang hamil dengan usia kandungannya mencapai 13 minggu dan ini merupakan kehamilan anak yang kedua. Beliau berusia 23 tahun dengan tinggi badan 169 cm dan berat badannya 54 Kilogram. Keluhannya adalah dia saat ini sedang hamil dan mengalami sembelit alias susah buang air besar atau BAB. Beliau sudah seminggu terakhir minum vegeta untuk mengatasi sembelinya tersebut. Dia bertanya "bolehkah ibu hamil minum vegeta" jika sering minum vegeta tiap hari. Apakah ada kaitannya atau tidak antara asupan nutrisi maupun gizi pada sijanin nantinya. Oke kali ini saya akan menjawabnya untuk anda semua yang mempunyai masalah yang sama pada saat hamil yaitu Bolehkah minum vegeta saat hamil.

Amankah minum vegeta saat hamil, kita tidak bisa langsung berkata aman atau tidak. Semuanya harus dilihat dulu dari segi sebab dan akibatnya. Sembelit pada ibu hamil sebetulnya tidak ada kaitannya dengan kurangnya asupan serat. Sembelit yang sering terjadi pada ibu hamil merupakan efek dari hormon progesteron yang meningkat. Ketika progesteron naik, maka pergerakan lambung akan berkurang dan hal ini mengakibatkan banyaknya makanan yang mampir atau transit di lambung lebih lama. Kemudian rektum yang merupakan bagian paling bawah usus besar terjadi proses penekanan dikarenakan pembesaran rahim pada ibu hamil dan tentunya ini merupakan penyebab sering sembelit pada wanita hamil.

Ketika usia kandungan sudah semakin bertambah maka gangguan sembelit dan konstipasi lebih jauh berkurang. Nah untuk ibu hamil yang sedang mengalami gejala konstipasi sebaiknya makan gandum. Nah simak tips berikut untuk mengatasi susah buang air besar pada ibu hamil

Baca Juga Tips Saat Hamil dr. Reisa Agar Kaki Tidak Bengkak 

Bolehkah minum vegeta saat hamil, bolehkah ibu hamil minum vegeta, amankah minum vegeta saat hamil

Tips Atasi Sembelit Pada Ibu Hamil Selain Minum Vegeta

  1. Makan yang banyak mengandung serat contohnya buah-buahan, sayur dan roti gandum
  2. Perbanyak minum air putih atau sekitar 8 gelas sehari dan juga minum jus buah 2 gelas setiap harinya
  3. Pada saat pagi usahakan minum yang hangat. Hal ini dapat mempengaruhi usus agar bergerak
  4. Sebaiknya jangan mengedan ketika Buang Air Besar (BAB)
  5. Jika anda bekerja di kantor dan menghabiskan banyak waktu dengan duduk sebaiknya selingi dengan jalan kaki atau berdiri minimalnya satu jam sekali.
  6. Olahraga dengan teratur
  7. Suplemen dengan kandungan zat besi dapat mengakibatkan konstipasi

Jadi Bolehkah minum vegeta saat hamil dan Apa Bahayanya Terhadap Janin ?

Dari hasil pengamatan dan sepengetahuan kami selama ini dan dari informasi produk tersebut sebaiknya kalau dirasa perlu minum sebaiknya ketika usia kehamilan sudah diatas 5 bulan. Hal ini dikarenakan beberapa produk dari minuman yang bersuplemen serat selain yang saya sebutkan tadi bisa mempengaruhi otot pada dinding rahim.

Untuk janinnya sendiri dan kualitas gizinya akibat minuman berserat ini tentunya dipengaruhi dari asupan makanan dari ibu. Jadi baiknya selain meminum suplemen itu, ibu hamil juga harus mengkonsumsi makanan yang lain bergizi. Jadi sekali lagi saya tekankan kalau wanita hamil yang suka meminum suplemen serat sebaiknya minum ketika usia kandungannya sudah diatas 5 bulan. Kalau misalnya masih saja terjadi susah buang air besar sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter atau  dokter spesialis penyakit dalam.

Bolehkah ibu hamil minum vegeta ? tentu saja boleh tapi harus diperhatikan juga ya hal-hal yang sudah saya beritahukan tadi mengenai Amankah Minum Vegeta Saat Hamil Untuk Atasi Sembelit. Terimakasih sudah mengunjungi blog dr. oz Indonesia dan semoga bermanfaat bagi kita semua terutama bagi ibu yang sedang mengalami kehamilan. Salam sehat semuanya dari saya.

Amankah Minum Vegeta Saat Hamil Untuk Atasi Sembelit