Oct 3, 2014

DR OZ Penyebab Terjadinya Encok dan Asam Urat

DR OZ Penyebab Terjadinya Encok dan Asam Urat - Ciri ciri penyakit encok yang paling mudah kita kenali adalah nyeri pada sendi dan kaku, rasa panas, Pangkal pada ibu jari terjadi merah dan bengkak. Selain itu tumit, lutut, pergelangan siku dan tangan pasti akan terasa nyeri. Penyebab penyakit encok bisa terjadi karena proses kristalisasi asam yang menumpuk pada jaringan ikat. Ketika penumpukan kristal ini terjadi maka akan mengakibatkan sendi kaku, peradangan arthritis, dan nyeri.

Penumpukan asam urat adalah hasil dari proses pemecahan purin, yang kita tahu purin merupakan pencetus asam urat. Pada proses normal, asam urat akan larut di dalam darah kemudian ke ginjal dan terakhir keluar lewat urin. Namun untuk yang produksi asam urat dalam badannya sangat banyak dan ginjal tidak bisa mengatasinya untuk hilangkan yang namanya asam urat, maka hal ini dapat menyebabkan hyperuricemia atau adanya peningkatan kadar asam urat di dalam darah.

Penyebab Terjadinya Encok

  • Berat badan berlebih. Banyaknya jaringan yg pecah dan berganti dapat menyebabkan produksi asam urat
  • Sering Minum Alkohol. Alkohol merupakan faktor penghambat jalannya asam urat buat keluar tubuh.
  • Gangguan enzim pemecah purin. Jika ini terjadi maka ketika kita konsumsi makanan yg mengandung purin maka encok akan terjadi.
  • Obat-obatan Diuretik. Contoh obat kimia yang dapat menyebabkan terjadinya encok seperti cyclosporine, levodopa, dan salisilat merupakan obat yang dapat sebabkan terjadinya encok.
  • Keturunan. Sekitar 18% keturunan secara genetik dapat diwariskan bagi penderita encok.

Solusi Mengatasi Encok

  • Minum air putih yang banyak, kaena hal ini dapat mengatasi menghilangkan asam urat berlebihan.
  • Hindari makanan mengandung purin. Contoh makanan yang banyak mengandung purin yaitu kacang-kacangan, bayam, kembang kol, jamur, minuman alkohol, teri, ikan sarden dan kaldu.
  • Jangan diet ketat. Jika kita diet ekstrim maka diet ini dapat sebabkan tingginya kadar asam urat di dalam darah.

Nah itu tadi artikel dengan judul DR OZ Penyebab Terjadinya Encok dan Asam Urat  semoga bermanfaat bagi anda semua, terimakasih dan salam sehat Indonesia.