Sep 7, 2014

Terapi Wasir dan Pengobatannya

Terapi Wasir dan Pengobatannya  -  Episode wasir tanggal 6 September 2014, Informasi mengenai wasir dan pengobatannya, obat wasir, perbedaan wasir dan ambeien yang ditayangkan pada acara DR. OZ INDONESIA. Kalau bicara masalah kesehatan, itu semua berawal dari keinginan termasuk saat anda memilih acara DR. OZ INDONESIA sebagai pilihan untuk tetap sehat. Di kesempatan kali ini saya akan bicara salah satu kesehatan yang cukup umum yaitu wasir.  Ingin tahu kira-kira wasir ini seperti apa ? Selengkapnya baca terus ya. Sebelumnya Bayar Rumah Sakit dibiayai oleh BPJS Kesehatan

Wasir Karena Terlalu Banyak berdiri ?

Bicara mengenai masalah wasir atau Hemorrhoids ini berkaitan dengan suatu pembuluh darah vena yang berada di anus. Wasir merupakan kelainan dari aliran darah yang ada di pembuluh darah vena.

Wasir adalah suatu pelebaran pada pembuluh darah balik (vena) di anus. Jika ada faktor resiko, misalnya sering angkat beban berat pastinya akan meningkatkan tekanan dalam perut. Jika hal itu dilakukan berulang-ulang akan menyebabkan pembuluh darah vena itu melebar dan akhirnya menetap pelebaran tersebut. Jadi akan terjadi hambatan di dalam anus.

"Bila tidak diobati maka wasir akan menetap dan semakin membesar."

Bicara mengenai aktivitas yang dapat memicu wasir seperti duduk terlalu lama atau berdiri terlalu lama juga ada salah satu faktor memicu wasir.

Faktor Terjadinya Wasir :

1. Duduk Terlalu Lama atau Berdiri Terlalu lama - Faktor resiko dari pada wasir banyak, diantaranya posisi tubuh atau suatu pekerjaan yang mengharuskan kita duduk lama akan menyebabkan aliran darah vena yang terganggu.
2. Kehamilan - Kehamilan juga merupakan salah satu faktor resiko terjadinya wasir. Karena tekanan dari dalam janin , pertumbuhan janin, tekanan dari dalam rongga perut menjadi besar.
3. Hormonal - Selain itu ada juga faktor hormonal yang ikut berperan dalam pelebaran pembuluh darah balik.

Wasir terbagi menjadi dua :

Wasir merupakan penyakit yang terjadi di dalam saluran ujung dari usus sebelum anus.
1. Hemorrhoids internal - Jika pelebaran pembuluh darah yang terjadi berada didalam saluran sebelum anus. Gejalanya ada perdarahan pada rektum tapi tidak ada rasa nyeri.
2. Hemorrhoids external - Jika terjadinya pelebaran dibawah saluran. Gejalanya yaitu pada trombosis yg terkena akan ada rasa nyeri dan bengkak pada daerah anus.

Terapi Penanganan Wasir

Penatalaksanaan wasir atau ambeyen atau Hemorrhoids dibagi menjadi dua:
1. Konservatif - yaitu penanganan bukan operasi,
2. Pembedahan - yaitu dengan jalan operasi.
Penanganan ini tergantung dari derajat tingkat keparahannya. Pada ambeyen tahap awal tidak perlu operasi, hanya dengan merubah pola hidup, pemberian obat-obatan, sudah sangat membantu.

Pada wasir yang lebih lanjut, pada grade 3 dan 4 yang disertai dengan pendarahan memerlukan tindakan pembedahan.

Terapi wasir dengan pemberian obat clearising therapy dengan cara disuntikkan. Tujuannya adalah untk mematikan jaringan yang ada di sekitar terjadinya wasir. Hal ini akan menyebabkan peradangan steril yang akan bisa menyebabkan jaringan ini menjadi mengeras dan mati. Biasanya penyuntikan dilakukan pada pangkal jaringan.

Terapi Wasir dengan Hemorrhoid artery ligation, tehnik mengikat pembuluh darah arterinya.  Kita bisa mengidentifikasi pembuluh darah ini dengan bantuan alat dopler. Suatu alat yang dimasukkan kedalam anus yg mempunyai sensor yang bisa dihubungkan dengan dopler dia akan bisa mengidentifikasi pembuluh darah arteri.

Penting untuk diketahui bahwa apapun yang kita lakukan, operasi seradikal apapun , itu resiko untuk terjadi lagi wasir berulang tetap ada. Jadi jangan ada peikiran setelah operasi sudah, selesai.

Tetap yang paling penting adalah memperbaiki gaya hidup. Tingkat kesembuhan itu terletak pada gaya hidup kita masing-masing bagaimana kita mengatur gaya hidup lebih sehat. Terimakasih anda sudah membaca Terapi Wasir dan Pengobatannya