May 28, 2014

DR. OZ : Cara Menghitung Siklus Menstruasi

DR. OZ : Cara Menghitung Siklus Menstruasi - Dokter OZ Indonesia hari ini akan membahas normalkah siklus menstruasi anda ? Pelajari cara menghitung siklus menstruasi yang normal.  Pada umumnya wanita atau seorang remaja putri mulai mengalami menstruasi untuk pertama kalinya pada usia rata rata sekitar 9 sampai 14 tahun. Proses menstruasi ini dimana proses siklus biologis seorang wanita bisa terjadi lebih kurang dari 30 - 50 tahun lamanya sampai mereka masuk masa menopause.

Bicara mengenai masalah menstruasi terkadang wanita bingung mengenai siklus menstruasi yang dialami apakah teratur atau tidak ?

cara menghitung masa subur setelah menstruasi, hitungan menstruasi,
Normalnya siklus menstruasi terjadi pada wanita secara teratur  setiap bulan. Namun banyak wanita yang belum mengerti cara menghitung pola dari siklus tersebut. Sehingga banyak pertanyaan muncul saat menstruasi tiba tidak pada waktunya. Anda bisa baca tentang tanya jawab seputar menstruasi disini.

Pertanyaan Seputar Menstruasi

"Haid saya bulan ini tidak teratur , misalnya dari tanggal awal bulan nanti untuk bulan depan maju atau agak mundur kebelakang. "
 Untuk menghitung siklus menstruasi yang anda alami setiap bulannya anda harus tahu terlebih dahulu  tanggal tiap bulan awal menstruasi. Pada kesempatan kali ini saya ditemani bintang tamu Rina Nose.

Proses Terjadinya Menstruasi

Biasanya saat proses menstruasi atau menjelang menstruasi dikarenakan kerja hormon estrogen dan progesteron, lapisan dinding rahim akan menebal. Ini dalam medis biasanya dinamakan lapisan endometrium. Lapisan ini menebal dikarenakan tidak adanya proses pembuahan sel telur oleh sel sperma maka terjadilah menstruasi yaitu meluruh atau pecahnya / runtuhnya dinding endometrium atau dinding rahim. Pecahnya itu bersamaan dengan pecahnya pembuluh darah yg ada di rahim  itu disebut dengan darah menstruasi. Tapi jika ada pembuahan sel telur dinding rahim tidak pecah dan terjadilah kehamilan.

Bicara mengenai masalah menstruasi tidak terlepas dari beberapa unsur yaitu siklus menstruasi. Siklus menstruasi adalah tanggal pertama hari pertama. Contoh, jika hari pertama tanggal 9 untuk mengetahui berapa panjang siklusnya dicatat ke bulan berikutnya tanggal 10.

Tips Cara Hitung Siklus Menstruasi

Siapkan Kalender, karena siklus menstruasi ini suatu saat akan berfungsi untuk anda menghitung masa subur untuk menghitung perencanaan kehamilan.

Contoh disini adalah ada 3 bulan, cara menghitung siklus menstruasi yang tidak teratur biasanya untuk siklus menstruasi teratur atau tidak teratur pedoman kita minimal 3 periode dalam menstruasi.

  • Siklus menstruasi normal umumnya rentang waktu  21 sampai 35 hari untuk terjadi menstruasi berikutnya. Misal tanggal 1 Juli anda mulai mens, kemudian terjadi mens lagi pada tanggal 25 juli juga.

  • Bulan berikutnya misalnya tanggal 12 Agustus mens, dan mens lagi 31 agustus. Kemudian bulan berikutnya tanggal 14 september mens.

Jika melihat tanggal siklus menstruasi yang acak, dan terjadi tanggal menstruasi berikutnya tidak sama. Ini belum tentu anda mensnya tidak teratur, jadi cara menghitungnya adalah:

"RUMUS RATA RATA SIKLUS MENSTRUASI = 21 s/d 35 hari"

  • Pada contoh kasus diatas berarti dalam satu bulan di bulan juli mempunyai siklus 25 hari.  dan ini masih dalam rentang siklus mens yang normal.
  • Pada siklus berikutnya dari Juli ke bulan agustus tanggal 12 mempunyai siklus 19 hari. dan ini tidak dalam rentang siklus normal.
  • Berikutnya adalah 12 agustus sampai tgl 31 agustus mempunyai siklus 20 hari. dan ini tidak dalam rentang siklus normal.
  • Periode berikutnya tgl 31 agustus sampai 14 september mempunyai siklus 15 hari. dan ini tidak dalam rentang siklus normal.

Kesimpulan Siklus Menstruasi

  1. Periode Mens I = 25 hari (NORMAL)
  2. Periode Mens II = 19 hari (TIDAK)
  3. Periode Mens III = 20 hari (TIDAK)
  4. Periode Mens IV = 14 hari (TIDAK)
Jadi kesimpulannya dari membaca dan menghitung siklus menstruasi diatas dalam 3 periode siklus mengalami rentang waktu yang tidak normal.

Jika siklus mens 3 kali berturut turut terjadi diluar dari hitungan rentang waktu seharusnya(tidak normal), maka segera konsultasikan ke dokter. Kalau cuma kejadian periode I normal, periode II tidak normal dan periode III normal kembali itu tidak apa apa. Biasanya cuma masalah faktor ketidak seimbangan hormonal, beban pikiran atau karena masalah keletihan  yang berlebihan juga.

Jika sampai tiga kali berturut turut tidak normal, harus diketahui penyebab pasti. Masalah penyakit atau ketidak seimbangan hormonal tidak bisa yang kita langsung diagnosa sebagai kista, miom atau lainnya. 
Dalam menghitung siklus menstruasi untuk mendapatkan siklus yang teratur perhatikan gaya hidup dan pola makan anda untuk kesehatan anda hari ini dan kemudian harinya. Terimakasih tetap di dr. oz Indonesia.