May 23, 2014

Apa Itu Virus Meningitis ? Kenali Penyebab dan Cara Obati Meningitis

Apa Itu Virus Meningitis ? Kenali Penyebab dan Cara Obati Meningitis - Selamat sore pemirsa dr oz indonesia dimanapun anda berada. Dokter OZ hari ini akan membahas penyakit meningitis, juga  gejala meningitis. Selain itu akan dibahas kupas tuntas secara mendalam penyebab meningitis yang biasanya disebabkan oleh virus meningitis. Untuk pencegahan meningitis, kami juga akan menjelaskan mengenai imunisasi meningitis.

Pengertian Meningitis

Anda tahu meningitis? bagi yang belum tahu, sekedar informasi saja nih ya pengertian dari meningitis. Meningitis yaitu suatu peradangan pada bagian membran pelindung yang membungkus otak juga sumsum tulang belakang, nah dalam keadaan seperti ini biasanya dalam istilah kedokteran disebut meningen.

Virus meningitis

Virus yang menyebabkan atau menjadi penyebab meningitis adalah virus dari golongan jenis virus mumps . Akhir akhir ini dimedia elektronik santer dikabarkan bahwa sahabat saya artis terkenal Olga Syahputra yang saat ini sedang dirawat di rumah sakit di luar negeri didiagnosa terkena penyakit meningitis. Saya sendiri sih belum mendapat keterangan langsung dari pihak terkait manajemen artis Olga Syahputra.

Gejala Meningitis

Gejala meningitis yang biasanya umum terjadi yaitu sakit kepala, kemudian leher kaku yang diikuti juga oleh demam, bisa juga kadang merasa seperti kebingungan atau terjadi perubahan kesadaran, terjadi muntah muntah, dan sensitif terhadap paparan cahaya (fotofobia) dan juga sensitif terhadap suara keras dan bising atau dalam istilah kedokteran disebut fonofobia.

Gejala Meningitis Pada Anak

penyakit meningitis, penyebab meningitis, gejala meningitis, deskripsi meningitis
Gejala meningitis yang terjadi pada anak anak pada biasanya cuma memperlihatkan gejala tidak spesifik, contohnya adalah mudah marah dan sering mengantuk. Ciri lain dari gejala meningitis yaitu adanya ruam merah bisa menjadi petunjuk untuk diagnosa.
cara pengobatan meningitis, pengobatan meningitis,

Anda bisa lihat tayangan youtube tentang meningitis disini http://www.youtube.com/watch?v=eVswuWrxif8#t=91

Penyebab Meningitis

Meningitis selain disebabkan oleh virus, bisa juga penyebab meningitis oleh bakteri meningococcus dengan ditandai ada ruam merah. Mikroorganisme lain, obat tertentu walaupun jarang terjadi tapi merupakan salah satu penyebab meningitis.

Meningitis bisa mengakibatkan kematian karena terjadinya peradangan pada otak dan sumsum tulang belakang. Pada keadaan seperti ini bisa digolongkan sebagai keadaan darurat medis.

Imunisasi Meningitis

Tindakan pencegahan biasanya dilakukan imunisasi meningitis. Tapi sebelum itu harus dilakukan diagnosa punksi lumbal agar bisa diketahui apakah ada meningitis atau tidak. Imunisasi meningitis ini bisa untuk mengobati meningitis yang disebabkan oleh meningokokus, pneumokokus atau infeksi virus mumps juga Haemophilus influenzae type B.

Obat Meningitis
Pertolongan dan penanganan pertama (harus dilakukan oleh profesional)  meningitis akut yaitu dengan memberikan antibiotik dan antivirus nyang tepat. Obat Kortikosteroid bisa mencegah komplikasi terjadinya radang yang sangat berlebihan.

Efek Penyakit Meningitis
Efek jangka panjang meningitis bisa berakibat pada ketulian, epilepsi atau ayan, hidrocephalus juga defisit kognitif.

Nah, jangan bosan untuk menjagan kesehatan sejak dini ya. Terimakasih sudah membaca artikel tentang meningitis ini. Salam Sehat, LIKE N SHARE