Nov 24, 2017

Obat Batuk Manjur Warisan Leluhur

Mengalami sakit batuk atau gangguan tenggorokan memang selalu menyiksa walaupun sempurna kita sudah sering mengalaminya. Semua aktifitas jadi terganggu, apalagi aktifitas yg membutuhkan suara kita atau banyak berbicara. Secara medis diketahui bahwa batuk terjadi lantaran terjadinya penggumpalan dahak di tenggorokan, maka penyembuhan batuk berarti membersihkan dahak dari tenggorokan. Pengalaman aku setiap kali mengalami sakit batuk lalu menerapkan pengobatan warisan nenek aku sejak aku masih balita.

Kencur

Kita kupas kencur kira-kira sebesar kelereng, kita cuci lalu selanjutnya kita kunyah sampai terasa bercampur menggunakan ludah kita & kita telan. Rasanya memang tidak yummy bagi yg baru pertama kali mencobanya tapi selesainya itu yakinlah kita akan terbiasa menggunakan rasanya. Efek dari kencur adalah rasa hangat di tenggorokan & lebih lanjut membuat dahak lebih simpel dimuntahkan. Maka batuk kita lambat laun sembuh. Sudah diketahui umum pula bahwa kencur pula dapat melancarkan suara para penyanyi atau siapapun yg membutuhkan banyak bersuara atau berbicara dalam aktifitasnya.

Jeruk Nipis plus Kapur Sirih

Pengobatan menggunakan cara ini memang relatif ribet namun pula terbukti manjur. Ambil jeruk nipis yg sudah tua, yg sudah banyak kandungan airnya, pangkas melintang jadi dua bagian.Kita gunakan jeruk nipis separuh saja. Selanjutnya oleskan kapur sirih pada bagian permukaan rabat sehingga kapur tercampur menggunakan air jeruk nipis. Kemudian tusuk rabat jeruk berkapur sirih tadi menggunakan garpu, atau benda tajam lainnya, sebagai tangkai pegangan. Lebih lanjut panaskan rabat jeruk di bagian yg berkulit pada atas bara barah sehingga bagian yg berair & bercampur kapur sirih mendidih. Setelah itu kita peras di atas sendok makan jeruk tadi & kita minum airnya. Efek dari pengobatan ini memang tenggorokan akan terasa hangat namun gatal sehingga memacu dahak buat keluar.

Jeruk Nipis plus Kecap

Ini pengobatan yg paling yummy di mulut dibandingkan kedua pengobatan yg aku sebutkan di atas. Potong jeruk nipis lalu peras airnya pada sendok makan kemudian masukkan kecap anggun lalu kita minum.. Efeknya tidak terlalu cepat menimbulkan gatal di tenggorokan namun tetap mengencerkan dahak & menyembuhkan batuk kita. Bagi yg kesulitan memperoleh jeruk nipis, pengobatan cara ini pula bisa kita lakukan sambil kita makan di warung soto yg menyediakan pelengkap jeruk nipis & kecap.Artinya, selesainya kita menikmati soto di warung itu kita ambil rabat jeruk & kecap lalu kita lakukan pengobatan mirip yg aku jelaskan tadi.Enak & simpel kan?

Ketiga resep obat batuk warisan leluhur tadi sudah terbukti manjur & aman. Selalu aku gunakan sejak aku masih balita hingga sekarang ketika aku mengalami sakit batuk. Tidak perlu resep dokter yg mahal. Selamat mencoba.

Salam sehat penuh cinta.

***

Solo, Kamis, 8 Mei 2014

Suko Waspodo

www.sukowaspodo.blogspot.com

Ilustrasi: ayuuirma.wordpress.com
Obat Batuk Manjur Warisan Leluhur

Image source: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjm3Xyeo2JU_DM3YMbLAJ3BHDL6Cwn3R0WM79gzGxponB9ZNtp0TdJd1jam6iag_1EtKkSt5-a3snnYQbVtFqYz9rRVqFZDPHOshHPVAbetgakG_Yxy9yBWbKV0EUoXHTmkG4fSq2YJIKdK/s1600/fgg.jpg