Nov 16, 2017

Kenapa Penting Menjaga Higiene Saat Menstruasi(2)

Kenapa Penting Menjaga Higiene Saat Menstruasi(2)

Image source: http://segiempat.com/wp-content/uploads/2017/05/7-Tips-Dasar-PDKT-2-oleh-SegiEmpat.jpg

Personal Hygiene berasal dari bahasa Yunani yaitu personal yang artinya perorangan dan hygiene berarti sehat. Sehingga, personal hygiene adalah suatu tindakan sesorang untuk memelihara kebersihan dan kesehatan untuk sejahtera fisik dan psikis. Perilaku merupakan faktor yang penting dalam mempengaruhi status kesehatan seseorang selain lingkungan, pelayanan kesehatan, dan genetik. Higiene perseorangan atau kebersihan diri termasuk gerombolan faktor konduite. Sehingga, kebersihan diri saat menstruasi merupakan komponen higiene perseorangan yang penting dalam konduite kesehatan seseorang, termasuk menghindari adanya gangguan pada fungsi organ reproduksi.

Higiene menstruasi adalah higiene personal pada saat menstruasi. Selama masa menstruasi memperhatikan higiene adalah hal yang sangat penting, lantaran bila penanganan selama haid tidak sahih atau tidak steril maka dapat menyebabkan infeksi organ reproduksi. Infeksi pada organ reproduksi ini bila tidak diberikan tindakan medis akan menawarkan akibat buruk ke masa depan bahkan seumur hidup, seperti kemandulan yang konsekuensinya adalah menurunnya kualitas hidup individu yang bersangkutan.

Pada saat menstruasi diperlukan indera untuk menampung cairan/darah haid tersebut. Pada era terkini ini yang banyak dipakai menjadi indera penampung adalah pembalut wanita lantaran cara penggunaanya yang relatif simpel. Ada juga jenis lain yaitu tampon, indera penampung cairan menstruasi yang dimasukkan ke dalam vagina. Tampon ataupun pembalut harus diganti setiap 3-4 jam selama haid, walaupun haid tidak terlalu banyak, pada saat deras harus lebih tak jarang lagi penggantian pembalut. Mengganti pembalut dengan teratur akan mencegah timbulnya bakteri yang menyebabkan gangguan pada vagina, seperti vagina yang berbau, keputihan dan pada akhirnya dapat menyebabkan infeksi.

Untuk mencegah infeksi pada indera reproduksi, seharusnya mencuci tangan sebelum dan sesudah menangani darah menstruasi, serta tidak menyemprotkan air langsung ke vagina. Cara membersihkan vagina harus dengan air bersih dari arah depan ke belakang, jangan menyiram dari belakang atau membersihkan dengan tangan yang telah menyentuh dubur yang banyak kuman. Selanjutnya, menjaga kebersihan indera reproduksi saat menstruasi dengan cara membersihkan organ reproduksi luar (vulva) dari arah depan ke belakang menggunakan air bersih dan dikeringkan menggunakan handuk atau tissue. Tidak boleh mencuci vagina dengan cairan pembilas wanita terlalu tak jarang. Pergunakan pembalut ketika menstruasi, dan diganti paling lama setiap 4 jam atau setelah buang air.