Nov 20, 2017

10 Manfaat Buah & Akar Pinang

Ada peribahasa berbunyi Bagai pinang dibelah dua pasti Anda juga acapkali mendengarnya. Apa sih buah pinang itu? Pinang (Areca catechu L.) adalah keliru satu jenis palma yg mempunyai banyak kegunaan keliru satunya buat kesehatan. Buah pinang berwarna oranya kekuningan, bentuknya seperti buah kelapa tetapi ukurannya lebih mungil kira-kira hanya sebesar bola bekel. Tidak cuma buahnya, akar pinang pun mempunyai banyak manfaat buat kesehatan. Biji pinang mengandung karbohidrat, lemak, serat, kanji, resin, polyphenol termasuk flavonoid, tanin, alkaloid (arekolin (C8H13NO2), arekolidin, arekain, guvakolin, guvasin serta isoguvasin) , serta mineral. Apa saja manfaat buah serta akar pinang? Manfaat buah serta akar pinang buat kesehatan tampaknya jarang diketahui orang banyak. Berikut ini adalah sedikit liputan tentang macam-macam khasiat buah serta akar pinang buat kesehatan menurut para peneliti:

1. Sebagai Obat Sakit Gigi

Salah satu penyebab sakit gigi, yaitu adanya infeksi bakteri di dasar gigi. Bika tidak diobati secara tepat, maka mustahil gigi Anda akan segera sembuh serta normal seperti sedia kala. Solusinya Anda bisa dengan buah pinang sebagai obat alternatif, karena di dalamnya mengandung senyawa yg bersifat antibakteri. Selain itu penggunaan pinang dengan buah sirih juga akan menyehatkan serta menguatkan gigi Anda. Terbukti sumber kegiatan nyirih yg acapkali dilakukan para sesepuh terdahulu.

2. Terhindar Dari Mulut Kering

Selain buat menyehatkan gigi, kegiatan nginang juga bisa membuat Anda terhindar sumber mulut kering. Nginang / nyirih sendiri adalah suatu kegiatan mengonsumsi buah pinang yg dicampur kapur sirih serta dibungkus dengan daun sirih, lalu dikunyah secara terus menerus. Ternyata kegiatan yg dilakukan turun temurun tersebut memang bukan tanpa alasan, karena buah pinang akan membuat kelenjar ludah menghasilkan ludah lebih banyak.

3. Mengatasi Nyeri Pinggang

Banyak faktor yg menyebabkan Anda mengalami nyeri pinggang, keliru satunya yaitu kakunya otot di area pinggang. Namun Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan memanfaatkan buah pinang yg telah ditumbuk serta dihangatkan.  Oleskan ramuan tersebut kepada pinggang serta dijamin rasa nyeri akan segera hilang, karena hal tersebut diyakini bisa menghambat rangsangan penyebab nyeri otot.

4. Sebagai Obat Alami Penyakit Cacingan

Manfaat buah pinang muda dikenal sebagai bisa menyembuhkan seseorang sumber penyakit cacingan. Hal ini bukanlah tanpa dasar, karena pinang muda mengandung senyawa arecoline yg mana bertugas buat membasmi cacing seperti cacing kremi, cacing pita, cacing gelang, juga cacing tambang yg ada di dalam tubuh.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Mungkin Anda pernah mengalami suatu kejadian seperti tangan tergores benda tajam namun luka tidak kunjung kering / menutup. Bika memang pernah serta hal tersebut terulang kembali, maka cobalah obati dengan dengan buah pinang yg telah dihaluskan. Dikatakan demikian karena buah pinang mengandung senyawa yg mempunyai sifat hemostatik serta astringent yg mana berfungsi buat menghentikan pendarahan kepada luka.

6. Sebagai Obat Alami Penyakit Kulit

Penyakit kulit yg acapkali menyerang manusia adalah koreng, borok, bisul, eksim, kudis serta umumnya ditimbulkan sang penggunaan air kotor buat mandi atau aktivitas lainnya. Padahal telah terang bahwa air kotor sangat penuh dengan beragam bakteri berbahaya. Namun tidak perlu khawatir, karena Anda bisa memanfaatkan senyawa dalam buah pinang yg bersifat antibakteri buat mengobatinya. Caranya, yaitu campur parutan buah pinang muda dengan air serta kapur sirih secukupnya, lalu oleskan kepada bagian kulit yg terkena penyakit.

7. Obat Alternatif Untuk Menyembuhkan Difteri

Difteri adalah suatu penyakit yg ditimbulkan sang bakteri serta sangat menular. Penyakit ini menyerang tenggorokan serta selaput lendir di hidung. Bika tidak ditangani dengan serius, difteri bisa mengancam keselamatan penderitanya. Maka sumber itu, tidak ada salahnya Anda dengan buah pinang buat pengobatan / pertolongan pertama, karena di dalamnya ia mengandung senyawa yg bersifat antibakteri. Caranya cukup gampang, pertama keringkan terlebih dahulu beberapa buah pinang serta haluskan. Setelah itu seduh bubuk pinang serta gunakan buat berkumur. Lakukan hal tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari dengan jumlah pengulangan sebanyak 2-3 kali di setiap kumur.

8. Obat Alternatif Untuk Menyembuhkan Disentri

Disentri adalah suatu penyakit yg menyerang usus serta menyebabkan diare. Ada beberapa penyebab yg menimbulkan penyakit tersebut, pertama yaitu dikarenakan adanya bakteri yg ke 2 ditimbulkan sang amoeba parasit. Kaitannya dengan pinang, akbar kemungkinan karena buah pinang mempunyai senyawa yg bersifat antibakteri sehingga banyak orang menggunakannya sebagai obat disentri. Caranya, yaitu dengan meminum air rendaman pinang yg sebelumnya telah direndam dalam dikala selama beberapa jam.

9. Mengencangkan Alat Kelamin Wanita

Masyarakat pesisir pantai desa Assai serta Yoon-noni, yg didiami sang suku Menyah, Arfak, Biak serta Serui (Papua) dengan biji pinang muda sebagai obat buat mengecilkan rahim setelah melahirkan buat kaum wanita dengan cara memasak buah pinang muda tersebut serta airnya diminum selama satu minggu. Perlu Anda ketahui bahwa alat kelamin wanita mempunyai pH yg cenderung asam, serta pinang juga mempunyai rasa yg sedikit asam. Mungkin hal inilah yg menjadi alasan mengapa buah pinang dijadikan alternatif obat buat mengencangkan alat kelamin wanita setelah melahirkan.

10.       Mencegah Kanker

Penelitian sebelumnya yg dilakukan sang Lee & Choi (1999) menyebutkan bahwa ekstrak etanolik buah pinang memberitahuakn aktivitas antioksidan dengan IC50 sebesar 45,4 g/ml. Aktivitas antioksidan yg masih ada dalam ekstrak etanolik pinang ini berkorelasi positif dengan pencegahan kanker, ekstrak etanolik tumbuhan ini tidak menginduksi perubahan kromosom. Biji buah pinang berpotensi buat dikembangkan sebagai agen sitotoksik yg bisa dikombinasikan dengan agen kemoterapi sehingga bisa menaikkan sensitivitas sel kanker. Tumbuhan pinang berpotensi anti kanker karena mempunyai imbas antioksidan, serta antimutagenik.
10 Manfaat Buah & Akar Pinang

Image source: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhxhsdBpMsWGRT44IvG9g2K4klusvfCOom3OcUhYU1-w961qujM6DYnQZifmL6c8qZNExGtP_m01vYba9SblRoUEUA8W5JlZENOqQvPF-9KMojRKbjjGCCxyJVewD2ABpBfjRLsgPP_taZ6/s1600/10-manfaat-buah-melon.jpg