Jun 9, 2017

Penyebab Penyakit Paru-paru Obstruktif Kronis Amankah Jika Berpuasa?

Berikut merupakan keterangan perihal Penyebab Penyakit Paru-paru Obstruktif Kronis Amankah Jika Berpuasa? dan hal-hal lain yang mengenai bersama dengan Penyakit Paru Kronik Adalah, Penyakit Paru Obstruktif Kronik Jurnal dan Askep Penyakit Paru Obstruksi Kronik yang kami tawarkan untuk menolong Anda menemukan solusi terbaik untuk Info kesehatan yang aman dan nyaman serta beberapa artikel lainnya.

Bahkan sementara ini benar-benar banyak penjelasan berkenaan Penyebab Penyakit Paru-paru Obstruktif Kronis Amankah Jika Berpuasa? yang tersedia di internet, tapi lebih dari satu besar kurang mengerti dan tidak lumayan akurat. Karena itu, kami sampaikan penjelasan Penyebab Penyakit Paru-paru Obstruktif Kronis Amankah Jika Berpuasa? sebagai referensi untuk Anda. Kami harap apa yang kita sampaikan penjelasan selanjutnya ini sangat bisa menunjang anda semua.

Saat didiagnosis bersama sakit paru obstruktif kronik atau PPOK, bolehkah tetap melaksanakan ibadah puasa?

Kata dokter spesialis paru dari RS Persahabatan, dr Dianiati Kusumo Sutoyo, SpP(K), penderita PPOK masih diperbolehkan menjalankan puasa, selama stadiumnya tetap di awal.
"PPOK itu kan yang dirasakan adalah sesak, kalau telah masuk stadium 4 biasanya nafsu makannya telah turun sekali. Kelihatannya susah ya (untuk berpuasa), untuk hari-hari saja susah," ujar dr Dianiati dalam temu tempat di Gedung Kementrian Kesehatan RI, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin tanggal (29/5/2017).

Penyebab Penyakit Paru-paru Obstruktif Kronis Amankah Jika Berpuasa?

Ketika pada fase stadium 4, pasien PPOK disebutkan dr Dianiati sebenarnya mengalami penurunan nafsu makan. Ini gara-gara terdapat masalah terhadap anggota diafragmanya. Selain nafsu makan yang turun, terkandung juga dampak lainnya layaknya otot melemah.

Namun demikian, pada pasien PPOK bersama dengan stadium yg belum meraih stadium 4 menurut dr Dianiati tidak ada kasus untuk berpuasa. Tidak tersedia perlakuan tertentu yang wajib diterapkan juga.

"Yang penting obat selalu tetap ya. Pasien PPOK kan solusi obatnya dengan inhalasi, menjadi tidak dapat membatalkan puasa," Kata dokter

Nah itu tadi informasi mengenai Penyebab Penyakit Paru-paru Obstruktif Kronis Amankah Jika Berpuasa? yang dapat kami sampaikan untuk sobat semuanya. Jangan lupa like atau sharing Info Pemeriksaan Fisik Penyakit Paru Obstruktif Kronik, Askep Penyakit Paru Kronik, dan Gejala Penyakit Paru-paru Obstruktif Kronis yang barangkali saja bermanfaat untuk temen kami lainnya. Terimakasih dan salam sehat