Jul 25, 2015

Tips Cara Cegah Batu Ginjal Secara Alami

Makanan Cegah Batu Ginjal - Sakit yang luar biasa ketika penyakit batu ginjal ini mulai kambuh, bisa sangat menyakitkan dan juga sangat berbahaya. Ginjal merupakan organ tubuh kita yang fungsinya juga sangat vital sekali. Sangat penting sekali untuk kita semua menjaga yang namanya kesehatan ginjal terutama dengan masalah batu ginjal yang sering kita dengar dan tentu ini menyiksa sekali.

Proses terbentuknya batu ginjal merupakan proses alami yang dikarenakan oleh terbentuknya atau menumpuknya zat kimia yang selama ini kita konsumsi dan terjadi pengendapan dan terbentuk kristalisasi didalam ginjal kita. Material bahan dari batu ginjal ini umumnya adalah fosfor dan juga kalsium. Kalau kita tidak bisa mendeteksi sejak dini masalah batu ginjal ini, maka kristal ini akan menjadi besar dan menimbulkan rasa sakit. Nah pada kesempatan kali ini masih menyambung dengan artikel sebelumnya yaitu Gangguan Ginjal ? Inilah Cara Mengatasi Batu Ginjal saya akan berbagi info mengenai cegah batu ginjal dengan beberapa makanan alami yang ada disekeliling kita semua.

Berikut ini saya paparkan makanan yang bisa untuk mencegah batu ginjal yang saya kutip dari Daily Health.

Ilustrasi Batu Ginjal



1. Lidah Buaya Cegah Batu Ginjal

Dari hasil penelitian terbaru di Thailand menyebutkan kalau gel dari lidah buaya ini mampu untuk mencegah batu ginjal. Penelitian dilakukan dengan responden 31 pria sehat dengan rentang umur antara 18 tahun hingga 23 tahun. Pada penelitian tersebut responden melakukan makan 100 gram gel lidah buaya segar yang dikonsumsi 2 kali dalam sehari dan selama seminggu.

Diakhir penelitian tersebut dihasilkan adanya perubahan yang signifikan didalam kandungan zat kimia dalam urine dan hasil penelitian ini menyimpulkan gel lidah buaya ternyata bisa untuk sebagai pencegah terbentuknya batu ginjal.

2. Jeruk Sebagai Pencegah Batu Ginjal Secara Alami

Jeruk jika dijus tentunya merupakan minuman yang sangat enak dan segar, apalagi jika minumnya di cuaca yang terik. Tidak cuma itu saja, ternyata jus jeruk ini dalam setiap gelasnya bisa mencegah terjadinya kristalisasi batu ginjal. Hal ini dikarenakan jeruk mengandung zat sitrat yang cukup tinggi dan dari hasil penelitian Clinical Journal of the American Society of Nephrology menyimpulkan kalau jus jeruk bisa mencegah batu ginjal.

3. Daun Bunga Dandelion Juga Bisa Cegah Batu Ginjal

Bunga Dandelion pada umumnya hanya dinikmati sebagai hiasan saja dan terfokus pada keindahan bunganya saja. Tahukah anda, kalau daun dari Dandelion ini ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan dan diantaranya adalah sebagai bahan herbal pencegah batu ginjal. Kandungan kalsium pada daun dandelion ini dapat menurunkan resiko dari terjadi adanya batu ginjal.

Semangkuk daun Dandelion ini punya kandungan sekitar 103mg kalsium, dan ini merupakan nilai harian yang disarankan yaitu 10 persennya saja. Penyajian daun dandelion ini bisa dengan cara dimasak dan dicampur dengan masakan tapi bisa juga dengan kita buat menjadi jus.

4. Jus Lemon

Kandungan vitamin dan juga mineralnya yang terkandung didalam jus lemon ini sangat tinggi jika dibandingkan dengan jus jeruk seperti yang sudah saya ceritakan tadi. Jus lemon sangat cocok untuk mencegah terjadinya batu ginjal. Minum 2 liter jus lemon dalam sehari akan menjadikan sitrat didalam urine meningkat dan ini merupakan cara mencegah batu ginjal secara alami.

5. Selada

Umumnya kalau kita berbicara mengenai selada ini pasti kita berpikirnya tentang salad. Selada tidak cuma memberikan banyak sekali vitamin namun juga daun selada ini dapat mencegah terbentuknya batu ginjal. Penyebab batu ginjal biasanya dikarenakan kekurangan cairan. Hasil penelitian dari Annals of Internal Medicine menemukan kalau terlalu banyak minum juga dapat menurunkan anda terkena resiko batu ginjal. Makan selada tiap hari juga akan membuat ginjal tetap sehat.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan untuk anda mengenai hal-hal yang berkaitan dengan masalah ganguan ginjal dengan judul artikel Tips Cara Cegah Batu Ginjal Secara Alami yang bisa saya sampaikan untuk anda semua. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan jangan lupa untuk vote gplus dr OZ dan share info ini baik melalui facebook maupun twitter.