Mar 5, 2015

Tentang Kesehatan Gigi : DR OZ Tips Perawatan Mengatasi Gigi Kuning Perokok Berat

Tentang Kesehatan Gigi : DR OZ Tips Perawatan Mengatasi Gigi Kuning Perokok Berat - Peringatan mengenai bahaya merokok mungkin bukanlah hal yang baru untuk anda. Namun kenyataannya peringatan kesehatan ini lebih banyak tidak dipedulikan hingga suatu waktu kebiasaan ini malah mengurangi rasa percaya diri anda terutama jika merusak kondisi gigi dan bau mulut. Bersama drg. Armelia Sari kami dari Dr. OZ Indonesia akan membahas masalah kesehatan gigi pada perokok.

Masalah tentang kesehatan gigi seperti apa yang biasa dialami oleh perokok ?

Gigi yang sering bermasalah pada pasien yang merokok adalah terbentuknya stain atau pewarnaan pada gigi yang berwarna biasanya kecoklatan atau kehitaman pada permukaan gigi terutama yang lebih sering itu dibagian dalam. Walaupun kadang sampai kedepan juga bisa, tapi lebih sering dibagian dalam yang menyebabkan warna kehitaman atau kecoklatan yang disebabkan oleh nikotin yang terdapat pada rokok tersebut. Selain itu juga bisa dikarenakan oleh kafein. Jadi juga bisa terjadi bukan hanya pasien perokok, tetapi pasien dengan konsumsi teh atau kopi yang sering itu juga dapat terjadi stain.
"Stain adalah noda pada permukaan gigi yang berwarna coklat bahkan kehitaman."

Kebiasaan seperti apa yang menyebabkan gigi perokok bisa menjadi kecoklatan hingga kehitaman ?


Pada pasien yang merokok, itukan dari rokok itu terdapat nikotin. Nah nikotin itu menyebabkan terbentuknya pewarnaan atau stain pada permukaan gigi yang warnanya kehitaman atau kecoklatan.
Tentang kesehatan gigi, apa penyakit yang lebih parah dari perokok pada gigi ?
Kalau pada pasien merokok selain terbentuknya stain biasanya rokok itu juga bisa menyebabkan pewarnaan pada gusinya. Jadi biasanya orang yang merokok gusinya warnanya lebih gelap atau ada biasanya kecoklatan, karena seharusnya warna gusi itu pink muda. Selain itu pewarnaan pada gigi juga akan menimbulkan bau mulut yang tidak sedap pada pasien yang merokok.

Solusi seperti apa yang disarankan untuk perokok berat ?

Untuk perokok berat karena sudah terbentuk stain tadi, maka kita harus melakukan pembersihan dari stain tersebut. Untuk pembersihan stain itu memang selama ini kita hanya diketahui dengan cara menggunakan scalling atau pembersihan karang gigi dengan menggunakan alat ultra sonic. Alat itu bergetar apabila disentuhkan pada email gigi, jadi  dia seperti copot stainnya saja sedangkan emailnya tidak rusak karena getaran itu. Tetapi itu butuh proses yang lama apabila stainnnya banyak. Jadi kalau perokok berat itukan biasanya emailnya hitam semua warnanya baik didepan atau dibelakang gigi. Nah itu kalau pakai alat yang manual maka sangat lama untuk membersihkannya.

Sekarang kita punya tehnik yang lebih baik lagi untuk membersihkan stain itu dengan Air Polishing Cleaning System, dimana tehnik ini menggunakan penyemprotan angin, air dengan pasir sodium atau kalsium yang disemprotkan pada permukaan email yang ada stainnya tadi sehingga dia lepas. Alat air polishing and system cleaning ini selain untuk membersihkan stain dia bisa untuk membersihkan bio film dan plak pada gigi. Dengan menyemprotkan alat ini maka kumpulan bakteri pada gigi tersebut akan menjadi bersih.
"Bio film adalah kumpulan bakteri pada permukaan gigi yang tidak terlihat oleh mata."
Keunggulan Membersihkan Gigi dengan Alat Air Polishing  Cleaning System
 Keunggulan dengan menggunakan sistem ini adalah membersihkan daerah-daerah yang susah disentuh atau susah dibersihkan oleh alat ultrasonic biasa. Misalnya pada sela-sela gigi, karena sela gigi sempit sekali susah untuk membersihkannya dengan alat ultra sonic. Oleh karena itu kita membutuhkan penyemprotan dengan air polishing and cleaning system ini. Biasanya membersihkan dengan tehnik ini juga ideal untuk pasien dengan penggunaan vineer ataupun pasien dengan penggunaan behel. Karena dengan sistem ini alat kita tidak menyentuh secara langsung terhadap gigi ataupun behelnya hanya disemprot dengan air, angin dan juga pasir.

Sedangkan dengan memakai alat manual biasa itu dia menyentuh dan digetarkan. Jadi pasien dengan gigi yang memakai behel atau vineer dan dibersihkan dengan alat ultrasonic biasa karena sering menyentuh dia bisa lepas. Tetapi dengan menggunakan sistem air polishing and cleaning system ini dia lebih baik, karena tidak kontak langsung hanya disemprotkan saja.

Bagaimana tahapan teknik mengatasi gigi kuning dan pembersihan noda pada gigi ?
  • 1. Pengecekan gigi dan gusi. Setelah gigi kita lihat ternyata banyak terdapat stain dan plak pada permukaannya maka kita lakukan penyemprotan pada bagian tersebut secara perlahan-lahan.
  • 2. Penyemprotan pada bagian yang terdapat stain atau noda.
Berapa kali perawatan gigi dan pembersihan noda gigi yang disarankan bagi perokok berat ?

Untuk perokok berat saya sarankan untuk melakukan pembersihan stainnya itu 1-3 bulan sekali. Pada perokok berat karena dia sering merokok jadi asapnya lebih banyak terpapar pada permukaan email gigi. Oleh karena itu stain terbentuk akan lebih banyak dan lebih cepat pada pasien dengan perokok berat. Saya sarankan tentu saja untuk mengurangi frekuensi merokok kalau bisa, tetapi kalau tidak maka perokok harus lakukan pembersihan gigi seperti biasa yaitu menggosok gigi dengan rajin dua kali sehari dan juga rutin untuk membersihkan stain setiap 1-3 bulan sekali.

Untuk teknik menyikat gigi yang baik dengan menggunakan teknik bass, yaitu dengan cara menyikat gigi 45 derajat diantara gusi dan gigi lalu sikat digetarkan digosok dan ditarik keatas. Jadi gusi tadi yang sudah terbuka tidak tambah kebawah. Nah itu tadi pembahasan mengenai  

Tentang Kesehatan Gigi : DR OZ Tips Perawatan Mengatasi Gigi Kuning Perokok Berat.