Oct 16, 2014

7 Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Melakukan Pekerjaan Sampai Lembur

7 Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Melakukan Pekerjaan Sampai Lembur -  Kerja lembur adalah pekerjaan seseorang yang telah melampaui batas waktu kerjaannya yang normal, biasanya disebabkan karena adanya tugas-tugas yang terlalu menumpuk, ada lagi penyebabnya yakni terkadang gara-gara waktu yang sangat mepet sekali dan juga terkadang karena mau tutup buku di akhir tahun maupun di akhir bulan. Sehingga semua karyawan pun diharuskan untuk menyiapkan tenaga yang fit untuk mengerjakan pekerjaan dimalam hari dengan tanpa berhenti karena karyawan diharuskan untuk secepatnya menyelesaikan pekerjaan pada waktunya. Artikel sebelumnya tentang Manfaat Minum Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Terkadang ketika pada saat anda sedang melakukan pekerjaan yang lembur, biasanya penyakit seperti ngantuk, badan terasa letih dipastikan akan menyerang anda. Sehingga terkadang hanya gara-gara seperti itu bisa kehilangan konsentrasi anda dan bahkan anda pun bisa sampai sakit tidak enak badan karenanya. Jadi, bagaimanakah cara untuk mengatasi serangan penyakit ketika lembur agar badan tetap sehat dan juga pekerjaan pun berjalan sangat sukses. Berikut adalah 7 tips buat anda yang sedang membutuhkannya.
7 Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Melakukan Pekerjaan Sampai Lembur

1. Tidur Anda Harus Dicicil
Memang yang namanya kerjaan lembur itu dapat mengurangi waktu istirahat kita. Namun sebenarnya jika anda tahu ini ada caranya yaitu anda harus bisa "mencicil waktu tidur" anda saat sebelum hari pekerjaan itu dimulai, dan sebaiknya pula anda harus bisa menjaga kondisi waktu istirahat anda dengan melakukan istirahat minimalnya 7 jam saja dalam sehari. Jika dirasa itu bisa anda lakukan, maka sebaiknya gunakanlah waktu tersebut untuk memejamkan mata disiang hari walaupun hanya sebentar namun itu sangat berarti bagi kesehatan tubuh anda.

2. Makanan Bergizi
Kekurangan tidur dan sibuknya pekerjaan akan semakin memudahkan seseorang cepat terkena serangan penyakit. Maka dari itu, cara selain dengan mencicil waktu istirahat tidur anda, jagalah kondisi kesehatan tubuh anda dengan caranya banyak-banyak mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi. Konsumsilah asupan yang bergizi tinggi akan protein-nya yaitu seperti makan dada ayam dan bisa juga makan ikan salmon. Kemudian, hindarilah seperti makanan yang mengandung karbohidrat agar supaya dapat mencegah penyakit seperti mata mengantuk pada saat kerja lemburan. Selain mengkonsumsi makanan yang sudah kami sebutkan tadi, anda pun diperbolehkan memakan makanan cemilan kacang-kacangan yang akan kaya dengan protein.

3. Penerangan Lampu Ruangan Maksimal
Ketika anda lagi mengerjakan pekerjaan lemburan, anda harus memastikan penerangan lampu dari ruangan kerjaan anda menyala dengan sangat terang sekali. Karena kalau lampu di ruangan pekerjaan anda meredup, akan menyebabkan tubuh anda bisa membaca keadaan bahwa redupnya penerangan menandakan saatnya untuk istirahat tidur. Dan satu lagi, hindarilah menggunakan penerangan lampu dikantor anda dengan sebuah lampu yang cahayanya berwarna kekuningan, karena menurut para peneiliti bahwa lampu tersebut dapat membuat mata anda menjadi ngantuk berat.

4. Mengatur Daftar Tugas
Pada saat semakin malam hari kemampuan konsentrasi anda akan menjadi lebih berkurang. Padahal waktu tersebut anda sedang melakukan pekerjaan yang bisa dikatakan itu adalah tugas utama anda yang terpenting buat kantor. Maka dari itu, sebaiknya kerjakanlah pekerjaan yang terberat seperti pekerjaan menghitung atau juga pekerjaan yang butuh banyak berpikir harus didahulukan dulu. Karena jika tugas yang sudah kami sebutkan telah selesai, maka barulah selesaikan tugas-tugas biasa yang anda lakukan tiap hari seperti anda mengatur berkas-berkas dokumen kantor.

5. Menyediakan Minuman Kopi
Kerja lembur maupun tidak kerja lembur, minuman kopi sering kali menjadi andalan para pekerja atau karyawan agar tetap membuat mereka bisa terjaga. Namun yang perlu diketahui cara meminum kopi pun ada strateginya. Konsumsilah minuman yang berkafein disaat anda sedang melakukan pekerjaan lemburan dikantor. Karena jika seseorang kebanyakan meminum minuman yang berkafein akibatnya akan menyebabkan timbulnya gejala maag bagi seseorang yang perutnya sensitif terhadap kopi.

6. Suhu Ruangan Kantor Harus Hangat
Ketika akan mengerjakan pekerjaan lemburan hingga pagi hari, anda harus memastikan ruangan kantor jangan sampai terlalu dingin udaranya. Karena temperatur sebuah suhu ruangan kantor anda hangat, itu akan mencegah kondisi badan anda untuk tidak terserang penyakit. Hal tersebut, dikarenakan penyebab penurunan suhu tubuh pada seseorang yang melakukan pekerjaan lembur semalaman hingga melewati jam 3 atau jam 4 dini hari disitulah kondisi tubuh seseorang akan semakin menurun.

7. Harus Tidur Pagi Hari Minimal 2 Jam
Memang kebanyakan perusahaan selalu menuntut para pekerjanya agar tetap bisa masuk untuk bekerja kembali walaupun sudah mengerjakan pekerjaan kantor hingga lembur sampai malam, memang dipastikan anda akan mendapat beberapa keringan. Supaya kondisi tubuh anda tetap bugar kembali dihari itu, anda setidaknya harus meluangkan waktu untuk tidur minimal 2 jam saja itu pun saat pekerjaan lemburan anda telah selesai. Kalau posisi anda diharuskan untuk pulang dirumah, anda harus hindari hal seperti menyetir kendaraan sendiri. Karena kebanyakan seseorang setelah mengerjakan pekerjaan lemburan selama satu hari sampai tidak tidur itu akan sangat berbahay sekali.

Jika informasi tips kerja lembur yang sudah kami berikan ini sangat bermanfaat bagi anda, yuk berbagi dengan cara share ke teman-teman yang lain via sosmed facebook, twitter, path dan lainnya. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada anda karena sudah mau melihat ulasan berita mengenai 7 Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Melakukan Pekerjaan Sampai Lembur tersebut ini. Kami juga mohon maaf jika ada kata-kata yang menurut anda kurang berkenan atau tak baik bagi semua orang yang menyimaknya sekali lagi kami meminta maaf sebesar-besarnya.