Sep 8, 2014

Gejala Penyakit Batu Ginjal, Penyebab dan Metode Penanganan Pengobatan Batu Ginjal

Gejala Penyakit Batu Ginjal, Penyebab dan Metode Penanganan Pengobatan Batu Ginjal - Informasi tentang batu ginjal dan pengobatannya, penyebab batu ginjal, gagal ginjal, gejala batu ginjal, obat batu ginjal di dr. Oz Episode tentang ginjal. Bagi anda yang sedang menderita batu ginjal mungkin akhirnya badan anda terpaksa harus menjalani berbagai terapi ginjal.  Saat ini kita akan membahas berbagai penanganan batu ginjal. Pada artikel sebelumnya tentang Terapi Wasir dan Pengobatannya

Batu ginjal ini memang salah satu penyakit yang paling sering kita temukan di klinik urologi, batu dan pembesaran prostat sebagai masalah utama di Indonesia saat ini.  Nyeri yang hebat pada penyakit batu ginjal itu bila suda terjadi sumbatan. Saluran itu dari ginjal sampai keluar melalui uretra, apabila dia berada di saluran yang sempit atau menimbulkan penyumbatan biasanya terjadi peregangan, itulah yang sangat sakit yang disebut nyeri kolik. Itu biasanya pasien pasti akan datang ke rumah sakit untuk meminta pertolongan. 

Pengobatan Batu Ginjal

Gejala Penyakit Batu Ginjal, Penyebab dan Metode Penanganan Pengobatan Batu Ginjal
Pengobatan batu ginjal ini kita membagi berdasarkan ukuran batunya kemudian gejala yang dialami pasien. Secara umum kita membagi 5 penanganan pengobatan batu ginjal
  • 1. Konservatif - penanganan yang menggunakan obat. itu diberikan untuk batu ginjal yang ukurannya kecil. Ukurannya sekitar kurang dari 5 milimeter. Perlu diingat bahwa batu itu sebenarnya tidak hancur, jadi batu ginjal tsb dipaksa untuk keluar dari saluran .
  • 2. ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy) untuk menghancurkan batu ginjal dengan gelombang kejut dari luar tubuh yang diproyeksikan ke batu ginjal untuk menghancurkan batu ginjal menjadi pecahan serpihan kecil-kecil, yang kemudian bisa dikeluarkan tanpa nyeri sama sekali.
  • 3.  PCNL (Percutaneous Nephrolithopsy)  yaitu menghancurkan batu ginjal dengan bantuan endoskop atau pengeboran Ginjal - Memasukkan kamera kedalam ginjal melalui proses pengeboran, kemudian setelah objek terdeteksi maka akan dihancurkan. kemudian dengan menggunakan alat khusus batu ini akan dikeluarkan dan ditarik keluar.
  • 4. Laser - Apabila batu ginjal itu sudah turun kedalam saluran uretra maka kita bisa menggunakan teropong. tropong itu dimasukkan melalui lubang kencing dan batu dipecah dengan menggunakan laser kemudian disedot keluar.
  • 5. Operasi terbuka - cara ini sudah mulai ditinggalkan di kedokteran indonesia.

Komplikasi Batu Ginjal

Komplikasi akhir dari penyakit batu ginjal adalah gagal ginjal. Sebelum gagal ginjal komplikasinya bisa seperti infeksi, nyeri berulang, kencing berdarah, dan yang paling kita takuti adalah kalau terjadi gagal ginjal.

Gagal ginjal, jika sudah terjadi penyakit komplikasi dari batu ginjal ini maka si pasien harus melakukan cuci darah seumur hidupnya.

Terbentuknya Batu Ginjal

Proses awal terbentuknya batu ginjal multi faktorial ya, tetapi yang secara sederhana faktor umum yang sering menyebabkan batu ginjal adalah kurang minum air putih.  Karena ini terjadi metabolisme yang kemudian terjadi pengentalan. dia mengental, dan terbentuk kristal-kristal akibat dari urin yang mengental. Oleh karena itu maka kita harus banyak minum supaya tidak terjadi pengentalan sehingga pengkristalan tidak terjadi.

Minumlah air putih sebanyak 8 gelas sehari minimalnya atau sekitar 2 liter perhari.

Makanan yang sebaiknya anda hindari agar tidak terjadi batu ginjal ini adalah makanan yang banyak mengandung kalsium oksalat seperti bayam, kacang, dll. Nah itu saja yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat anda telah membaca artikel dengan judul Gejala Penyakit Batu Ginjal, Penyebab dan Metode Penanganan Pengobatan Batu Ginjal