Jul 6, 2014

Cara Mengobati Sakit Maag dan Asam Lambung

Cara Mengobati Sakit Maag dan Asam Lambung - Apakah anda pernah merasakan perut anda terasa penuh seperrti diisi oleh balon gas dan perlahan-lahan keluar melalui kerongkongan ? Mungkin anda mengalami gangguan asam lambung. Asam lambung merupakan cairan asam alami yang diproduksi untuk mengaktifkan enzim yang berguna untuk pencernaan. Namun pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat seperti makan yang terburu-buru, tidur setelah makan hingga kebiasaan merokok dan minum alkohol dapat meningkatkan produksi asam lambung yang berlebihan. Kenali gejala asam lambung tinggi berikut ini.

Gejala asam lambung


Pernahkah anda mengalami gejala asam lambung ? Ternyata ada beberapa situasi yang menyebabkan masyarakat kita agak sedikit sulit membedakan antara gejala asam lambung dan sakit maag. Walaupun istilahnya nama asam lambung itu identik masyarakat kita itu menyebutnya maag. Ada satu hal yang sederhana sekali yang bisa dipahami untuk gejala asam lambung ini biasanya gejala ini muncul setelah habis makan. Jika sehabis makan, maka didalam perut akan ada rasa seperti gas yang perlahan-lahan naik melalui kerongkongan dan itu merupakan gejala asam lambung. Kalau sakit maag itu definisinya lebih banyak lagi.


"Asam lambung biasanya dirasakan setelah makan dan akan terasa seperti gas yang naik hingga tenggorokan."

Bicara mengenai asam lambung, asam lambung ini sebenarnya masih dibutuhkan dalam kadar yang seimbang untuk membantu proses pencernaan. Kecuali kalau kadar asam lambungnya berlebihan ini dikenal dengan nama GERD (Gastro Esophagel Reflux Disease) yaitu keadaan dimana asam lambung berlebih.

Nah untuk bicara mengenai gangguan karena asam lambung yang berlebih kita akan diskusi lagi lebih dalam.

Ciri Ciri Asam Lambung Naik

Pada suatu keadaan dimana gas sudah naik ke atas kerongkongan ini biasa disebut dengan penyakit GERD atau gastro esophagel reflux disease. Jadi rasa kembung tadi, rasa gas itu kemudian juga asam lambung naik keatas kadang-kadang bikin panas dada dan mulut pahit merupakan gejala asam lambung yang berlebihan. Secara normal harusnya asam lambung tidak naik, tetapi jangan-jangan ada gangguan yang lain seperti gangguan klep pada kerongkongan (di perbatasan antara kerongkongan dan lambung) atau lambungnya itu sudah terlalu lama kosong. Jadi kalau lambung kita sering kosong dalam jangka waktu yang lama maka asam lambung yang berlebihan dan terkumpul maka akan naik keatas.

Makanan Pemicu Asam Lambung

Makanan-makanan yang mengandung kafein seperti kopi dan alkohol merupakan makan dan minuman yang bisa memicu asam lambung berlebihan. Kemudian ada juga yang membuat lambung kita kosong lebih lambat atau istilahnya makanan yang membuat pengosongan lambung menjadi lambat yaitu coklat dan keju.

Bagaimana dengan makanan asam pedas ? Jika memang lambung anda sudah ada luka, maka bahan makanan yang asam dan pedas ikut berperan memperberat kondisi lambung kita. Makanya akan menimbulkan keluhan yang tidak nyaman, tidak enak. Tidak semua nyeri pada bagian perut sakit dada panas adalah gejala asam lambung. Apakah ada gejala lain yang lebih spesifik untuk gejala asam lambung ?

"Coklat dan Keju bisa membuat pengosongan lambung menjadi lambat."

Jadi kalu sakit maag itu di lambung dan disertai nyeri di dada memang belum tentu kita diagnosa bahwa itu adalah asam lambung. Karena didaerah ulu hati ada organ-organ yang lain. Ada empedu, liver, atau bahkan ada dari bagian bawah jantung itu jika dia kebetulan ada penyempitan di sana itu bisa menimbulkan nyeri yang sakit luar biasa. Gejala dengan ciri-ciri seperti orang sakit asam lambung itu bisa saja merupakan penyakit serangan jantung. 


Obat Herbal Alami Atasi Sakit Maag
Biasanya pada masyarakat kita umumnya, jika terkena gejala asam labung yang tinggi maka solusi yang pertama dan sederhana dilakukan adalah meminum air hangat untuk menetralisir gejala asam lambung tinggi atau bisa juga dengan memninum teh manis dan antasida untuk meringankan gejala asam lambung.

Apakah anak-anak bisa terkena penyakit asam lambung atau maag ?
Semua bisa terkena dengan asam lambung naik ini. Justru saat ini makin banyak saja anak-anak antara usia 13 tahun sudah mempunyai masalah dengan asam lambungnya. Hal ini disebabkan karena pola makan, fast food, juga anak-anak cenderung suka dengan makanan yang pedas.

Makanan Yang Bisa Mengurangi Asam Lambung :
  1. Susu Low Fat (rendah lemak)
  2. Air Putih hangat

Makanan Yang Harus di Hindari Bagi Penderita Asam Lambung :
  1. Keripik, karena rasa asinnya yang bisa merangsang asam lambung berlebihan.
  2. Makan Terburu-buru
  3. Penyedap Rasa (MSG) Vetsin
  4. Buah Asam, seperti lemon, jeruk, strawberry
  5. Makanan Pedas

Apakah asam lambung bisa disembuhkan? Ya, tentu saja bisa dengan cara memperbaiki gaya hidup, pola makan, stress dan mengobati lambung yang sakit. Karena selai dari faktor makanan, hal-hal tadi juga ikut berperan pengaruhi asam lambung naik. Belum tentu semua asam lambung karena telat makan. Jadi pengendalian diri itu yang terpenting.

Nah setelah anda membaca artikel ini semoga bisa bermanfaat. Jika keluhan dengan gejala asam lambung tinggi ini masih berlanjut terus menerus maka sebaiknya segera periksakan ke dokter, karena ada ancaman yang  berisiko yaitu kanker lambung. Jangan lupa untuk like dan share informasi ini ke teman-teman anda agar banyak orang yang tertolong dengan sakitnya. Terimakasih salam sehat Indonesia