Apr 17, 2014

Gejala, Penyebab dan Obat Herbal Alami Sakit Gondok

Gejala, Penyebab dan Obat Herbal Alami Sakit Gondok - Salam sehat pemirsa setia dokter oz Indonesia. Apa kabar semuanya? tentunya sehat yang kita harapkan. Pada kesempatan ini saya akan menjawab pertanyaan dari Mbak Dewi Elmalasari  tentang Gondok. Buat Anda yang ingin bertanya silahkan kirimkan perrtanyaan Anda ke email Dr. OZ Indonesia di  droztranstv@gmail.com, atau Anda bisa kirim via inbox facebook DR. OZ Indonesia

Kali ini saya akan jawab pertanyaan yang masuk di time line facebook saya dari Dewi Elmalasari, berikut ini pertanyaannya :
"Dok saya mau tanya,, kalau banyak meniup apakah dapat mengakibatkan gondok"

Terimakasih atas pertanyaannya mengenai apakah banyak meniup bisa mengakibatkan gondok?  Perlu kita ketahui bersama, gondok adalah suatu gejala pembesara pada kelenjar gondok atau tiroid yang biasanya terletak pada bawah pangkal tenggorokan pada depan leher kita.

Ada dua macam penyakit gondok, yaitu yang pertama adalah penyakit gondok biasa dan yang kedua adalah gondok hipertiroid.

Gondok biasa sebenarnya tidak menunjukkan gejala bahaya yang tidak serius, namun hal ini tidak bisa dianggap sepele karena jika didiamkan saja maka akan menjadi jenis gondok hipertiroid atau gondok beracun.

Penyebab Sakit Gondok

Biasanya yang lazim terjadi jika terjadi sakit gondok adalah karena kurangnya kadar yodium pada tubuh kita. Kurangnya kadar yodium ini akan menyebabkan gangguan pada kelenjar tiroid yang akan mengganggu kelenjar tiroid tidak dapat memproduksi hormon tiroid. Jika hormon tiroid yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid tidak optimal, maka yang terjadi adalah tubuh kita kekurangan zat yodium yang bisa mengakibatkan terjadinya penyakit gondok.

Gejala, Penyebab dan Obat Herbal Alami Sakit Gondok
Source foto: Mayo Foundation for Medical Education and Research

Gejala Tanda Tanda Gondok

Berikut ini cara mudah untuk mengenali gejala penyakit gondok. Jika dalam penyakit gondok pada jenis penyakit gondok yang biasa, akan terlihat tonjolan pembengkakan pada leher. Nah, jika pembengkakan ini sampai menekan pada bagian saluran pencernaan dan saluran pernafasan akan mengakibatkan sulit untuk menelan makanan dan bernafas.

Solusi dan Pencegahan penyakit Gondok

Cara termudah untuk mencegah penyakit gondok ini adalah Anda bisa konsumsi garam beryodium pada setiap makanan yang akan Anda makan terutama pada jenis makanan sayur atau yang lainnya. atau Anda coba hindari beberapa makanan berikut ini seperti : kol, kedelai, kacang polong, bayam, kacang tanah  dan stawberry karena makanan ini mengandung suatu zat yang bisa mengurangi hormon tiroksin dalam tubuh kita. Jika kondisi penyakit gondok yang kita derita sudah membesar dan tidak kunjung mengecil, maka jalan terbaik adalah operasi.

Obat Herbal Alami Tradisional Gondok

Untuk pengobatan secara herbal alami dan tradisional, berikut ini adalah obat herbal untuk penyakit gondok yang saya ambil dari Ramuan Lengkap Herbal  dari Prof. H. Hembing.

Obat Alami Gondok - Resep 1

  • Temu Putih yang segar sebanyak 30 gram
  • Daun Sambiloto yang kering sebanyak 10 gram

Cara : Temu putih dan sambiloto direbus dalam air sebanyak 600 cc, kemudian sisakan hingga tersisa air rebusan itu sekitar 300 cc.  Obat Alami Gondok ini bisa digunakan untuk 2 kali minum dalam sehari.

Obat Herbal Gondok - Resep 2

  • Benalu teh yang dalam keadaan kering sebanyak 30 gram
  • Daun dewa dalam keadaan masih segar sebanyak 30 gram

Cara : kedua bahan direbus dalam air 700 cc dan sisakan hingga 300 cc, kemudian di saring. Porsi ini bisa buat untuk minum 2 kali dalam sehari.

Kesimpulan

Dari pertanyaan yang disampaikan oleh Mbak Dewi Elmalasari  tentang Gondok dan dari beberapa data dan fakta diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pada kegiatan "meniup" tidaklah bisa dijadikan landasan yang mengakibatkan timbulnya gondok atau penyakit gondok. Nah, meniup tidak mengakibatkan gondok.

Semoga artikel ini bisa menjawab pertanyaan dari rekan rekan setia pemirsa Dr.oz Indonesia. Yuk kita budayakan SHARE artikel ini agar banyak orang tertolong dari penyakitnya dengan membaca tulisan ini.