Oct 19, 2015

Apakah Keputihan Gejala Dari kanker ?

Apakah Keputihan Gejala Dari kanker ? Keputihan adalah salah satu masalah yang klasik dan sudah terbiasa terjadi pada wanita. Sangat ironis sekali masih banyak dari kaum wanita ini entah tidak sengaja atau bagaimana, banyak yang tidak tahu mengenai keputihan dan juga penyebab dari keputihan. Tahukah anda, kalau keputihan ini jika tidak segera ditangani maka akibatnya bisa fatal bagi kesehatan reproduksi wanita. Bahaya jika Keputihan dibiarkan saja adalah akan terjadi kemandulan dan juga terjadi kehamilan ektopik yaitu suatu kehamilan di luar  rahim. Tahukah sahabat, selain itu Keputihan juga adalah gejala awal dari penyakit kanker rahim yang biasanya tandanya dengan dimulai adanya keputihan.

Keputihan menurut wikipedia yaitu proses keluarnya cairan dari area kewanitaan, dan cairan ini punya berbagai macam karakteristik mulai dari konsistensinya sampai pada warnanya, keputihan itu ada yang berbau amis, ada juga keputihan yang tidak berbau, keputihan berwarna kekuningan, keputihan seperti susu, dengan disertai juga rasa gatal dan ada juga yang tidak gatal.

Jangan Sepelekan Keputihan


Keputihan ini dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu pertama adalah Keputihan Fisiologis dan yang kedua adalah Keputihan Patologis. Adapun penyebab dari Keputihan yang fisiologis ini biasanya disebabkan oleh karena proses perubahan hormonal bulanan yang terjadi pada wanita dalam masa subur, bahkan seringkali juga area kewanitaan akan mengeluarkan cairan yang sangat berlebihan sekali, dan inilah yang kemudian sering kita namakan dengan keputihan, sedangkan ciri-ciri keputihan fisiologis yaitu :

Ciri Ciri Keputihan Fisiologis


  1. Tidak berbau.
  2. Tidak gatal.
  3. Jumlah cairan biasanya sedikit.
  4. Konsistensinya akan encer dan juga bewarna bening.

Baca Juga :  Obat Keputihan Gatal di Apotik Yang di Jual Bebas


Sedangkan untuk ciri ciri keputihan yang patologis itu karakteristiknya adalah sebagai berikut :


  1. Biasanya pasti bau, baik itu bau keputihannya yang amis atau bahkan berbau sangat busuk
  2. Terjadi gatal-gatal
  3. Keluar cairan yang banyak sekali
  4. Cairannya agak kental, kadang ada yang warna keputihan seperti susu, kadang yang lebih parah berwarna kuning kehijauan keputihannya
  5. Penyebab dari keputihan bisa dikarenakan oleh kurang menjaga kebersihan seputar kewanitaan, stress berlebihan, penggunaan obat tertentu, dan yang paling banyak terjadi adalah karena jamur, kemudian parasit, bakteri dan juga virus.

Cara mengobati keputihan sebenarnya sangat mudah sekali, kita bisa mencegahnya dengan pola hidup yang bersih dan rajin untuk merawat dan membersihkan area kewanitaan. Ada baiknya jika anda setelah selesai mandi, sebelum menggunakan celana dalam, keringkan terlebih dahulu area kewanitaan dengan tisu atau handuk lembut. Baru setelah itu anda pakai celana. Harap diperhatikan juga, jangan menggunakan celana dalam yang bahannya selain dari katun. Jika bukan katun bahannya akan mengakibatkan memicu lembab, dan lembab sangat disukai bakteri pemicu keputihan. Sebaiknya kurangi juga aktifitas yang bisa memicu stress dan lelah.

Bahaya keputihan berlebih bisa menyebabkan terjadinya kanker serviks atau kanker mulut rahim. Nah, sebaiknya sejak dini usia muda para wanita muda harus sudah tau akan bahaya keputihan jika dibiarkan saja tanpa perawatan kebersihan. Silahkan share informasi ini untuk dibagikan kepada teman yang lain. Dengan begitu anda telah ikut andil membantu kesehatan para wanita Indonesia agar terbebas dari keputihan dan kanker serviks. Terimakasih.