May 26, 2015

4 Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Sahur

4 Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Sahur - Sudahkah Anda Konsumsi 4 Makanan Wajib Saat Sahur Ini? Memilih menu makan sahur yang pas bisa memberikan energi yang maksimal sehingga Anda bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik.  Nah sebaiknya kita harus tahu makanan apa saja yang bagus untuk dikonsumsi di saat sahur ? Update sebelumnya 6 Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan. Menu makanan saat sahur yang sebaiknya kita makan agar badan kita tidak lemas saat puasa sangat penting diperhatikan. Walaupun rasa haus, lapar dan lemas saat puasa kita bisa mensiasatinya agar tubuh tetap semangat dan segar dan menjalankan pekerjaan kita setiap harinya. Menu wajib saat sahur sebaiknya harus terpenuhi beberapa nutrisi sebagai berikut yaitu karbohidrat, cukup proteinnya, makanan mengandung serat, vitamin dan juga mineral.

Untuk menjaga kesehatan kita dalam menjalankan ibadah puasa, maka sangat penting agar kita mengatur pola makan saat sahur dan berbuka puasa. Nah dalam hal ini yang perlu ditekankan adalah menu makan sahur. Dibawah ini akan saya list beberapa makanan yang bagus dikonsumsi di saat sahur.

Doa Saat Sahur


Menu Makan Sahur Sehat

1. Makan Sahur Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat merupakan bahan bakar utama tubuh kita untuk beraktivitas baik fisik ataupun mental. Makanan yang mempunyai tingkat tahan lama dan tidak akan menimbulkan cepat lapar yaitu makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Seperti apa sih contoh makanan dengan karbohidrat kompleks ? Contohnya adalah gandum utuh, buah-buahan, sayuran hijau, biji-bijian, kemudian susu dan produk dari kedelai.

2. Minum Air Putih Saat Sahur

Supaya kondisi tubuh tidak cepat dehidrasi saat berpuasa, maka di saat sahur anda harus makan dan minum yang mengandung unsur air. Contohnya adalah makan sayur sup, makan buah-buahan dengan kandungan air yang banyak dan juga sayuran. Jangan lupa juga minum air putih yang banyak, jangan air teh manis ya. Kenapa tidak boleh minum teh manis saat sahur ? teh dan gula memang bisa dengan cepat memberikan energi, namun energi tersebut tidak bisa berlangsung lama. Akibatnya tubuh akan dengan cepat menjadi lemas. Namun jika kita minum air putih, lebih menyehatkan dari pada teh manis maupun kopi.

3. Makan Kurma Saat Sahur

Makan kurma saat berbuka puasa merupakan sunnah jika kita melaksanakannya. Fakta tentang buah kurma kalau kita tahu pasti akan tercengang dibuatnya. Pasalnya buah kurma ini mepunyai beregam jenis dan manfaatnya. Baca juga info lainnya yaitu pada update sebelumnya membahas Manfaat Buah Kurma untuk Buka Puasa

4. Makan Buah Saat Sahur

Buah yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur adalah buah dengan kandungan air yang melimpah. Contoh buah yang bagus dimakan saat sahur adalah buah melon, buah pir dan juga buah jeruk juga. Makanlah buah ini sesaat sebelum makan sahur, kurang lebih sekitar 15 menit sebelum makan nasi saat sahur. Buah-buah ini kaya dengan vitamin dan juga mineral sehingga buah ini dapat mengubah cadangan makanan untuk kemudian dijadikan sumber energi dan juga bisa untuk membantu dalam proses meningkatkan metabolisme pada tubuh.

Nah itu tadi 4 makanan yang saya anjurkan untuk anda untuk menu makan sahur yang sehat. Sebetulnya untuk soal makan baik itu makan sahur dan berbuka puasa tidak harus istimewa ataupun berbeda, usahakan makanan yang sudah biasa sehari-hari kita konsumsi saja.