Nov 29, 2014

Tips Menu Diet Paleo Ala Manusia Purba

Tips Menu Diet Paleo Ala Manusia Purba - Nah sekarang ini banyak juga yang bertanya tips Aurel untuk menurunkan berat badan . Sejauh apa sih gambarannya ? Diet ala Aurel ini intinya adalah tidak makan nasi, baik itu nasi putih, nasi merah atau jenis nasi yang lainnya. Aurel cuma makan buah, sayur, dia tidak makan daging juga. Keluhan awal ketika menjalankan diet ketat ini Aurel merasakan pusing, lemes, dan karena sudah mulai terbiasa ya kini Aurel tidak merasakan hal tadi. Untuk melihat lebih lengkap, klik saja link penjelasan mengenai diet ala Aurel Hermansyah ini.

Nah kali ini saya ingin memperkenalkan diet yang sepertinya belum begitu populer yaitu diet ala manusia purba atau kita kenal dengan istilah "diet paleo". Nama diet ini diambil dari nama pada jaman purba yaitu Paleolitikum. Nah diet paleo ini akan diterangkan oleh dr. Ivander Utama,  F.Mas, SpOG sebagai seseorang yang sudah menjalani diet paleo. Paleo itu adalah kita menyesuaikan diri dengan makanan yang ada disekitar kita yang biasa kita dapatkan sehari-hari. Paleo adalah cara sederhana untuk mengolah makanan dalam artian kitatidak perlu menggunakan cara-cara yang rumit untuk mengolah makanan. Makanan cukup diolah dengan cara yang sederhana seperti cukup ditumis atau dikukus atau di goreng dengan sangat sedikit minyak kemudian dibakar juga itu sudah termasuk dalam diet paleo.

How To Lose Weight on a Paleo Diet
How To Lose Weight on a Paleo Diet

Jadi pada dasarnya diet paleo menggunakan cara minimalis dalam pengolahan makanan, misalnya ditumis. Kita tidak perlu mengolah makanan dengan cara digoreng atau di fried tapi cukup digoreng dengan sedikit minyak saja dan sebaiknya minyak digunakan adalah minyak kelapa.

Diet Paleo Tidak Makan Nasi

Pada diet paleo nasi kita hindari dan diganti dengan sumber karbohidrat yang lain. Terakhir kali dr. Ivander pernah mempunyai berat badan lebih dari 80 kg, kemudian untuk berat badan sekarang antara 59 kg. diet paleo yang dijalankan dr. Ivander sudah satu tahun ini dia geluti, dan tujuan awalnya memang bukan mengejar berat badan tapi yang dia kejar adalah bagaimana pola hidup sehat. Kalau kita hidup sehat otomatis berat badan juga akan turun sendiri.
"Diet paleo dilakukan untuk pola hidup sehat sehingga berat badan akan turun dengan sendirinya"
Jadi jangan kejar berat badannya, karena kalau kita target berat badan dan dalam sebulan berat kita tidak turun, maka kita akan kecewa dan kita berhenti melakukan program diet paleo ini.

Menu Diet Paleo

Sebenernya menu makanan diet paleo ini sederhana, menunya kita konsentrasikan pada jumlah sayuran yang kita makan. Makin banyak jumlah sayuran yang kita makan artinya semakin paleo. Terutama menu diet paleo ini yang berdaun-daunan seperti kangkung, bayam, adalah sayuran yang sangat paleo. Sayuran yang baik dikonsumsi dalam diet paleo adalah jenis sayuran dengan daun seperti bayam dan kangkung, brokoli, kol, baik untuk menu diet paleo.

Menu Makanan Paleo Diet

Menu Makanan Paleo Diet

  • 1. Protein Tinggi. Untuk aturan pola makan secara keseluruhan makan pagi adalah yang terpenting dan menu utama. Dianjurkan untuk makan dengan kandungan protein tinggi misalnya dengan daging, dan ikan. Protein tinggi bisa diperoleh dari daging yang sedikit mengandung lemak.Penyajiannya bisa dibikin steak atau dicincang .
  • 2. Telur. Untuk pemilihan telur sebaiknya dari telur ayam kampung karena sedikit mengandung hormon dan tidak terdapat anti biotik.
  • 3. Karbohidrat Selain Nasi. Alternatif sumber karbohidrat selain dari nasi bisa menggunakan umbi-umbian seperti singkong ataupun kentang. Cara pengolahan terserah apa aja asal jangan digoreng terlalu lama supaya tidak mengandung minyak-minyakan terlalu banyak.

Diet paleo ini menu makanannya bukan merupakan makanan yang diproses, jadi sebagai contoh pada gula pasir, sebenernya itu bukan merupakan bahan makanan yang termasuk kategori paleo karena sudah menagalami proses pengolahan. Contoh lagi pada garam dapur yang lembut itu bukan termasuk diet paleo dan yang masuk kategori paleonya adalah garam kasar yang masih berbentuk kristal-kristal. Sedangkan gula kalau kita butuh rasa lebih manis bisa menggunakan madu sebagai pemanisnya dan itu merupakan diet paleo. Terimakasih sudah membaca Tips Menu Diet Paleo Ala Manusia Purba

Video Dr. Oz Diet Paleo



Tags : diet paleo menu, paleo diet food list, paleo diet recipes, paleo diet review, paleo diet breakfast, crossfit diet paleo, diet paleo adalah, apa itu diet paleo