Jul 27, 2014

Tips Cara Sehat Menyimpan Makanan dalam Kulkas Agar Tidak Bau

Tips Cara Sehat Menyimpan Makanan dalam Kulkas Agar Tidak Bau - Anda mungkin punya kebiasaan dimana kalau udah menjelang awal bulan pasti belanja kebutuhan makanan dalam kapasitas untuk seminggu bahkan dua minggu. Beli buah, sayuran, daging, ikan dan lain-lain. Kemudian disimpan di kulkas, tapi sayangnya tidak sedikit dari anda yang tidak mengerti bagaimana memilah jenis makanan tersebut agar saat anda simpan di dalam kulkas saat akan digunakan tetap optimal kesehatan yang didapatkan.

Tips Menyimpan Makanan Agar Awet di Kulkas:

  1. Kentang. dengan menggunakan potongan kentang dapat menyerap gas-gas yang tidak baik yang berada didalam kulkas. Caranya adalah kentang dipotong-potong kemudian kita sebar di kulkas atau taruh dipojok-pojok bagian kulkas. Ganti kentang ini setiap 3 hari sekali agar tetap fresh dan penyerapannya lebih baik lagi.
  2. Telur. Penyimpanan telur dalam kulkas juga harus diperhatikan jangan asal taruh saja. Coba perhatikan telur mempunyai bagian yang tumpul dan runcing, pada yang tumpul merupakan bagian yang agak datar dan ini adalah berisi kantung udara. Cara menaruh telur didalam kulkas agar cepat busuk adalah tempatkan posisi telur yang bagian tumpul berada diatas, agar kantong udara telur tidak tertekan dan mengakibatkan telur cepat busuk sedangkan bagian yang runcing pada posisi bagian bawah.
  3. Timun dan Tomat. Jika anda ingin menyimpan timun dan tomat pastikan jangan disatukan antara timun dan tomat ini. Harus dipisah ya, karena tomat mengeluarkan gas yang bisa menyebabkan buah timun cepat busuk.Pisahkan sayuran tomat dan timun agar tidak terjadi pembusukan pada timun.
  4. Apel. Bicara masalah apel, apel itu ada satu gas yang apabila penyimpanannya disatukan dengan buah lain yang sudah matang maka akan mengakibatkan buah tersebut cepat busuk. Apel boleh disatukan apabila buah itu belum matang atau masih mengkal. Apel ini mengandung gas ethylen yang mengakibatkan buah tersebut jadi cepat matang. dalam buah apel mengandung gas ethylen yang bisa menyebabkan buah yang mengkel jadi matang.
  5. Daging. Jadi misalnya kalau anda yang dirumah membeli daging yang ada di pasar, usahakan jangan dikeluarkan dari kemasannya dlm hal ini daging yang kita beli dari superrmarket dll. Kenapa hal ini? jadi jangan mengeluarkan daging yang baru dibeli dari tempanya atau kemasannya karena dapat mempercepat proses pembusukan. Tapi kalau kita belinya di pasar tradisional dan sudah terbuka, tempatkan secara khusus dan terpisah. Jadi yang daging ayam punya tempat sendiri, dan daging sapi juga punya tempat sendiri. Untuk penyimpanannya lebih awet dalam freezer.
  6. Ikan. Cara penyimpanannya simpan ditempat khusus dan tutup dengan plastik wrap atau plastik pembungkus. Gunakan plastik pembungkus agar air ikan tidak menetes ke kulkas.
  7. Susu dan Keju. Jika anda suka dengan sumber protein seperti susu, keju, yogurt, disaat anda mengkonsumsi mungkin yang suka lupa itu misalnya minum susu nih, dan kita tuang kedalam gelas, tapi kita tidak bisa menghabiskannya. Maka untuk cara menyimpan susu dari gelas tadi jangan kita menuangkannya lagi kedalam botol susu tempat susu disimpan pertama tadi. Anda bisa menyimpannya di botol plastik lain atau tetap digelas itu dan masukan dalam kulkas. Karena jika anda tuang kembali kedalam wadah asal susu tadi bisa menimbulkan bakteri yang bisa menyebabkan susu akan cepat basi. Untuk keju penyimpanannya bisa dibungkus dengan keras aluminium foil. Keju yang telah dikonsumsi sebaiknya dibungkus dengan aluminium foil agar tetap awet.

Sekian bagaimana cara untuk mensuplai makanan dan makanan itu tetap disimpan dan selalu sehat. Semoga informasi tadi dengan judul Tips Cara Sehat Menyimpan Makanan dalam Kulkas Agar Tidak Bau . menambah wawasan anda terutama bagi ibu-ibu yang suka menstok makanan  sehingga makanan yang disimpan dalam kulkas atau lemari es tersebut tetap sehat dan segar. Setelah ini masih ada loh info-info yang lain jadi jangan kemana-mana tetap setia baca blog dr.oz indonesia. Terimakasih dan salam sehat Indonesia.