Nov 22, 2017

Jus nanas ternyata lebih ampuh asal obat batuk

Nanas tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Namun sayangnya buah ini mempunyai reputasi yg tidak cukup baik berkaitan dengan manfaat kesehatannya, terutama buat kesehatan tenggorokan. Banyak orang yg mencicipi gatal di tenggorokan sehabis memakannya. Padahal buah nanas ternyata mengandung banyak nutrisi dan manfaat kesehatan di dalamnya. Salah satunya ialah kemampuannya buat meredakan batuk yg ternyata lebih ampuh dari sirup obat batuk.

Nanas mengandung enzim bernama bromelain yg diketahui bisa mengurangi peradangan yg bisa memicu arthritis, kanker, penyakit jantung, dan peradangan lainnya dalam tubuh. Bromelain pula membantu melancarkan sistem pencernaan dan mengurangi gejala penyakit angina. Selain itu, bromelain pula bisa mengurangi lendir yg dimiliki oleh pasien tuberkulosis (TBC).

Bromelin paling banyak terkandung pada batang dan bagian bawah nanas yg cukup keras. Dengan membangun bagian tersebut sebagai jus, Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan di dalamnya. Menggunakan nanas segar lebih baik dibandingkan dengan nanas yg sudah diolah atau dimasak, seperti dilansir oleh Daily Health Post (04/08).

Nanas mengandung nutrisi yg sangat hebat. Beberapa di antaranya ialah vitamin C, B, potasium, kalsium, vitamin A, zat besi, mangan, dan beta-karoten. Vitamin C di dalamnya akan sangat membantu menaikkan kekebalan tubuh dan mengatasi infeksi serta penyakit. Potasium pula vital buat menjaga kesehatan saraf, otot, dan tekanan darah, serta kesehatan sel dalam tubuh.

Nanas pula mengandung antioksidan yg sangat efektif buat menyembuhkan batuk dan radang tenggorokan, serta mengobati infeksi saluran kemih. Berikut ialah resep jus nanas yg bisa Anda konsumsi buat meredakan radang tenggorokan atau batuk.

Bahan:
1 cangkir jus nanas segar
1/4 cangkir jus lemon
1 pangkas jahe mentah
1 sendok makan madu mentah
setengah sendok teh cayenne

Caranya:
Campur seluruh bahan, tambahkan dalam blender dan campur hingga halus. Konsumsi 1/4 cangkir dua hingga 3 kali sehari. Anda bisa mendinginkan nanas di dalam lemari es alasannya ini tidak akan mengurangi nutrisi di dalamnya.

Itulah nutrisi yg bisa Anda dapatkan dari jus nanas dan resep yg isa Anda coba buat meredakan sakit tenggorokan. Namun alasannya nanas mengandung banyak potasium, usahakan Anda berhati-hati buat tidak mengonsumsinya terlalu banyak. [kun]
Jus nanas ternyata lebih ampuh asal obat batuk

Image source: http://www.teknoflas.com/wp-content/uploads/2014/08/Ternyata-Jus-Nanas-Ampuh-Mengobati-Batuk.jpg