Nov 21, 2017

Ini Dia Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

Siapa yang tidak kenal bersama buah sirsak. Orang Jawa biasa menyebut buah ini bersama nama "nongko sabrang". Buah sirsak berasal berdasarkan Pulau Karibia yang berada di benua Amerika & dibawa ke Indonesia oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda. Buah bersama nama latin Annona Muricata L ini umumnya dijadikan sebagai bahan minuman seperti juz atau sebagai bahan es campur. Rasanya asem-asem seger. Buah berdaging putih & berbiji ini ternyata tak hanya berguna sebagai bahan makanan atau minuman saja tetapi pula berguna bagi kesehatan, lho. Sudah lama buah sirsak dipercaya oleh nenek moyang kita sebagai salah satu sumber pengobatan herbal baik buahnya maupun daunnya. 

Apa saja keuntungannya?

Mencegah Anemia
Buah sirsak mengandung zat besi yang dipercaya efektif meredakan gejala anemia yang bisa terjadi kapan saja.

Meredakan Migrain
Kandungan riboflavin & vitamin B2 dalam buah sirsak efektif meredakan sakit kepala atau migrain.

Mencegah Kanker
Annonaceous acetogenins artinya fitokimia yang terdapat dalam daun, biji & btg sirsak. Zat ini berperan besar menangkal berbagai serangan kanker & virus. Penelitian mengungkap bahwa kandungan Annonaceous acetogenins pada sirsak dapat membunuh sel-sel ganas pada 12 jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker usus besar, kanker prostat, kanker paru-paru & lain sebagainya.

Melancarkan Buang Air Kecil
Juz buah sirsak ternyata mampu mengobati rasa sakit ketika buang air kecil. Selain itu juz buah sirsak pula dapat dipakai untuk mengatasi bercampurnya sel darah putih dalam urine serta penyakit hati ringan.

Menjaga Kesehatan Tulang
Buah sirsak mengandung kalsium, fosfor & tembaga yang membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang, sehingga tulang kita akan permanen tercukupi kebutuhan nutrisinya & menjadi bertenaga.

Meningkatkan Energi
Kadang kita tiba-tiba tak jarang merasa lesu & tak bergairah. Ternyata mengonsumsi buah sirsak mampu membangkitkan kembali semangat & gairah kita. Aroma buah sirsak yang segar & kandungan thiamin dalam sirsak akan mengembalikan tenaga kita.

Mengurangi Mual & Muntah
Tak hanya buah & daunnya saja yang berguna, ternyata biji sirsak pun memiliki khasiat bagi kesehatan. Biji sirsak memiliki kandungan zat emesis yang mampu mengurangi mual & muntah. 

Ternyata buah sirsak kaya akan manfaat ya. Buahnya pula dapat bersama mudah ditemukan di sekitar kita. Selagi masih sehat, yuk jaga kesehatan.
Ini Dia Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

Image source: http://www.satujam.com/wp-content/uploads/2015/10/5-manfaat-daun-sirsak-untuk-kesehatan-rambut-dan-kulit.jpg