Nov 21, 2017

Dekstrometorfan, Ada di Banyak Produk Obat Batuk!

Dekstrometorfan atau yg kerap dikenal DMP artinya produk bahan kimia yg terdapat pada obat pereda batuk dan flu.

Secara kimiawi DMP misalnya dengan morfin dan kodein yg bekerja pada saraf otak. "DMP itu harus sesuai dengan resep dokter untuk menekan batuk, karena secara kimiawi misalnya dengan morfin yg bekerja pada sistem saraf otak pusat," ujar apoteker, Abdul Mutholib S.Si., Apt saat diwawancarai Liputan6.com, Senin (7/10/2013).

Dikutip dari Medicatheraphy, Senin (7/10/2013) DMP yg beredar memiliki banyak merek dagang diantaranya Benadryl DMP, Benadryl DMP Child, Benilin Bisoltussin, Bronchophen, Colfin, Corsagrip, Corsamyl, Cosyr, Cough EN plus, Decolsin, Dexmolex, Dextral/Dextral Forte, Dextrosin, Tuseran Pedia DMP, Tuseran/Tuseran Forte, Wood's Peppermint Antitussive Syrup. (5,6) dan Actifed DM.

Selain itu jua terdapat dalam Flu Stop, Flucadex, Fludane/Fludane Forte/Fludane Plus, Fludexin, Flutamol/Flutamol-P, Fluzep, Halmezin, Ikadryl DMP, Kalibex, Konidin, Kontrabat, Mixadin, Oskadryl dan Romilar/Romilar Expectorant.

Mengonsumsi DMP sesuai dengan dosis yg berasal dari resep dokter untuk menghindari penyalahgunaan. Menurut Abdultholib dokter menyampaikan resep obat dengan pertimbangan karakterisitik penyakit dan umur.

"Dokter menyampaikan resep tidak sembarangan semua telah sesuai pertimbangan diantaranya melihat usia pasien dan karakteristik penyakitnya," ujarnya.

Untuk dosis DMP dewasa 10 sampai 20 mg secara oral setiap 4 jam atau 30 mg atau setiap 6-8 jam dengan dosis maksimal 120 mg/hari.

Anak-anak usia 6 sampai 12 tahun sebesar 5 sampai 10 mg secara oral setiap 4 jam atau 15 mg setiap 6-8 jam dengan dosis maksimum 60 mg/hari.

Usia 2-6 tahun mengonsumsi 2.5 sampai 5 mg secara oral setiap 4 jam atau 7.5 mg atau setiap 6-8 jam dengan dosis maksimum 30 mg/hari.

DMP diberikan untuk penderita batuk kering, "DMP sebagai antitusif diberikan untuk indikasi batuk kering," ujar Abdultholib.

Mekanisme kerja dari DMP dibandingkan dengan turunan morfin yg lain yaitu dekstrometorfan hanya memiliki aktivitas antitusif.

"Pil dekstro awalnya diizinkan BPOM karena memang untuk obat antitusif, namun kini ditarik karena ada penyalahgunaan yg mampu merangsang zat adiktif maka itu berbahaya," tutur Abdul.

Bentuk sediaan DMP sendiri berbagai macam yaitu sirup, tablet, kaplet, suspensi dan kemasan isi ulang atau sachet.

Sediaan Dekstrometrofan harus disimpan dalam wadah yg tertutup rapat dan terlindung dari cahaya.

(Mia/Abd)
Dekstrometorfan, Ada di Banyak Produk Obat Batuk!

Image source: http://assets.bmdstatic.com/assets/Data/image_product_500x500/VICKS-Formula-44-Anak-Stawberry-27ml-SKU08115203-2015103114189.jpg