Nov 4, 2017

Bongkar kabar kepada kembalimitos menstruasi

Bongkar kabar kepada kembalimitos menstruasi

Image source: http://kabarislam.files.wordpress.com/2013/10/fitnah-arrahmah-masjid-tim.jpg

"Wanita haid dilarang berenang, olahraga, atau keramas!"
Sering dengar embargo-embargo pada atas? Itu artinya mitos yang masih dipercayai oleh beberapa perempuan ketika ini. Mitos yang berasal dari jaman baheula ini terus diturunkan & dipercaya tanpa terdapat alasan terang yang mendasarinya. Jangan mau percaya dengan mitos-mitos wacana menstruasi tadi sebelum Enda temukan faktanya pada sini.

1. Mitos: Tak boleh berenang ketika haid
Mitos pertama yang dibongkar oleh Boldsky artinya agama bahwa berenang terlarang bagi perempuan yang sedang haid sebab tidak sehat. Faktanya, tak terdapat bukti bahwa berenang dapat berbahaya bagi perempuan haid. Berenang dalam waktu singkat, misalkan 10 - 15 menit justru dapat meredakan kram perut selama menstruasi. Namun tentu saja Enda wajib menghindari berenang ketika haid sedang 'poly-banyaknya'. Aika tidak, dapat-dapat kolam renang Enda berubah warna.

dua. Mitos: Enda tak dapat hamil ketika haid
Enda memang tak dapat hamil ketika menstruasi. Tetapi ini bukan berarti tak dapat terjadi pembuahan apabila Enda melakukan seks. Jadi jangan merasa aman sebab menduga Enda tak dapat hamil apabila melakukan seks ketika haid.

3. Mitos: Harus keramas pada hari ketiga
Mitos ini sebenarnya datang dari adat India. Para perempuan pada sana dikenal sebagai 'kotor' ketika haid, & buat membersihkan diri mereka wajib keramas pada hari ketiga menstruasi. Menurut Boldsky, ini hanya agama. Enda dapat keramas kapan pun selama masa menstruasi. Keramas dengan air hangat pula terbukti dapat meredakan kram perut & menciptakan Enda lebih segar.

4. Mitos: Hanya bunda yang mengeluarkan poly darah ketika haid
Ada poly remaja perempuan yang pula mengeluarkan poly darah ketika menstruasi. Begitu pula perempuan belia yang belum menikah. Jumlah darah yang terkadang terasa berlebihan dapat terjadi sebab hormon yang tak seimbang (menorrhagia) dalam sirkulasi darah. Masa haid yang tidak teratur & kurangnya progesteron pula dapat jadi penyebabnya.

5. Mitos: Jangan berolahraga selama haid
Berolahraga memang tak disarankan kalau Enda mengalami kram parah. akan tetapi para ilmuwan beropini bahwa olahraga ringan misalnya jogging, jalan sehat, atau berlari boleh dilakukan ketika haid. Olahraga ringan bahkan dapat membantu perempuan lebih bugar & mengurangi rasa sakit impak menstruasi. Jadi, tak terdapat lagi alasan buat malas berolahraga ketika haid.

6. Mitos: Tak boleh mandi
Menurut mitos ini, perempuan yang sedang haid rentan terkena flu & sensitif pada hawa dingin. Mitos ini terdapat sebab perempuan pernah mengalami pendarahan & kram parah selesainya mandi. Mereka menduga bahwa mandi artinya penyebab pendarahan yang berlebihan. Padahal sesungguhnya kram terjadi sebab kontraksi otot pada uterus & abdomen yang lalu mendorong cairan keluar dari uterus. Jadi, tentu saja Enda boleh, & wajib mandi selama menstruasi. Tak mungkin kan, Enda tidak mandi selama tujuh hari?

Lain kali apabila Enda menemui mitos-mitos mengenai menstruasi, jangan pribadi percaya. Temukan dulu liputan-liputan ilmiah yang mendasarinya. [kun]