Nov 18, 2015

Penyakit Musim Pancaroba Ini Harus di Waspadai

Penyakit Musim Pancaroba Ini Harus di Waspadai - Sekarang inikan sudah mulai masuk ke musim penghujan. Dan peralihan dari musim kemarau ke musim hujan kita kenal dengan musim pancaroba atau musim peralihan. Biasanya, di musim pancaroba ini gangguan kesehatan atau penyakit di musim hujan ini akan menyerang siapa pun. Ketika terjadi pergantian musim ini, maka kondisi daya tahan tubuh pastinya akan turun dan lebih gampang terserang penyakit. Jadi harus waspada ya di musim pancaroba ini.

Penyakit di musim pancaroba diantaranya yaitu ISPA (infeksi saluran pernapasan akut), sakit batuk dan pilek . Musim hujan khususnya di Jakarta pastinya akan membawa dampak banjir, penyakit yang sering timbul di musim banjir ini biasanya adalah penyakit kulit, ataupun juga penyakit saluran pencernaan, karena hal ini merupakan akibat dari pola kebiasaan makan yang kurang baik.

Cara Menghindari Penyakit Saat Musim Pancaroba

Batuk dan Pilek Saat Musim Pancaroba


Banyak sekali sebetulnya cara untuk agar terhindar dari penyakit di saat musim pancaroba ini. Untuk berjaga-jaga, kita bisa memakai topi supaya kita terhindar dari air hujan yang tiba-tiba datang.  Untuk makannya, silahkan makan makanan yang menyehatkan. Jangan makan makanan yang banyak mengandung gula tinggi. Contohnya yaitu roti dan mie instan, dengan makanan ini maka akan bisa dengan mudahnya menurunkan sistem kekebalan tubuhnya.

Tips agar mempunyai kekebalan tubuh selama musim pancaroba, kita disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mempunyai bahan alami. Contohnya adalah gula pasir bisa kita ganti dengan menggunakan gula aren ataupun madu, karena selain itu juga punya khasiat yang baik untuk tubuh kita. Jangan lupa juga untuk lebih banyak memakan buah-buahan, makanan yang banyak vitamin dan mineral.

Imunitas tubuh kita saat pancaroba tidak bisa kita sepelekan begitu saja. Kita harus perhatikan dan jaga dengan baik. Karena jika sistem kekebalan tubuhnya bagus, kita tidak akan mudah diserang penyakit. Sebaliknya, jika imunitas tubuh turun maka dengan mudahnya kita akan terserang berbagai penyakit terutama di musim pancaroba.