Jan 7, 2015

Hydrothorax Rongga Dada Berisi Cairan Pada Janin Bayi Dalam Kandungan

Hydrothorax Rongga Dada Berisi Cairan Pada Janin Bayi Dalam Kandungan - Selamat pagi sahabat dokter oz Indonesia, kali ini berbagi informasi curhatnya Pak Berniadi HG. Beliau mengalami kejadian penyakit langka pada bayi yang masih dalam kandungan istrinya. Bayi yang sedang dikandungnya mempunyai kelainan yang sangat jarang terjadi dan sangat langka yaitu janin mengalami adanya cairan pada sekitar rongga dada. Penyakit adanya cairan pada rongga dada bayi disebut dalam istilah medis hydrothorax / chylothorax. Kisah ini sangat pilu, sampai Pak Berniadi dan istrinya Ibu Grace Octavia diharuskan untuk merelakan kepergian janinnya karena dokter di Indonesia tidak ada yang sanggup menanganinya. Seperti apa kelanjutan curhat dan cerita keluarga Pak Berniadi dan istrinya Ibu Grace Octavia ? Baca selengkapnya. Update sebelumnya membahas Cara Agar Tetap Harmonis Walau Sibuk Mengurus Bayi Yang Baru Lahir 

Hydrothorax / Chylothorax Pada Janinku

Janin Terkena Hydrothorax
Janin Terkena Hydrothorax

Awalnya pada kehamilan bulan pertama dan kedua bahkan sampai menginjak ke bulan ketiga ibu Grace Octavia tidak merasakan adanya keganjilan dalam kandungannya. Namun setelah menginjak ke bulan yang keempat setelah rutin untuk kontrol dan di usg ternyata ada masalah pada janin yang di kandungnya. Masalah yang ada pada kandungan Ibu Grace adalah janinnya terkena ada semacam cairan pada rongga disekitar dada si janin tersebut. Sontak hal ini membuat keluarga Pak Berniadi dan Ibu Grace sedih,... pasalnya dokter yang ada di Kota Solo dan Indonesia tidak ada yang bisa membantu untuk menangani masalah ini. Dokter mengatakan kejadian ini sangat langka, dan dinamakan dalam istilah kedokteran dengan penyakit  hydrothorax / chylothorax.

Dokter di kota Solo menyarankan pada kami untuk merelakan kepergian si janin karena kemungkinan tidak bisa dilahirkan dengan selamat. Hati ibu Grace dan pak Berniadi sedih mendengar kabar ini. Namun beliau sekeluarga tidak pantang menyerah, akhirnya carilah informasi mengenai informasi penanganan hydrothorax pada janin dalam kandungan ini.

Singkat kata, Pak Berniadi memberanikan untuk bertanya ke rumah sakit NUH Singapore dan puji syukur, ternyata disanan ada 1 dokter yang sudah pernah menangani pasien yang mempunyai masalah yang sama yaitu penyakit hydrothorax pada janin.  Di Singapore, dokter yang menangani adalah prof. Arijit Biswas, cairan pada sebelah kanan rongga dada janin ibu Grace sudah mendesak jantung sehingga harus segera diambil tindakan.

Puji Syukur kepada Tuhan,.... singkat cerita akhirnya bayi dalam kandungan Ibu Grace bisa lahir dengan selamat. Semoga kejadian hydrothorax pada janin dan ada teman-teman dokter oz mengalami hal yang sama bisa mengikuti contoh yang dilakukan Keluarga Pak Berniadi ini dengan berusaha sekuat tenaga untuk mencari solusinya. Nah berhubung di Indonesia belum ada yang pernah menangani hal ini, semoga informasi ini bisa menambah wawasan kita.

Cuplikan Email Pertanyaan Via Email Dr OZ Indonesia Tentang Hydrothorax

"saya berniadi hg , saya mempunyai pengalaman yang mungkin berguna bagi masyarakat. saya mempunyai istri grace octavia , waktu kehamilan bulan pertama sampai ketiga janin kami masih normal , lalu pada bulan keempat terlihat kejanggalan dijanin kami yaitu adanya cairan di sekitar rongga dada janin kami . dokter di solo dan indonesia tidak ada yang bisa membantu malah menyarankan kami untuk merelakannya . karena saya tetap bertekat untuk mempertahankannya maka saya bertanya ke NUH singapore dan ternyata disana ada 1 dokter yang pernah menanganinya karena kasus ini termasuk jarang dan langka , di singapore waktu di usg dokter mengatakan bahwa cairan itu di seblah kanan rongga dada dan sudah mendesak jantung sehingga harus dilakukan tindakan. singkat kata anak kami akhirnya bisa lahir dengan normal dan selamat . dokter yang menyelamatkan bernama prof arijit biswas.
informasi ini saya berikan siapa tahu di indonesia ada dokter yang pernah menangani kasus seperti ini atau tidak supaya masyarakat indonesia bisa terbantu jika ada kasus seperti kami..
trimakasih

berikut saya lampirkan foto usg anak kami yg ada cairan di rongga dadanya (prof biswas mengatakan ini bernama hydrothorax / chylothorax)"
Foto Hasil USG Hydrothorax/ Chylothorax Pada Janin
Foto Hasil USG Hydrothorax/ Chylothorax Pada Janin

Nah itu tadi cerita atau curhat pengalaman dari Pak Berniadi mengenai Hydrothorax pada janin istrinya yang kemudian bisa terselamatkan dan lahir dengan sempurna berkat pertolongan Profesor Arijit Biswas di Singapore. Bagi bunda atau siapa saja yang mempunyai keluhan dan pengalaman dalam bidang kesehatan, kirimkan saja ceritanya via email dr. OZ Indonesia di droztranstv@gmail.com . Cerita dan pengalaman yang terpilih akan saya muat di blog http://drozindonesiatranstv.blogspot.com/ ini. Terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa baca artikel lainnya yaitu Preeklampsia Pada Ibu Hamil, Penyebab dan Bahayanya