Dec 6, 2014

Dr OZ Indonesia Gatal Bisa Jadi Pertanda Penyakit Serius

Dr OZ Indonesia Gatal Bisa Jadi Pertanda Penyakit Serius - Ketika rasa gatal muncul di satu bagian tubuh, secara naluri baik hewan maupun manusia akan langsung bereaksi dengan menggaruk bagian yang gatal. Sensasi gatal biasanya akan mereda meskipun dalam banyak kasus hanya bersifat sementara. Ketika kita menggaruk daerah yang gatal beberapa syaraf yang halus di kulit mengirim sinyal rasa gatal ke otak berhenti sesaat. Namun setelah itu kondisinya akan lebih buruk, karena lebih banyak lagi sinyal gatal yang dikirim ke otak. Disaat kita menggaruk maka kuman yang masuk kedalam lapisan kulit bisa menimbulkan nanah. 

Gatal juga bisa menjadi indikator adanya penyakit yang lebih serius dan berbahaya. Seperti pada kehamilan, karena adanya perubahan hormon bisa terjadi gatal-gatal. Alergi obat, biang keringat, infeksi jamur dan bakteri. Jika kita mengalami gatal tentu ada faktor pencetusnya, jadi kita harus mengidentifikasi ada faktor pencetus atau tidak. Nah kalau tidak ada sebaiknya kita harus waspada jangan-jangan ada penyakit serius yang berada pada tubuh.

Gatal Gatal Pada Diabetes

Kalau pada penyakit diabetes itu kemungkinannya bisa dua yaitu gatal karena faktor gula darah tinggi dan juga adanya gangguan pada syaraf penderita kencing manis. Gara-gara diabetes melitus itu akhirnya timbul gatal dan kita kadang-kadang susah untuk mengidentifikasi dimana nih timbul gatalnya. Gatal sendiri sebetulnya bukan di bagian kulitnya tapi pada bagian syaraf yang menghantarkan sinyal rasa gatal.


Gangguan Pada Liver

Ketika terjadi gangguan pada liver , kondisi misalnya terjadi gangguan penyakit pada liver juga bisa menyebabkan gatal. Ini bisa macam-macam seperti hepatitis. Penumpukan hormon pada kulit dapat menyebabkan gatal. Pada hepatitis akut maka timbul kuningnya itu akan terlalu tinggi kuningya.

Pada pasien dengan peningkatan dengan hormon tiroid maka akan terjadi jantung berdebar, tangan gemetaran, bisa timbul seperti itu . Jadi faktor hormonal kalau dia menumpuk keseluruh badan dan menuju ke kulit bisa menimbulkan rasa gatal.

Ginjal
Kalau bicara sakit ginjal kita kadang-kadang ada pasien-pasien yang terkena gagal ginjal. Penyakit ginjal bisa akibat dari komplikasi penyakit diabetes, ketika penderita kencing manis berobatnya tidak teratur maka menimbulkan gula darah tinggi dan akan berakibat pada ginjal rusak. Jika terjadi kerusakan pada ginjal yang menimbulkan tingginya kadar racun bisa menyebabkan gatal-gatal.

Pada gatal-gatal yang biasa dan umum, mungkin kita tidak usah takut. Namun pada kondisi gatal yang luar biasa ini merupakan pertandan adanya penurunan fungsi organ tubuh kita. Nah solusi untuk mengatasi gatal-gatal sebelum anda ke dokter kita bisa menggunakan beberapa pilihan sebagai berikut :

Solusi Mengatasi Gatal :

  1. Tepuk dibagian yang gatal untuk mengurangi reseptor menuju ke otak untuk menstimulasi gatal. Atau anda juga bisa mengusap-usap pada bagian anggota tubuh yang gatal.
  2. Bedak khusus anti gatal atau tepung maizena. Pada dasarnya tepung maizena ini sama dengan bedak khusus anti gatal karena fungsinya adalah untk mendinginkan, mengurangi sesaat rangsangan untuk menggaruk lagi.
  3. Balsem, penggunaan balsem sebenarnya malah akan mengakibatkan kulit menjadi merah.

Jadi pada dasarnya disaat terjadinya gatal, disaat anda ingin menggaruk perhatikan sebisa mungkin jangan pernah terjadi trauma baru alias luka. Setelah itu anda bisa ke dokter untuk memastikan penyebabnya apa jika hal yang masih bisa ditoleransi atau penyakit serius tadi. Terimakasih sudah membaca artikel tentang gatal gatal dengan judul Dr OZ Indonesia Gatal Bisa Jadi Pertanda Penyakit Serius ini semoga bermanfaat bagi kita semua.



Tags : dr oz Indonesia, gatal, alergi, kulit