Nov 28, 2014

Bolehkah Ibu Hamil Naik Motor ? Kenali Bahaya dan Resikonya Serta Tips Aman

Bolehkah Ibu Hamil Naik Motor ? Kenali Bahaya dan Resikonya Serta Tips Aman - Pernahkan anda ibu hamil mengendarai motor atau bonceng motor dibelakang ? Bagaimana rasanya, sakit kah atau tidak ? Nah pada segmen ini dr Ryan bersama Meisya Siregar membahas untuk anda Tips aman naik motor untuk ibu hamil agar kondisi janin selamat dan sehat terhindar dari keguguran akibat goncangan motor. Pengalaman Meisya Siregar pernah naik motor dibonceng dan akibat goncangan motor mengalami flek yang keluar namun kondisi kehamilan dan janin tetap sehat dan aman. Nah bicara mengenai masalah kondisi dibonceng maupun membawa motor sendiri ada baiknya anda harus mewaspadai ini. Pertanyaannya adalah apakah ibu hamil boleh naik motor ?

Bolehkah Ibu Hamil Naik Motor ?

Mengenai masalah aturan-aturan yang harus ditaati oleh ibu hamil disaat ingin menggunakan kendaraan bermotor, karena masalah mobilisasi siapa yang bisa larang ?  kita semua pasti punya kebutuhan. Berikut ini yang harus diperhatikan oleh ibu hamil ketika mengendarai motor.

Sebenarnya tidak ada larangan khusus ibu hamil itu tidak boleh naik kendaraan bermotor. Boleh saja tapi harus diperhatkan yang secara umum saja seperti standar keselamatan umum, itu harus digunakan seperti ibu hamil harus pakai helm,  gunakan helm yang standar sni dan harus dikaitkan pengaitnya. Gunakan jaket pelindung ketika bepergian jauh. Jika ibu hamil membawa motor sendiri ada baiknya menggunakan sarung tangan karena tangan suka berkeringat. Pemakaian masker untuk menutup hidung sangat dianjurkan, karena udara yang polusinya sangat tinggi dan ibu hamil ini sangat rentan dengan infeksi dan daya tahan tubuh ibu hamil agak menurun jadi sebaiknya dilindungi juga dengan memakai masker.


Dengan semakin membesarnya perut sesuai dengan usia kehamilan tentu akan menimbulkan gerakan yang susah pada saat berkendara dan bonceng ada baiknya menggunakan korset khusus ibu hamil. Nah gunakan korset ibu hamil untuk melindungi kandungan dari goncangan. Ukuran korset ini ada beberapa  macam, jadi ibu boleh pilih pakai dar yang awal kecil atau yang besar.
Korset Ibu Hamil
Korset Ibu Hamil


Gunakan sepatu flat untuk menghindari terpeleset karena licin. Ini agar ketika kita turn dari motor tidak tergelincir akibat kondisi jalan yang licin atau dari penggunaan sepatu yang licin juga.

Posisi Naik Motor Untuk Ibu Hamil

  1. Posisi duduk ibu hamil yang paling bagus itu adalah dengan mengangkang.
  2. Jika posisi perut sudah besar dan mengganggu manuver berkendara maka mau tidak mau harus pada posisi duduk miring ketika dibonceng. Dan harus diperhatikan juga bagi yang menyetir untuk berhati-hati untuk tidak membawa motor dengan kencang, karena ada ibu hamil yang sedang kita bawa
  3. Pelan saja mengendarai motor agar tidak terjadi goncangan yang lebih berat.
  4. Pada saat bonceng posisi duduk yang bagus adalah tetap ngangkang, kaki berpijak, dan memegang pengemudi.
Video Dr. OZ Ibu Hamil Naik Motor



Oke itu tadi pembahasan mengenai masalah ibu hamil naik motor yang baik dan aman. Ya, masih banyak lagi artikel kesehatan lainnya yang tentu akan menambah wawasan dan pengetahuan kita . Semoga apa yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat, untuk pertanyaan dan keluhan anda bisa berkomentar di blog saya ini dan tidak lupa untuk selalu menjaga kondisi badan dan kesehatan kita dengan tetap makan makanan yang sehat dan olah raga yang teratur. Terimakasih sudah membaca artikel Bolehkah Ibu Hamil Naik Motor ? Kenali Bahaya dan Resikonya Serta Tips Aman