Jun 17, 2015

MENU PUASA UNTUK DIET

Menu puasa untuk diet penting juga untuk diikuti supaya langkahnya benar. Lambung kita yang setelah berpuasa seharian dan tidak berisi makanan akan ada yang namanya pencernaan terganggu. Apalagi kalau kita suka makan makanan gorengan dan juga yang berlemak tentu akan mengganggu diet kita. Nah berikut ini saya akan paparkan menu berbuka puasa untuk diet
Program Diet Menu Bulan Puasa

MENU PUASA UNTUK DIET

1. Menu Diet Puasa Yang Manis

Saat kita berpuasa pastinya akan kehilangan banyak sekali energi. Makanan dengan kandungan gula akan memberi dampak energiyang instan dan cepat, dan ini akan membuat tubuh kita akan cepat segar. Namun kalau kita sangat berlebih mengkonsumsinya akan berakibat kurang baik juga bagi tubuh. Sebaiknya menu diet puasa pilih yang alami saja seperti contohnya makanan manis yang asalnya dari buah. Buah yang disunahkan oleh Rosulullah Nabi Muhammad SAW adalah makan 3 butir kurma saat buka puasa. Juga sebaiknya minum air putih, makan buah pir, buah jeruk dan juga buah anggur.

2. Jangan Minum Es

Sebisa mungkin untuk menghindari minuman yang terlalu dingin, karena hal ini akan berakibat pada perut akan lebih cepat kenyang. Ini akan mengakibatkan selera makan menjadi turun, padahal saat puasa sangat penting juga asupan nutrisi dan gizi yang banyak. Tahukah anda, makanan yang dingin juga tidak baik bagi proses penyerapan nutrisi makanan didalam tubuh kita.

3. Minum Air Kelapa

Beberapa waktu yang lalu saya berbincang-bincang dengan dr. Phaidon L. Toruan, menurut beliau air kelapa murni itu sangat bagus untuk berbuka saat puasa dan ini merupakan Tips Berpuasa Yang Sehat . Selain air kelapa, ada juga kurma dan buah lainnya yang sangat ideal untuk dionsumsi pada saat berpuasa. Kandungan elektrolit didalam air kelapa berfungsi untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah seharian kita berpuasa.

4. Stop Makan Nasi

Ini artinya pada saat berbuka puasa pada saat maghrib menjelang, disarankan kita untuk makan makanan yang ringan dulu. Jangan langsung menyantap makanan berat seperti nasi dan sebagainya yang mengandung banyak karbohidrat. Lambung kita perlu melakukan adaptasi setelah seharian perut kosong. Efek samping dari kita makan berat secara langsung saat buka puasa biasanya akan terjadi perut kembung dan sembelit.  Makan beratnya disarankan setelah solat maghrib atau setelah solat tarawih. Menu makanannya sebaiknya yang diolah dengan cara dikukus atau rebus, jangan yang diolah dengan cara digoreng ya karena biasanya akan membuat kita mudah mengantuk.

5. Makan Secara Perlahan

Jangan karena setelah seharian kita lapar, pas buka puasa kita kalap dan seperti kesetanan menyantap semua makanan yang ada di meja hidangan. Pada saat kita makan dengan cepat itu sebetulnya mengganggu stabilitas gula didalam darah. Kita akan sering merasa lapar dan akan menambah semangat untuk makan saat mengunyah. Karena otak kita ini memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk merespon rasa kenyang.

6. Makanan Penderita Maag Saat Puasa

Buah melon sangat baik untuk disantap di saat buka puasa dengan cara diolah menjadi jus. Kurma dan buah segar lainnya juga bagus untuk dikonsumsi saat buka puasa. Pasalnya, buah-buahan segar tersebut memiliki kandungan gula alami yang tentu aman bagi tubuh kita. Untuk yang sakit maag buah melon sangat baik untuk proses penyembuhan luka.