Jun 12, 2015

BAGAIMANA KUAT PUASA WALAU TIDAK MAKAN SAHUR ?

Bagaimana Kuat Puasa Walau Tidak Makan Sahur ? Pertanyaan ini seringkali ditanyakan oleh pemirsa setia Dr. OZ Indonesia. Ya, momen bulan suci ramadhan telah tiba. Kita sebagai umat Muslim diharuskan menjalankan kewajiban berpuasa selama sebulan penuh. Di bulan ramadhan dengan penuh berkah ini puasa menjadi ladang pahala yang luar biasa. Pada update sebelumnya sudah dibahas mengenai TIPS OLAHRAGA SAAT PUASA

Makan sahur hukumnya tidak wajib, namun disunnahkan untuk mengamalkannya. Dengan makan sahur yang teratur akan membuat kita tetap fit dan kuat dalam berpuasa seharian penuh. Kadang kala saat kita kecapean sehabis melakukan rutinitas bekerja hingga malam hari ada kalanya kita ketiduran sampai pagi sehingga meninggalkan yang namanya makan sahur. Pertanyaannya adalah bagaimana cara agar kuat puasa meskipun tidak sahur ? Mungkinkah kita semua bisa berpuasa seharian penuh tanpa mengganggu aktifitas lainnya ?
BAGAIMANA KUAT PUASA WALAU TIDAK MAKAN SAHUR

Cara agar Tidak Telat Bangun Makan Sahur Saat Puasa


Cara Agar Kuat Puasa Saat Tidak Makan Sahur Yang Baik dan Benar

1. Niat Berpuasa Harus Yakin Kuat

Kalau misalnya anda semua lupa makan sahur ataupun tidak sengaja melewatkan makan sahur karena terlambat bangun tidur atau ketiduran karena kelelahan. Cara agar puasa kita kuat walaupun tidak berpuasa yaitu dengan menanamkan niat didalam diri kita bahwa kita akan kuat berpuasa. Karena Segala perbuatan itu tergantung dari niatnya, kalau niat kita untuk beribadah puasa dengan sungguh-sungguh, jangankan terlewat makan sahur sehari, tidak makan selama seminggu juga kalau niat kita sudah yakin dan kuat maka semua bisa saja terjadi.

2. Mengatur Jadwal Kegiatan

Kita diharuskan untuk menata kembali jadwal kegiatan yang bagaimana semestinya kita lakukan. Kita harus benar-benar memastikan apakah kita bisa melaksanakan kegiatan yang kita lakukan dengan baik atau tidak. Kalau misalnya perkiraan kita tidak mampu untuk melaksanakannya maka saran saya tunda kegiatan itu secara bertahap untuk dikerjakan pada hari berikutnya supaya kondisi tubuh kita tidak mengalami kelelahan.

3. Carilah Kesibukan Yang Lain

Kalau anda tidak ada kegiatan dan tidak melakukan apapun, maka cobalah untuk mencari kesibukan. Dengan melakukan kesibukan, maka secara tidak langsung anda akan mengalihkan rasa lapar dan dahaga, dengan fokus pada kegiatan lainnya. Sebisa mungkin anda hindari mata anda untuk melihat makanan dan juga minuman yang akan membuat selera anda tergoda. Sebaiknya jangan tidur-tiduran saat puasa, karena akan lebih baik lagi jika kita produktif melakukan hal yang baik.

4. Perbanyak Ibadah

Jangan anda jadikan alasan untuk tidak puasa walau anda tidak makan sahur, sebaiknya anda menggunakan waktu luang anda untuk ibadah lebih banyak lagi. Banyak sekali cara ibadah yang kita lakukan saat puasa. Sebagai contoh, kita bisa bersedekah dan mengaji agar amalan ibadah kita semakin banyak. Solat juga sebagai alternatif olahraga saat puasa.

5. Senyumlah Kepada Semua Orang

Tersenyum merupakan sebagian dari sedekah dan ini merupakan ibadah, kita bisa kuat puasa meskipun tidak sahur. Rasa haus dan dahaga juga lapar setelah seharian berpuasa membuat kita mengerti bagaimana rasanya mereka yang kelaparan setiap harinya. Kita harus tersenyum dan juga ambil hikmah dari hikmah bulan ramadhan ini.

Tips tentang puasa ini dapat kita lakukan ketika anda lupa makan sahur agar tetap kuat berpuasa. Tetapi sebaiknya kita harus berusaha untuk melaksanakan makan sahur, karena sahur juga salah satu amalan sunnah yang sebaiknya kita laksanakan dengan suka cita. Jadi, yuk persiapkan diri kita untuk melaksanakan ibadah sahur di saat ramadhan yang berkah dan mulia ini.

Baca juga CARA MENGATASI BAU MULUT SAAT PUASA