Oct 30, 2014

Efek dan Pengaruh Buruk Jangka Panjang Konsumsi Saus Cabe

Efek dan Pengaruh Buruk Jangka Panjang Konsumsi Saus Cabe - Halo pemirsa dr. Oz Indonesia, masih melanjutkan artikel sebelumnya yaitu mengenai Dr. Oz Bahaya Saus Cabe Busuk  kali ini bersama dr. Ari Fachrial Syam (spesialis penyakit dalam ) akan menjelaskan secara detil apa saja Pengaruh Buruk Jangka Panjang Konsumsi Saus Cabe.

Apakah bahaya jangka pendek dan jangka panjang pengaruh saus cabe yang diproduksi dengan cara menggunakan bahan-bahan yang berbahaya seperti cabe busuk, pewarna tekstil, pengawet, dan penyedap masakan ?


Hal pertama adalah jika sudah busuk itu berarti sudah terkontaminasi oleh kuman. Jadi memang kalau sudah rusak artinya sudah ada indikasi yang mencemari si makanan tersebut yang biasanya memang sudah terkontaminasi.  Saus busuk itu berarti sudah terkonataminasi dengan kuman yang dapat menyebabkan diare. Kalau orang bilang itu keracunan makanan, mungkin sebenarnya adalah karena hal-hal yang saya sebutkan tadi.

Apakah kalau jangka panjangnya misalnya ini menjadi suatu habit, kebiasaan. Seperti contohnya karyawan atau mahasiswa yang senang jajan diluar dan jajanan tersebut disajikan seperti itu. Tadikan ada beberapa hal yang berhubungan dengan kualitas dari cabe itu sendiri. Kemudian tadi zat warnanya, misalnya dia gunakan untuk pewarna tekstil ( wantek) itu mengandung rhodamin. Saus yang menggunakan pewarna tekstil (rhodamin) berbahaya bagi tubuh. Diluar negeri, zat ini sudah tidak diperbolehkan lagi untuk digunakan dalam makanan.

Kalau kita bicara soal racun, yang pertama jelas itu saluran pencernaan bisa terganggu. Jangka panjangnya dia akan menimbun di ginjal, liver, itu berhubungan juga dengan terjadinya kanker dimasa depan.

"Efek Jangka Panjang dari Penggunaan Zat Pewarna : Gangguan Ginjal, Liver dan kanker"

Kemudian ada MSG. Penyedap rasa ini diperboehkan dalam batas-batas tertentu, MSG ini mengandung unsur natrium, air, dan glutamat.  Pada orang-orang tertentu yang sensitif, misalnya mengkonsumsi MSG ini timbul seperti itu dan ini dilarang karena akan berakibat pusing, jantung berdebar-debar, dan mual.

Apakah mengkonsumsi MSG berlebihan dapat mengurangi resiko lupa lebih cepat ?


Hal ini tidak terbukti kebenarannya, apabila mengkonsumsi MSG kurang dari 600 mml perhari ini masih tergolong aman.  Sebenarnya untuk penggunaan sehari-hari rasanya kita menggunakannya masih dalam batas wajar.  Nah ini kan udah ada beberapa kondisi bahwa saus cabe ini ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan mencampurkan bahan-bahan yang mempunyai takaran tertentu dan melebihkannya.

Selain itu juga fakta lain tentang saus ini adalah pada proses pembuatannya ada yang menggunakan dengan cara diinjak-injak dengan kaki. Nah, apakah anda masih mau untuk mengkkonsumsi saus ini ? Saran saya menganjurkan agar menggunakan cabe karena cabe ini sangat sehat. Cabe mengandung unsur vitamin C, dapat meningkatkan nafsu makan, dan ini merupakan manfaat yang baik namun tentunya pilihlah cabe yang berkualitas.


Kita sudah bahas mengenai saus cabe, kita kalau sudah berbicara masalah saus cabe ini ada kaitannya dengan keluhan penyakit yang lain yaitu penyakit maag. Jadi sebaiknya anda harus hati-hati dalam mengkonsumsi cabe. Nah itu tadi artikel kali ini dengan judul Efek dan Pengaruh Buruk Jangka Panjang Konsumsi Saus Cabe.