Jul 6, 2014

Waspadai Mengucek Mata Akan Mengakibatkan Kebutaan

Waspadai Mengucek Mata Akan Mengakibatkan Kebutaan - Mata sebagai jendela dunia butuh perawatan mata. Namun tidak sedikit dari kita menganggap hal ini sepele. Tapi tahukah anda kebutaan bisa mengancam siapa saja dan penyebab kebutaan mata bisa beragam mulai dari masalah keturunan bahkan faktor penuaan seperrti katarak, radiasi ultra violet sampai kepada hal hal yang terkesan sederhana seperti mengucek mata.

Mengucek mata adalah kegiatan refleks yang sering dilakukan oleh kita. Hal ini biasanya dilakukan ketika mata kita terkena debu atau yang lainnya. Mengucek mata memang dapat menghilangkan rasa gatal dan memberikan rasa nyaman. Namun hal ini hanyalah sesaat dan bahkan dapat menimbulkan dampak yang berbahaya seperti rabun mata, katarak hingga kematian.
iritasi mata, katarak, kornea

Untuk berbicara lebih jauh mengenai kesehatan mata, resiko yang terkecil adalah bisa melukai kornea mata. Kornea mata yang paling depan yang lapisannya bening bisa menyebabkan luka. Robekan pada kornea bisa sangat sakit dan nyeri, memang kornea itu sendiri tingkat sensitifitas kornea 300 kali lebih sensitif daripada saraf kulit.

Apa Resiko Lebih Berat Mengucek Mata

Resiko yang diakibatkan dari mengucek mata bisa mengakibatkan kebutaan. Kebiasaan mengucek mata yang terus menerus, terlalu keras dan tiap hari bisa meningkatkan tekanan pada bola mata. Dan untuk pasien yang mempunyai bakat galukoma atau yang bakat tekanan bola matanya itu sudah tinggi, dengan adanya penekanan mengucek mata maka akan memperburuk kondisi glukomanya tersebut.

Pada dasarnya walaupun kasus ini jarang tapi tetap resiko akibat mengucek mata itu bisa terjadi dan ini dikarenakan ada kebiasaan dan bakat glukoma. Pada bagian kornea yang terlihat bening di paling depan dimana kadang kadang kalau terlalu lama mengucek mata dalam jangka waktu yang lama dan bertahun tahun bisa menyebabkan penipisan dari bagian tengah kornea.

Bahaya Penggunaan Soft Lens atau Contact Lens

Tahukah anda soft lens yang sering kita pakai sangat berbahaya bagi kesehatan mata. Pada kondisi mata seseorang memang berbeda dengan yang lainnya, adan yang punya kondisi mata yang kering atau penggunaan kontak lensa yang lebih dari 12 jam. Hal ini bisa memicu meningkatnya terjadi iritasi pada mata. Selain itu bisa juga mengakibatkan infeksi pada mata. Lama dari penggunaan soft lens tergantung pada kondisi mata masing masing pemakai.

Jika kondisi mata seorang pemakai itu kering  tentunya kontak lensa yang dipakai akan menambah tingkat kekeringan pada mata. Tetapi yang lebih bahaya adalah kenapa kalau kita tidur oksigen yang masuk melalui mata kita itu jauh berkurang. dan ditutup lagi menggunakan kontak lens tadi, nanti itu bisa meningkatkan resiko infeksi pada mata lebih tinggi lagi. Jadi sebaiknya ketika hendak tidur, segera copot soft lens atau kontak lensa yang biasa kita pakai agar resiko infeksi mata lebih bisa diminimalisir.

"Tidur Menggunakan Soft Lens dapat Meningkatkan Resiko Infeksi Pada Mata"

Apa Efek Samping Menggunakan Obat Tetes Mata Yang Berlebihan ?
Sebenarnya tergantung obat tetes mata yang digunakan jenisnya apa. Karena obat tetes mata yang beredar dipasaran umum dan bisa dibeli bebas itu juga banyak. Ada yang memang bahaya bisa menimbulkan efek samping seperti katarak dini,  dan glukoma dan obat tetes mata ini cepat sekali menghilangkan iritasi atau mata merah namun sebetulnya obat tetes mata ini adalah obat keras. Tapi kalu memang penggunaan obat tetes matanya yang sifatnya melembabkan mata itu sebenarnya cukup aman karena tetes mata yang hanya berfungsi sebagai pelembab mata tanpa pengawet aman untuk digunakan.

"Obat Tetes Mata Tertentu Memiliki Efek Samping Katarak Dini dan Glukoma."

Tips Menjaga Kesehatan Mata
Tips menjaga kesehatan mata agar tidak cepat rusak atau istilahnya mencegah iritasi pada mata adalah

  1. Sebisa mungkin kita tidak mengucek mata, karena memang mata mempunyai mekanisme pertahanan dari air mata dan kedipan mata. Namun jika terpaksa harus mengucek mata, maka lakukan secara pelan-pelan.
     
  2. Sterilisasi wadah Kontak Lens atau Soft Lens. Tempat menyimpan soft lens dapat menjadi sarang kuman apabila tidak terjaga kebersihannya.
  3. Cuci mata dengan rendaman air daun sirih. Pengobata alami mata dengan daun sirih ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat kita untuk mengatasi keluhan sakit mata. Namun dari segi medis sebettulnya air sirih ini sifatnya memang anti septik dan mempunyai khasiat untuk membersihkan. Tapi anda harus hati hati melakukan ini karena sterilitas dari cara pengolahan, bahan, dan tempat  mungkin masih kurang steril sehingga bisa saja justru akan mengakibatkan infeksi pada mata karena tidak sterilnya hal hal tadi.


"Penggunaan Rebusan Daun Sirih yang salah akan memperparah kondisi iritasi pada mata."

Untuk kasus-kasus yang sederhana atau pada sakit mata kodisi ringan, membersihkan mata cukup bersihkan dengan air bersih yang mengalir saja. Karean kalau kita misalnya kelilipan atau benda di dalam mata, dengan air mengalir diharapkan bisa membawa benda tadi dan mudah untuk terlepas dari mata yang sakit dan sebaliknya jika kita rendam belum tentu bisa keluar.

Obat Herbal Buat Iritasi Mata

Tahukah anda, ternyata irisan buah timun dapat membantu mengurangi iritasi pada mata. Caranya sangat mudah dan sederhana yaitu pilih timun yang masih bagus kemudian didinginkan atau masukkan kedalam kulkas sebelumnya. Berikut ini tips lengkapnya :

  1. Pilih timun yang bagus, kemudian simpan dalam lemari pendingin (kulkas)
  2. Setelah dingin, iris timun tipis tips
  3. Letakkan timun yang sudah diiris tadi kedalam mangkuk berisi es batu
  4. Setelah dingin, tempelkan pada mata anda selama 15 sampai 20 menit.

Nah itu tadi pembahasan tentang Mengucek mata, Resiko mengucek mata, Bahaya Penggunaan Soft Lens atau Contact Lens, tips menjaga kesehatan mata dan juga obat herbal alami atasi iritasi mata. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk like dan share informasi ini agar banyak orang yang tertolong keesehatannya dengan informasi ini. Terimakasih dan salam sehat Indonesia.