Jul 28, 2014

Tips Membedakan Madu Asli dan Palsu Khasiat dan Manfaatnya

Tips Membedakan Madu Asli dan Palsu Khasiat dan Manfaatnya - Pilih mana antara madu asli atau tidak ? bagaimana cara memilih madu yang tepat, tips memilih madu asli ciri cirinya dan palsu akan saya bahas dalam segmen ini. Ada beberapa pedagang madu yang menjual madunya dengan madu palsu. Tetapi tidak semua pedagang melakukan kecurangan memalsukan madu. Kenali bagaimana tips memilih madu asli dan palsu. Kita kali ini akan membahas manfaat madu, khasiat madu asli, ciri2 madu asli,  manfaat madu asli, kandungan gizi madu, kandungan madu murni.dan juga manfaat madu untuk kecantikan, untuk kulit wajah, manfaat madu utk kecantikan dan masih banyak lagi yang lainnya. Kira-kira apa saja sih manfaat madu yang lainnya ? Untuk pengertian madu anda bisa baca madu asli wikipedia. Saya akan membahas manfaat madu yang jarang dibahas seperti biasanya. Biasanya kan yang sering dibahas tentang manfaat madu itu seperti suplemen, vitamin, mineral, dan lainnya. Namun kali ini saya akan membahas yang lainnya yaitu manfaat madu untuk diet dan menjaga berat badan yang akan membuat anda cantik luar dan dalam.

Madu Asli, Ciri2 dan Khasiat Madu Asli

Jika anda ingin seseorang yang masih senang mengkonsumsi hidangan atau makanan yang manis tapi ingin tetap menjaga berat badannya, maka "madu asli" merupakan salah satu khasiat madu asli sebagai solusi untuk diet dan menstabilkan berat badan. Kita tidak bisa melarang seseorang untuk mengkonsumsi hidangan, makanan atau minuman yang manis. Karena bagaimanapun yang namanya lidah itu tidak bisa dipaksakan. Namun alangkah lebih baiknya konsumsi makanan manis ini harus ada batasannya. Tahukah anda, "fakta madu asli" takaran antara madu dan gula perbandingannya adalah 1 sendok teh madu kalorinya lebih banyak dibanding 1 sendok teh gula. Satu sendok teh madu ini mempunyai kadar kalori sekitar 20 kalori, sedangkan 1 sendok teh gula mempunyai kandungan 16 kalori. Tetapi faktanya hampir sebagian orang menggunakan 2 sendok makan gula baru bisa manis. 1 sendok teh madu hampir sama manisnya dengan 2 sendok makan gula.

Bicara masalah madu dan gula saya akan menunjukkan lagi beberapa fakta tentang madu dan gula sebagai pertimbangan anda terutama para ibu karena andalah yang mempersiapkan generasi berikutnya yang lebih sehat. Disini kita bisa lihat perbandingan antara madu dan gula.

Proses Pembentukan Madu dan Gula

Gula : Berasal dari perasan tebu kemudian tebu akan ditampung ekstraknya. Setelah diekstrak, kemudian diproduksi dipabrik pengolahan. Tahukah anda, gula yang berwarna putih adalah gula yang setelah melalui proses bleaching dan proses pemutihan ini berakibat kalori pada gula tersebut menjadi kosong. Jadi setelah tebu diproses menjadi gula, nilai kandungan vitaminnya berkurang dan hanya menyisakan kalorinya saja.

Madu : Madu biasanya dihasilkan oleh lebah. Lebah akan hinggap di pohon dan menghisap nektar pada bunga pohon tersebut. Setelah lebah menghisap nektar , kemudian setelah selesai hisap si lebah akan menuju sarang lebah dia akan menaburkan nektar tadi ke dalam sarangnya dan nanti madu yang dihasilkan lebah dari nektar bunga tersebut akan berubah warna dan mulai kemerahan. Pada saat lebah menghisap madu atau nektar dari bunga dan kemudian lebah menaruhnya pada sarang lebah sebenarnya kondisi madu pada saat itu masih encer. Ketika madu sudah masuk ke sarangnya maka akan terbentuklah madu yang mulai kental yang telah mengalami proses alami pada sarang lebah madu. Proses ini berjalan sangat alami, sehingga madu dikenal kaya akan berbagai antioksidan. Jadi kita harus tahu bahwa madu mengandung banyak vitamin dan anti oksidan yang bagus untuk tubuh. Vitamin yang terkandung dalam madu seperti vit A, B, C, D dan potasium, kalsium, dan yang lainnya sangat banyak terkandung dalam madu.



Kandungan Madu Asli

Madu memang banyak jenis dan merek madu seperti madu hutan asli, madu liar, madu kapuk, madu randu, madu pramuka, madu propolis, madu nusantara, madu manuka, Madu Sumbawa, Madu Cepat, Madu Tualang, dan masih banyak lagi nama nama dan merk madu yang lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Namun yang harus kita perhatikan betul-betula adalah kita harus tahu bagaimana cara melihat atau memilih madu itu asli atau palsu.

Tips Membedakan Madu Asli dan Palsu

1. Tes Madu Asli murni, pada saat dibakar diatas api menggunakan sendok, maka si madu asli itu akan berbuih.
2. Tes Madu Palsu, pada saat dibakar diatas api menggunakan sendok, maka yang terjadi adalah tidak ada reaksi berbuih dibandingkan pada madu yang murni dan asli.

Nah itu adalah salah satu cara tes madu asli, tes madu palsu yang mudah kita kenali oleh anda sendiri untuk membedakan mana madu yang murni dan madu palsu. Untuk merek madu asli dan jika anda ingin "beli madu asli" saat ini saya masih belum bisa merekomendasikan salah satu merek buat anda. Mudah bukan cara bedakan madu asli dan palsu ini ? Jadi solusinya adalah pilihlah madu dengan porsi yang dibatasi atau secukupnya sebagai pengganti cemilan atau minuman. So, Jangan lupa pilihlah madu untuk pengganti gula anda. Nah itu tadi artikel dengan judul Tips Membedakan Madu Asli dan Palsu Khasiat dan Manfaatnya  semoga bermanfaat.