Apr 16, 2017

Risiko yg Bisa Terjadi Jika Epilepsi Tak Segera Ditangani

Risiko yg Bisa Terjadi Jika Epilepsi Tak Segera Ditangani - Jakarta, Epilepsi adalah gangguan yang terjadi pada otak & sanggup mengakibatkan serangan pada bentuk kejang. Hal ini tentu wajib  diatasi karena bila dibiarkan, epilepsi akan bisa menimbulkan risiko yang serius.

Ada penelitian yang menjelaskan bahwa setiap terjadi agresi (kejang) kira-kira 50 sel itu hilang. Nah bayi yang baru lahir itu menggunakan 10 miliyar sel, jikalau terjadi terus menerus gimana? kata Prof Dr Zainal Muttaqin SpBS PhD.

Ia juga menjelaskan, waktu seseorang membiarkan gangguan epilepsi tadi, otomatis sel di otaknya pun juga akan ikut berkurang. Hal ini tentunya juga erat berkaitan dengan menggunakan masalah mental & IQ (intelligence quotient) orang dengan epilepsi atau kita singkat dengan ODE tersebut.

penanganan epilepsi pada dewasa

penanganan epilepsi pada dewasa


penanganan epilepsi pada anak
penanganan epilepsi pada anak ; Jika Terjadi kejang, longgarkan pakaian. Biarkan penderita sadar sendiri, tapi terlebih dahulu lindungi kepalanya dengan bantal, atau sesuatu yang lembut dibawah kepala .Setelah sadar miringkan tubuhnya dan bantulah memulihkan pernapasan Source: Penanganan Epilepsi pada Anak | UKM KSR PMI ITS SURABAYA Follow us: @ksrpmiits on Twitter | ksrpmiits on Facebook

Baca jua: 11 Tips Mujarab & Paling Manjur Mengobati Penyakit Epilepsi (Epilepsy) atau Ayan Secara Efektif 


Misalnya anak umur 20 tahun dan epilepsi dari kecil itu niscaya akan berpengaruh dalam kondisi otaknya, kata Prof Zainal dalam acara Seminar Awam Bedah Epilepsi di RSU Bunda, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (15/4/2017).

Lalu berukuran otaknya juga akan semakin menyusut. Semakin tua memang otak orang itu aakan menyusut tapi ini juga mampu terjadi pada ODE bila dibiarkan, sambung dokter yang praktik di RS Kariadi Semarang ini.

Prof Zainal juga melanjutkan, selain berpengaruh dalam perkara otak, membiarkan epilepsi juga memengaruhi kehidupan bersosial di masyarakat.

Misalnya, ODE mengalami serangan kejang di tempat yang umum dan mendapatkan reaksi beragam berdasarkan orang lain yg melihatnya, termasuk reaksi penolakan dan cemoohan apalagi ada yang mengaitkan penyakit kutukan atau bisa menular. Disebutkan Prof Zainal bukan tidak mungkin hal itu akan menyebabkan seorang penderita epilepsi akan merasa didiskriminasi hingga akan mengalami depresi berat pada kemudian hari.

Baca jua : Gejala Epilepsi, Pengobatan Epilepsi dan Solusi Cara Mengobati Epilepsi 


Semoga informasi berkaitan dengan penanganan epilepsi ini bermanfaat buat kita semuanya. Tolong bagikan atau sampaikan informasi ini untuk kerabat, teman atau anggota keluarga kita yang punya masalah dengan seputar penanganan penyakit epilepsi ini. Share Ke FACEBOOK atau Twitter anda akan membantu mereka yang membutuhkan. Terimakasih