Jan 16, 2016

Bunda WAJIB tau !!! Botol Susu Yg Direbus Sangat Berbahaya ! Ini Faktanya

Tahukah anda, seringkali kita sebagai orang tua yang mempunyai bayi atau balita yang masih menyusui tidak menyadari hal ini. Ya, mencuci botol dengan cara direbus, tujuan awalnya memang bagus agar botol steril dari kuman dan bakteri.

bahaya botol plastik bagi kesehatan
bahaya botol plastik bagi kesehatan
Namun fakta mengejutkan yang kadang tidak bunda sadari adalah bahaya dari merebus botol dengan tujuan untuk mensterilkan botol susu bayi. Kenapa merebus botol susu bayi bisa dikatakan berbahaya ? Tahukah bunda, botol susu bayi umumnya terbuat dari plastik. Dan kebanyakan jenis botol plastik yang digunakan mengandung bahan plastik dengan jenis Polycarbonat yang mempunyai efek samping jika direbus.

Bahaya Merebus Botol Susu Bayi


Bahayanya jika merebus botol susu dengan bahan jenis plastik berbahan dasar Plycarbonat adalah ketika botol tersebut di rebus, maka dia akan melepaskan residu zat kimia yang bernama Bisfenol A atau biasa dikenal BPA dan ini akan membahayakan pada bagian sistem saraf, sistem imunitas anak, perkembangan tubuh dan juga bisa membahayakan reproduksi anak. Yang lebih bahaya lagi juga bisa menimbulkan kanker. Merebus botol susu bayi juga bisa memicu terjadinya masalah pada sistem hormonal tubuh anak.


Solusi untuk mengatasi hal ini adalah sebaiknya bunda memilih botol susu plastik dengan memilih plastik yang berkualitas. Sebagai contoh, botol plastik dengan kualitas dengan kode HDPE, LDPE, PET 7 sangat bagus untuk jenis botol susu bayi. Hal ini dikarenakan ketika botol tersebut direbus, dia tidak akan melarutkan zat karsinogen yang berbahaya. Jadi botol jenis ini sangat aman digunakan.

Baca Juga : Botol Plastik Pemicu Kanker


Untuk mengetahui jenis botol plastik ini, bunda bisa lihat kode ini pada bagaian bawah botol tersebut biasanya akan tertera. Oh iya, sebaiknya ketika bunda mencuci botol susu bayi jangan menggunakan sikat yang sangat keras. Karena dikhawatirkan nantinya akan mengakibatkan dinding plastik botol tersebut akan tergores dan bisa akibatkan bahaya lanjutan.

Tips aman untuk mencuci botol susu ini bisa juga dengan cara mengocok air panas didalam botol tersebut dan ini juga dapat membunuh bakteri. Jadi cukup dengan bilas menggunakan air mendidih hanya beberapa saat saja.

Silahkan bunda SHARE informasi ini demi kesehatan buah hati bunda semuanya...