Aug 10, 2015

DR. OZ Tips Bedakan Jamur Racun dan Gejala Keracunan Jamur

Tips Bedakan Jamur Racun dan Gejala Keracunan Jamur - Kali ini kita akan membahas makanan  yang kaya akan anti oksidan yaitu jamur. Tentunya anda semua pasti sudah sangat familiar dengan jamur, seperti jamur kancing, jamur merang, jamur kuping, jamur shitake dan lain sebagainya. Jamur, selain bisa dikonsumsi ada juga yang tidak boleh dikonsumsi karena mengandung zat berbahaya yaitu jamur racun.

 Membedakan Jamur Beracun atau Tidak


Jenis-jenis jamur beracun
Dari beragam jamur ini, jamur yang biasa tumbuh di area hutan atau pegunungan biasanya jamur beracun. Jadi harus hati-hati bagi para traveler atau pendaki gunung kalau kelaparan dan menemukan jamur belum tentu jamur tersebut sehat dan aman.

Pada dasarnya tentunya berbagai cara bisa dilakukan untuk membudidayakan atau mengembangbiakkan yang namanya jamur.  Tapi untuk menghindari apakah jamur itu beracun atau tidak hindari jamur yang anda temukan pada area pohon liar, di tanah pekarangan sekitar kita karena ini tidak layak kita konsumsi. Pilihlah jamur yang merupakan hasil budidaya, karena jamur ini sudah teruji dan baik kualitasnya.

Salah satu cara untuk menghindari jamur beracun, kembali lagi yaitu tidak boleh mengambil dari alam langsung, karena kita tidak tahu pertumbuhan langsungnya. Jadi, sekali lagi saya ingatkan hindari mengambil jamur langsung dari alam tanpa diketahui perkembangbiakannya.

Gejala Keracunan Jamur

Misalnya kalau kita sudah terlanjur mengkonsumsi jamur yang beracun, gejala seperti apakah yang bisa kita kenali sebagai orang yang awam dengan masalah kesehatan ini ? Berikut ini gejala keracunan jamur :
  • 1. Pusing
  • 2. Mual
  • 3. Muntah / diare
  • 4. Kejang-kejang

Proses pemasakan tidak bisa menghilangkan racun pada jamur walaupun sudah melalui proses pemasakan. Walaupun kita sudah mengolahnya dengan cara direbus, digoreng dan lain sebagainya tetap saja kandungan zatt racun tersebut pada jamur tidak serta merta akan hilang.  Jadi sebaiknya anda beli jamur yang sudah jelas, dan biasa dikonsumsi pada umumnya dan yang dijual dipasaran atau supermarket.

Setelah kita mengetahui pencegahan dari akibat terkena jamur beracaun, diawal juga saya sudah memberikan gambaran bahwa untuk menjaga berat badan agar tetap langsing kita bisa dengan cara rajin mengkonsumsi jamur. Nah selain itu  menjaga berat badan, manfaat lain dari dahsyatnya khasiat jamur ini adalah sebagai berikut :

Manfaat dari Jamur :

  1. Antioksidan
  2. Mengandung serat dan protein tinggi
  3. Tidak mudah lapar, dan ini bisa mengontrol berat badan kita
  4. Mengandung Vitamin B dan Asam Folat, bagus sekali bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi jamur. Untuk perkembangan janin dan menjaga tulang belakang dan sistem saraf pada bayi sangat bagus sekali.

Pada dasarnya manfaat dari jamur ini selain mengontrol berat badan juga mampu menurunkan kolesterol. Karena kandungan dari lemaknya juga rendah maka tidak menaikkan kadar lemak jahat tubuh kita. Dan juga bagi yang ingin memiliki tubuh fit dan pembentukan otot bagus sekali untuk mengkonsumsi jamur dan membantu anda untuk pembentukan otot. Nah bagi anda yang suka ngeGym sangat bagus sekali agar denan cepat didapatkan bentuk otot yang diinginkan.

Jadi kalau anda memang sangat suka dengan makan jamur harus tetap mengetahui dari mana kita mendapatkan jamur tersebut serta pengolahannya. Masih banyak informassi lainnya yang bisa anda baca di blog dokter oz Indonesia ini. Terimakasih sudah membaca artikel ini dengan judul Tips Bedakan Jamur Racun dan Gejala Keracunan Jamur dan salam sehat Indonesia.