Feb 20, 2015

Bahaya Makan Telur Mentah dan Cara Rebus Telur Yang Benar

Bahaya Makan Telur Mentah dan Cara Rebus Telur Yang Benar
Waspadai bahaya makan telur mentah yang bisa mengganggu kesehatan anda. Telur merupakan sumber makanan yang kaya akan protein tinggi. Cara mengolah memasak telur sangat beragam, mulai dari telur goreng, telur kukus, dan juga telur rebus. Dalam segmen DR. OZ Indonesia kali ini saya bersama dr. Reisa akan membahas bahaya makan telur mentah yang kita konsumsi. Selain itu disegmen ini juga diterangkan bagaimana cara merebus telur yang benar. Telur terkadang dikonsumsi juag oleh binaragawan sebagai pembentukan otot dan biasanya mereka akan mencari informasi dengan kw telur mentah untuk otot.

Bahaya makan telur mentah, seperti kebanyakan masyarakat kiat seringkali mencampurkannya dalam jamu. Memakan telur yang mentah konon dipercaya bisa untuk meningkatkan stamina tubuh. Lalu pertanyaannya adalah higienis kah mengkonsumsi telur mentah ini ? Seperti apa bahaya dari konsumsi telur mentah dan penyakit akibat makan telur mentah ini ? Walaupun jelas ada yang terkena penyakit akibat dari mengkonsumsi makanan mentah ini tetapi kenyataannya masih saja banyak orang yang suka memakan dengan kondisi setengah matang. Simpang siur mitos dan fakta mengkonsumsi telur dan bahayanya saat ini masih saja terjadi ditengah masyarakat kita.

Waspadai Konsumsi Bahan Makanan Mentah


Berbicara masalah telur ayam dan bakteri salmonella enteritidis menurut dari pengamat kesehatan, 1 berbanding 30.000 butir telur maka akan terdapat satu yang terdapat bakteri tersebut dan ini sifatnya random. Jadi pada dasarnya adalah perhatikan cara pengolahannya.

Manfaat kuning telur mentah untuk stamina dan kebugaran tubuh masih menjadi kontroversi juga. Perlu diketahui memang di telur mentah ini ada protein yang namanya albumin, yaitu suatu jenis protein yang masih sulit untuk dicerna di usus kita sehingga proses ini membuat beberapa orang yang biasa mengkonsumsi telur mentah merasakan lebih berenergi. Ini merupakan akibat dari proses pencernaan yang lama, tapi pada dasarnya protein ini tidak baik untuk dicerna dalam arti kesulitan mencerna dan berujung kepada diare. Dampak lain dari "bahaya telur mentah"italic  khususnya protein jenis tersebut adalah bisa mengakibatkan keracunan, munculnya kebotakan dan juga alergi pada kulit.

Cara Merebus Telur Yang Benar

Mengkonsumsi telur yang paling baik adalah direbus agar kuman maupun bakteri didalamnya hilang. Caranya adalah dengan memanaskan air terlebih dahulu, baru kemudian setelah itu memasukkan telur satu persatu. Kembali saya informasikan untuk meminimalkan resiko terjadinya infeksi salmonella maupun baiknya rebuslah telur hingga matang sempurna. Merebus telur ini bagusnya selama 10 sampai 15 menit pada proses perebusannya. Baca juga Tips Memilih Telur Yang baik ala DR OZ

Nah cara yang paling baik memang dengan merebus telur tersebut. Apa keunggulan dari merebus telur ini ?  Keunggulannya adalah bateri yang menjadi penyebab dari sumber penyakit akan mati, namun tidak merusak kandungan protein dan gizi yang ada dalam telur itu sendiri. Jika misalnya anda memiliki kondisi tubuh dengan sistem kekebalan yang kurang bagus maka disarankan untuk tidak mengkonsumsi telur mentah. Yang paling mudah terserang penyakit karena imunitas yang menurun dari dalam tubuh yaitu anak-anak, ibu hamil, orang yang dalam keadaan capek dan juga lelah.

Didalam telur, selain ada bakteri Salmonella juga terdapat zat avidin yang bisa mengikat biotin dan ini efeknya adalah makanan tidak bisa dicerna. Akibat dari proses ini maka kadar biotin dan juga hemoglobin yang terdapat dalam urin akan turun secara signifikan. Perlu anda ketahui, biotin merupakan koenzim yang peranannya sangat baik di dalam karbohidrat dan juga metabolisme.

Kesimpulannya adalah, "makan telur mentah" tidak baik untuk kesehatan tubuh kita karena bisa menimbulkan bahaya keracunan yang disebabkan oleh bakteri juga zat avidin dengan gejala seperti mengantuk, turun berat badan, insomnia, kemudian gangguan kulit dan juga nyeri pada otot. Kenapa ini terjadi ? itu semua merupakan akibat dari metabolisme terganggu karena zat makronutriennya terganggu. Terimakasih sudah mampir untuk membaca artikel

Bahaya Makan Telur Mentah dan Cara Rebus Telur Yang Benar