Jun 25, 2015

Bolehkah Ibu Hamil Muda Menjalankan Ibadah Puasa

Bolehkah Ibu Hamil Muda Menjalankan Ibadah Puasa  - Seperti yang sedang dialami Donita saat ini, kini dia sedang hamil empat bulan. Walaupun hamil muda, dia tetap melaksanakan puasa walau cuma setengah hari. Berpuasa saat hamil muda yang dialami Donita ini merupakan pengalaman pertama hamil di saat berpuasa. Pada update sebelumnya tentang CARA DIET KETIKA BERPUASA

Walaupun sedang hamil muda dan berpuasa, Donita kerap melakukan aktivitas seperti biasanya walaupun sedang hamil muda. Yang lebih luar biasa lagi adalah ketika Donita disalah satu aktingnya melakukan adegan berkelahi walau saat ini sedang hamil muda.

Menurut Adi Nugroho (suami dari Donita), saya sempet stress melihat aktivitas Donita. Soalnya diakan lagi hamil muda, saya khawatir dengan kondisi janinnya. Lalu bagaimana tips untuk ibu hamil muda yang berpuasa ? Ya, kali ini saya akan berbagi informasinya buat anda semua berikut ini.

Tips Puasa Ibu Hamil Muda

Tips Puasa Ibu Hamil Muda

Kita pastinya tidak ingin ibadah puasa kita terhalang oleh sesuatupun. Tetapi buat wanita, pasti ada saja halangan yang mesti ada contohnya menstruasi. Wanita yang lagi menstruasi tentu tidak boleh untuk puasa dan melakukan solat. Pada ibu hamil muda, ada semacam ketakutan kalau menjalankan puasa bisa mempengaruhi kondisi perkembangan janinnya.

Untuk ibu hamil yang usia kandungannya masih muda tentu disarankan untuk tidak berpuasa. Hal ini sangat dikhawatirkan akan mengganggu proses dari perkembangan janin. Tetapi, bagi ibu hamil muda yang ingin tetap berpuasa sebaiknya perhatikan hal-hal sebagai berikut :

1. Konsultasi Dengan Dokter

Tips puasa saat hamil muda yang sebaiknya untuk kita lakukan adalah konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Kenapa harus melakukan hal ini ? Karena kondisi tiap orang berbeda-beda, maka dari itu saran dari dokter sangat dibutuhkan. Dokter akan lebih tahu mengenai kondisi tubuh ibu hamil apakah baik untuk berpuasa atau tidak.

2. Minimalisir Hindari Stress

Kalau anda bisa melaksanakan ibadah puasa, tips puasa saat hamil muda yang sebaiknya dijaga adalah sebisa mungkin tidak mengalami stress.

3. Istirahat Yang Cukup

Pada saat anda berpuasa, sebisa mungkin saran saya anda istirahat yang cukup. Disaat berpuasa, kita harus bisa atur yang namanya waktu untuk istirahat supaya tidak mudah lelah. Disaat berpuasa, 15 jam lamanya kita harus menahan makan dan minum dan ini ibu hamil harus bisa menjaganya dengan cara pola istirahat yang cukup.

4. Konsumsi Suplemen Penghilang Mual

Untuk ibu hamil, biasanya dipagi hari akan mengalami yang namanya syndrome morning sickness atau mual-mual pada pagi hari, dan hal ini tentunya akan mengganggu puasa. Nah oleh karenanya segera konsultasikan niat baik anda untuk berpuasa ini dengan dokter kandungan agar mendapatkan nutrisi atau suplemen yang tepat untuk mengatasi rasa mual di pagi hari.

Nah itu tadi informasi mengenai Bolehkah Ibu Hamil Muda Menjalankan Ibadah Puasa yang bisa saya sampaikan untuk anda semua. Selamat berpuasa...