Aug 18, 2014

Waspada Stroke Mengintai Usia Muda

Waspada Stroke Mengintai Usia Muda - Ya, masih di dokter oz  Indonesia kali ini update artikel tentang stroke. Jika anda saat ini masih berusia muda apakah anda tetap beresiko terkena stroke ? Beberapa tahun yang lalu penderita stroke cukup awam masyarakat kita umunya berusia lansia atau diatas 50 tahun, namun data riset kesehatan sejak tahun 2012 ditemukan beberapa penderita stroke ternyata berawal sejak usia masih muda. Dan penyebabnya tentu saja beragam. Nah bicara masalah usia, tentunya ini sudah bisa dimulai usia 20 tahun, 15 tahun dan 45 tahun.

Pengertian dan Definisi Stroke

Stroke adalah gangguan aliran darah yang tiba-tiba pada otak yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah.  Jika stroke yang terjadi pada pembuluh darah yang kecil kemungkinan terjadinya stroke akan lebih ringan. Tetapi kalau misalnya terkena stroke pada pembuluh darah besar dan terlambat di bawa ke rumah sakit maka otomatis kerusakannya akan lebih besar juga. Semakin cepat penderita serangan stroke dibawa ke rumah sakit semakin besar kemungkinan untuk bisa ditolong.

Penyebab Stroke Di Usia Muda

  • Junkfood atau makanan cepat saji digadang-gadang sebagai penyebab penyakit stroke di usia muda.
  • Stroke disebabkan oleh gangguan aliran darah ke otak akibat adanya penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah.
  • Penyebab Stroke bisa disebabkan juga oleh faktor-faktor resiko seperti  darah tinggi, kencing manis, merokok, penyakit jantung dan kolesterol tinggi.
  • Keluhan Stroke seperti lumpuh total, meninggal, penurunan angka kualitas hidup mereka.

Apa perbedaan stroke ? Stroke dibedakan menjadi dua jenis:

  1. Stroke akibat Pendarahan. Biasanya dialami oleh penderita darah tinggi yang tidak terkontrol.  Yang saya tekankan adalah jika pasien tersebut memiliki darah tinggi maka lakukan kontrol dengan baik, minum obat darah tinggi secara teratur. Jangan sampai ketika darah tinggnya sudah normal lalu dia meninggalkan obat darah tinggi yang biasa dia konsumsi. Penderita tekanan darah tinggi harus tetap makan obat teratur meskipun tekanan darahnya sudah normal.
  2. Stroke akibat penyumbatan. Penyebab dari stroke penyumbatan biasanya dialami oleh penderita darah tinggi, jantung kolesterol tinggi, merokok dan obesitas atau kegemukan.

Dampak Stroke

  • Dampak dari stroke akibat perdarahan. Ciri stroke akibat pendarahan adalah sakit kepala hebat, kejang-kejang dan tiba-tiba bisa terjatuh.
  • Dampak dari stroke akibat penyumbatan. Dampaknya cenderung lebih progreesif, dalam arti prosesnya perlahan tapi ada juga yang bisa tiba-tiba  tidak bisa digerakkan tangannya atau bagian anggota tubuh tertentu. Ciri yang mudah kita kenali dari stroke akibat penyumbatan adalah biasanya diawali dengan gejala seperti kesemutan, mati rasa, tidak bisa melihat, dan hal ini tidak langsung fatal terjadi.

Kerusakan yang terjadi pada otak penderita stroke itu sangat tergantung secepat mana anda segera bawa ke dokter  jika menemukan gejala seperti berikut ini :

Gejal - gejala Stroke

  • Bicara Mulai pelo ( tidak jelas pelafalan katanya)
  • Kelemahan pada salah satu sisi tubuh
  • Bibir atau mulut mencong atau miring ke arah kanan atau kiri.
  • Baal, Kesemutan dan tiba-tiba tidak bisa melihat.

Apakah Stroke merupakan faktor keturunan ?
Sebetulnya tidak demikian secara langsung, namun faktor resiko itulah yang mencetuskan terjadinya stroke dan hubungannya dengan faktor genetik atau keturunan.  Faktor resiko pencetus stroke yaitu hipertensi, darah tinggi, kencing manis, kegemukan atau obesitas , penyakit jantung, merokok, itu yang sebetulnya secara langsung memberikan kontribusi meningkatnya angka kejadian stroke.

 Jadi masalahnya disini adalah stroke di usia muda pencegahan merupakan faktor yang paling utama yang melingkupi gaya hidup seperti jenis makanan yang kita konsumsi, istirahat dalam tidur, manajemen fikiran atau stress dan tentunya adalah olahraga. Tolong diperhatikan ya beberapa hal tadi sejak awal, karena usia tidak menentukan penyakit yang kita derita di kemudian hari. Terimakasih anda sudah membaca artikel saya dengan judul Waspada Stroke Mengintai Usia Muda.