Jun 16, 2014

Bahaya Makan Berat (Nasi) di Malam Hari

Bahaya Makan Berat (Nasi) di Malam Hari - Hampir sebagian besar yang namanya manusia membutuhkan makanan. Ada sarapan, makan siang dan makan malam. Yang jadi pertanyaannya adalah makan malam itu sebaiknya ada berapa saat sebelum tidur? Nah aturannya adalah minimal 2 jam sebelum tidur selesaikan hal hal yang berkaitan dengan mengkonsumsi makanan berat.

Makan snack yang berlebihan dalam porsi banyak juga termasuk kedalam makanan berat. Biasanya gangguan pencernaan yang sering terjadi adalah asam lambung yang meningkat. Efek dari makan malam sebelum tidur akan meningkatkan jumlah asam lambung atau GERD (Gastro Esophageal Reflux Disorder).


Setelah makan langsung tidur, lambung sedang bekerja sehingga asam lambung naik ke atas. Pada waktu malam kita makan, setelah makan tubuh kita mengeluarkan asam lambung untuk mencerna makanan tersebut selama 2 jam. Jika kita belum sampai 2 jam setelah makan kita langsung tidur dengan posisi terbaring maka akan menyebabkan asam lambung keluar.

Bahaya akibat makan sebelum tidur juga bisa menimbulkan berbagai penyakit metabolisme berdasar komposisi makanan. Ada beberapa tips sederhana buat anda tips cara mencegah rasa lapar pada malam hari.

Tips Makan Sore Menjelang Malam

  1. Banyak makan serat atau protein, sehingga lebih lama rasa lapar.
  2. Jika anda masih lapar coba rangsang dengan minum air putih. Biasanya haus dan dehidrasi itu menipu otak kita dan dari otak mengirim sinyal ke perut seperti lapar.
  3. Usahakan Sebelum tidur minum air putih. Agar apa yang kita makan segera turun ke dalam tubuh.

Bicara mengenai masalah makan malam atau makan berat, sebaiknya sehabis makan kita duduk jangan langsung tidur, karena agar proses pencernaan makanan berjalan dengan baik.

Nah setelah anda membaca Bahaya Makan Berat (Nasi) di Malam Hari semoga bisa menjadi wawasan yang berharga buat kita semua. Terimakasih salam sehat indonesia.