Oct 25, 2015

Berbahayakah Keputihan Berwarna Coklat Ketika Hamil ?

Dr. Oz Indonesia Trans TV - Berbahayakah Keputihan Berwarna Coklat Ketika Hamil ? - Halo rekan sehat semua, pada kesempatan dr. oz hari ini akan membahas mengenai pertanyaan dari salah satu pemirsa dokter oz indonesia yang mengalami keputihan coklat muda dengan kondisi sedang hamil 5 minggu. Lalu seperti apakah bahaya dari "keputihan saat hamil ?" , apakah berbahaya bagi janin atau tidak ? Yuk baca informasi mengenai keputihan semasa mengandung berikut ini. Sebelumnya juga sudah dibahas informasi kesehatan mengenai Bahaya Keputihan Menahun Bisa Akibatkan Kurangi Kesuburan

Keputihan coklat ini disebabkan oleh berbagai kondisi seperti kehamilan, atau juga adanya perdarahan implantasi dan hal ini merupakan kondisi dari perubahan tubuh yg normal. Tetapi kalau keputihannya dibarengi juga dengan keluhan lainnya maka harus ada pemeriksaan dari dokter yang ahli kandungan.

keputihan coklat saat hamil

Penyebab Keputihan Coklat

Beberapa faktor yang biasanya memicu terjadinya keputihan coklat yaitu dikarenakan oleh adanya infeksi, polip, ataupun kanker serviks. Jadi pada dasarnya kita harus mengetahui terlebih dahulu faktor pencetusnya apa.

Tanya Jawab : Keputihan Berwarna Coklat Saat Mengandung


Dok saya mau tanya, saat ini saya lagi hamil baru 5 minggu, dan 2 hari kemarin aku mengalami sakit diare. sampai hari yang kedua berhenti itupun setelah aku minum entrostop. Pagi tadi aku keputihannya berwarna coklat muda. Nah saya ingin tanya dok, apakah bahaya keputihan coklat saat mengandung ? saya takut ada apa-apa dengan kandungan saya . Mohon informasinya ya dok...

Di saat terjadi kehamilan maka akan mengalami terjadinya proses pengeluaran cairan di area kewanitaan yang tentunya akan lebih banyak jika dibandingkan dari keadaan normal yang hal ini disebabkan oleh karena terjadi perubahan hormonal di saat kehamilan. Kalau tekstur dari keputihan tersebut masih berwarna bening atau juga putih susu, kemudian dia tidak berbau, tidak terasa gatal, maka itu merupakan sesuatu yang normal saja dan hal ini tidak perlu anda khawatirkan.

Kala keputihan pada ibu hamil ini mengeluarkan bau dan ada perubahan warna pada keputihannya, maka kita harus waspada, barangkali itu merupakan bukan keputihan yang normal ibu hamil. Jika hal ini terjadi maka sebaknya ibu hamil harus segera konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan terdekat di kota anda. Jika keputihan yang terjadi berlangsung terus meneru dengan tanpa adanya proses pengobatan yang tepat pada saat kehamilan maka hal ini bisa menyebabkan komplikasi penyakit pada saat kehamilan, contohnya bisa saja terjadi ketuban pecah dini, kelahiran bayi prematur, adanya infeksi cairan amnion dan juga masalah komplikasi lainnya.

Tips Cara Atasi Keputihan Coklat Saat Hamil


Nah ladies semua, dibawah ini saya paparkan yang pentingnya saja mengenai cara atasi keputihan warna coklat. Ini bertujuan supaya ibu hamil bisa mencegah infeksi yang mungkin berulang-ulang bisa terjadi.

  1. Selalu Jaga kebersihan dan juga kelembaban pada daerah kewanitaan dengan baik. Hindari juga anda menggunanakan terlalu sering cairan pembersih organ kewanitaan, karena cairan  itu dapat membunuh bakteri normal yang ada pada area kewanitaan , karena bakteri normal tersebut mempunyai fungsi sebagai pelindung.
  2. Kalau misalnya celana dalam anda ini lembab atau basah maka disegerakan untuk mengganti dengan yang bersih dan juga kering.
  3. Juga sebaiknya memakai celana dalam dengan bahan yang bisa dengan sangat mudah bisa untuk  menyerap keringat.

Rekan sehat semua, itulsh tadi sekelumit informasi mengenai Keputihan Berwarna Coklat Ketika Hamil dan sangat disarankan anda sesegera mungkin periksa ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Terimakasih dan jangan lupa untuk share artikel ini buat teman dan kerabat kita semua.