Apr 24, 2015

Pertolongan Pertama Anak Mimisan Dengan Ditundukkan Kepala Apakah Benar ?

Mimisan pada anak, jika anda melakukan pertolongan pertama pada anak yang sedang mimisan jangan terburu-buru panik. Anak yang mimisan bisa jadi merupakan akibat dari polusi seperti udara yang kurang baik atau dari asap kendaraan bermotor, terjadi iritasi pada selaput lendir hidung, karena usia anak-anak merupakan usia dengan keadaan selaput lendir yang masih tipis dan sangat mudah untuk terjadi robek.

Selain itu, anak mimisan bisa juga terjadi karena trauma. Contohnya adalah terjadi benturan pada hidung ketika anak-anak sedang bermain atau ketika anak sedang mengorek hidungnya terlalu dalam sehingga mengakibatkan robekan pada selaput lendir hidungnya. Udara yang dingin juga bisa menyebabkan terjadinya hidung mimisan pada anak anda. Menggunakan pendingin udara AC yang sangat dingin dalam satu ruangan juga dapat menjadi penyebab mimisan.

Untuk penyebab berikutnya adalah dikarenakan oleh konsumsi suatu obat tertentu. Apa saja obat yang bisa mengakibatkan anak anda mimisan ? obat yang bisa merangsang terjadinya mimisan pada anak adalah obat dari golongan steroid. Steroid memang bisa untuk melegakan hidung tersumbat pada anak, tetapi jika anak anda merasa tidak cocok maka bisa saja mengalami mimisan. Nah jika terjadi hal demikian sesegera mungkin anda konsultasi dengan dokter terdekat dikota anda untuk mengetahui penyebabnya lebih spesifik lagi.

Waspadai Demam Berdarah Jika Anak Mimisan

Pada kondisi tertentu bisa saja mimisan merupakan akibat dari terjadi infeksi. Contohnya adalah vestibulitas, yaitu proses radang di sekitar selubung akar ranbut pada daerah depan rongga hidung. Atau bisa saja merupakan sinusitis, yaitu terjadinya radang pada area rongga kanan dan kiri atas hidung. Nah yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah ketika anak sedang mimisan merupakan gejala awal dario demam berdarah, kenapa hal ini terjadi ? Ini dikarenakan infeksi pada daerah sistematik dan sebaiknya sesegera mungkin anak anda diperiksa kedokter untuk mendapatkan pengobatan lebih baik lagi.

Tips Pertolongan Pertama Anak Mimisan

Pertolongan Pertama Anak Mimisan Dengan Ditundukkan Kepala Apakah Benar ?

Mimisan Pada Anak



1. Jangan Mengangkat Kepala Anak Mimisan

Ketika menolong anak yang sedang mimsan sebisa mungkin untuk dihindari menyuruh anak untuk mengangkat kepala. Karena hal ini akan mengakibatkan darah yang mengalir akan masuk kembali kedalam hidung. Sebaiknya posisi yang paling baik adalah dengan kepala tegak.

2. Daun Sirih Untuk Mimisan

Cara tradisional untuk mengataasi mimisan yang biasa masyarakat kita lakukan adalah dengan mengobatinya dengan daun sirih. Caranya adalah cuci daun sirih satu lembar saja, kemudian pilin atau gulung daum sirih tersebut kemudian kita masukkan kedalam lubang hidung anak yang sedang mimisan sekitar 15 menit hingga 20 menit saja.

3. Es Batu Mampu Redakan Mimisan

Jika kondisi darurat anda bisa memakai es batu untuk meredakan mimisan pada anak anda. Caranya adalah es batu kita bungkus dengan menggunakan kain bersih lalu ditempelkan saja pada sekitar hidung dan kening anak mimisan. Dengan menggunakan es batu ini akan membantu untuk mengecilkan pembuluh darah dan biasanya perdarahan pada hidung mimisan akan berhenti.

Jadi kesimpulannya dengan pertanyaan "Pertolongan Pertama Anak Mimisan Dengan Ditundukkan Kepala Apakah Benar ? Jawabannya adalah benar. Silahkan dicoba tips pertolongan mimisan pada anak ini. Jika dalam waktu lebih dari sehar anak anda yang sedang mimisan tidak juga kunjung sembuh maka saran saya yang paling baik adalah segera bawa anak anda kedokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik lagi.